pulsa-logo

PlayStation 5 Hanya akan Tersedia dalam Jumlah Terbatas Saat Rilis


Nariswari

Jum'at, 17 April 2020 • 13:06

PlayStation 5 Hanya akan Tersedia dalam Jumlah Terbatas Saat Rilis


Logo PS5/SonyLogo PS5/Sony

Sebuah kabar yeng berasal dari Bloomberg yang mengutip keterangan dari sumber di Sony mengatakan bahwa Sony akan memproduksi unit PlayStation 5 dalam jumlah terbatas pada hari peluncurannya, yakni pada bulan Maret 2021. Diprediksi, target produksinya  adalah hanya 5 hingga 6 juta unit saja. Sebagai perbandingan, seri pendahulunya  yakni PlayStation 4 terjual 7,5 juta unit di dua kuartal pertama.

Lalu apa yang menyebabkan Play Station 5 diproduksi dalam jumlah yang terbatas? Kemungkinan penyebabnya salah satunya adalah mahalnya perangkat keras yang  dibutuhkan untuk memproduksi PlayStation 5.

Sony merinci perangkat keras konsol tersebut, yang akan mencakup CPU berbasis octa-core Zen 2 dan GPU RDNA 2 yang menjanjikan hingga 10,3 TFLOPS, serta SSD khusus yang sangat “powerful” yang jauh lebih cepat dari konsol yang ada saat ini. Maka jelas, komponen ini akan sangat mahal.

Pengembang game mengharapkan bahwa PlayStation 5 akan dijual dengan harga yang masih terjangkau yakni antara USD$ 500- USD$550, naik sedikit dari harga pendahulunya yakni PlayStation 4 yakni USD$ 400.

Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung saat ini tidak akan membatasi kapasitas produksi PlayStation 5. Namun, pandemic ini dapat memengaruhi ketersediaan saat PlayStation 5 diluncurkan. (*)

Sumber