pulsa-logo

[First Impression] OPPO A12, Smartphone Entry Level Bergaya Trendi


Hairuddin

Selasa, 21 April 2020 • 23:12

OPPO A12, OPPO, OPPO Indonesia, Spesifikasi OPPO A12, Harga OPPO A12, First Impression OPPO A12, Hands On OPPO A12, Ini Keunggulan OPPo A12


OPPO A12OPPO A12

Ditengah pandemi Covid-19 yang masih menjadi momok menyeramkan bagi semua orang, OPPO Indonesia mengenalkan jajaran smartphone barunya lewat event online bertajuk “Connect Clearly”. Tidak tanggung-tanggung, ada 3 perangkat yang dikenalkan secara bersamaan yakni Reno3 Pro, A92 dan ketiga yang paling bontot adalah OPPO A12.

Kali ini, PULSA berkesempatan mencoba lebih dulu salah satu dari perangkat-perangkat tersebut yakni OPPO A12. Dari label namanya, A Series, perangkat ini pun menyasar segmen entry level. Hanya saja, sedikit berbeda dari OPPO A92 yang juga sama-sama baru saja dikenalkan, OPPO A12 mentargetkan pengguna entry level yang benar-benar ‘pemula’.

Berdasarkan data teknis, OPPO A12 memiliki spesifikasi yang tidak jauh beda dengan OPPO A5s. Kamera misalnya, di bagian belakang terdapat kamera ganda dengan formasi horizontal. Konfigurasinya terdiri dari 13MP f/2.2 sensor utama + 2MP f/2.4 kamera untuk foto bokeh (depth). Di bagian belakang, OPPO A12 juga menanamkan panel sensor sidik jari (fingerprint).

Dual Camera OPPO A12Dual Camera OPPO A12

Menariknya, perangkat anyar ini hadir dengan mengusung tampilan desain yang lebih kece dibanding pesohornya. OPPO A12 hadir dengan desain yang ergonomis dan memiliki kurva yang halus dan elegan. Ukuran layar yang tepat memungkinkan penggunaan satu tangan dengan mudah. Cover belakang OPPO A12 memiliki desain yang terlihat seperti potongan berlian. OPPO menyebutnya dengan istilah 3D Diamond Blaze Design. Tiap bagian sudut memancarkan gradasi warna dan cahaya berbeda. Tekstur permukaan bodinya terasa kesat, karena tersusun oleh struktur garis halus yang memiliki tekstur serupa sidik jari di permukaan tangan.

OPPO A12 Back CoverOPPO A12 Back Cover

OPPO A12 sendiri hadir dalam dua varian warna yakni Black dan Blue. Kebetulan, perangkat yang saat ini PULSA pegang adalah yang berwarna biru.


OPPO A12 3D Diaomond BlazeOPPO A12 3D Diaomond Blaze

Bergeser ke bagian depan. OPPO A12 masih tetap menampilkan karakter display berkonsep waterdrop. Di poni tetesan air ini OPPO A12 mananamkan kamera depan berkekuatan 5MP untuk foto selfie.

Waterdrop screen OPPO A12Waterdrop screen OPPO A12

Berdasarkan spesifikasi pabrikan, perangkat ini memiliki bentangan layar 6.22 inci (sekitar 15.79cm) dengan resolusi HD+. Layar A12 punya rasio aspek 19.5:9 yang membuat tampilan layar terlihat cukup luas. Hanya saja, tepian layar masih memiliki bezel yang agak lebar, terutama bagian bawah. Meski begitu, visualisasi tampilan layar yang dimiliki OPPO A12 ini tergolong cukup apik. Tentunya, nyaman untuk menampilkan konten multimedia semisal video, atau setidaknya tetap keren menampilkan game. Poin plusnya, layar OPPO A12 ini sudah dilapisi kaca anti gores Corning Gorilla Glass 3.

OPPO A12 DisplayOPPO A12 Display

Sebagai smartphone entry level, OPPO A12 masih menggunakan port koneksi berupa micro USB yang posisinya bersebelahan dengan lubang audio jack 3.5mm. Di sisi bawah bodi ini juga terdapat corong speaker dan lubang mikrofon. OPPO A12 meletakan tombol power di sisi kanan, sementara sisi kiri ada volume juga SIM card tray. Menariknya, perangkat ini menyediakan tiga slot kartu yang terdiri dari 2 baki untuk kartu SIM, dan satu lagi untuk kartu microSD. Kedua slot SIM card di OPPO A12 juga sudah mendukung koneksi 4G LTE untuk akses internet cepat.

OPPO A12 Triple SLotOPPO A12 Triple SLot

Bagaimana dengan jeroan? Seperti yang disinggung sebelumnya, OPPO A12 ini serupa dengan OPPO A5s. Artinya, hardware yang ditanamkan ke perangkat ini pun identik. Berdasarkan informasi dari aplikasi Benchmark, OPPO A12 diotaki prosesor Octa-core yang terdiri dari 4x2.35GHz Cortex-A53 + 4x1.8GHz Cortex-A53.

Seperti yang diumumkan pada peluncuran perdananya, OPPO A12 yang hadir di Indonesia membawa opsi RAM 4GB dengan penyimpanan internal 64GB. Kombinasi jeroan ini tentu saja masih cukup tangguh menjalankan fungsi multitasking, termasuk bisa berakselerasi dengan baik saat digunakan bermain game mobile semisal Free Fire, Mobile Legends maupun AoV.

Masih seperti pendahulunya, OPPO A12 juga membawa baterai dengan kapasitas yang cukup besar, yakni 4230 mAh. Baterai ini diklaim sanggup menghadirkan waktu menonton video HD online hingga 17 jam, atau bermain game hingga 8 jam.

OPPO A12 sendiri sudah mulai ditawarkan ke publik sejak 16 April lalu. Perangkat ini akan tersedia secara online di sejumlah e-commerce kenamaan tanah air seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, JD.id, Blibli dan Akulaku. Untuk flash Sale, OPPO A12 dibanderol dengan harga Rp 2.399.000 dari harga normal Rp 2.499.000.

Paket penjualan OPPO A12Paket penjualan OPPO A12

Untuk paket penjualannya, OPPO A12 menyertakan adaptor charger, kabel micro USB, SIM ejector, buku manual, kartu garansi dan soft case. Untuk review lengkapnya, nantikan di Edisi PULSA Cetak atau di www.tabloidpulsa.co.id ya. (@hairuddin_ali)