pulsa-logo

Dibalik Kecanggihan Kamera 108 MP Samsung S20 Ultra


PULSA

Rabu, 22 April 2020 • 05:53

samsung,samsung s20,samsung s20 ultra,kamera canggih,108 MP,isocell,tetracell,nonacell


Samsung S20 UltraSamsung S20 Ultra

S20 Ultra tampil beda dari seri S20 lainnya yang dirilis Samsung tahun ini. Nama Ultra juga baru digunakan pertama kalinya. Jadi tahun ini Samsung merilis tiga model seri S diantaranya S20, S20 Plus dan S20 Ultra.

Ultra sendiri bisa diartikan sebagai “yang paling” keren, atau yang paling teratas. Tentu saja Samsung tidak sembarangan memilih nama ini. Yups, beberapa spek yang ada di seri Ultra ini memang berbeda dari seri S20 lainnya dan itulah yang menjadikan seri S20 Ultra ini lebih spesial.

Jika Anda sudah membaca review kami, ada ulasan mengenai perbedaan yang dimiliki S20 Ultra dari seri S20 lainnya, mulai dari ukuran layar sampai kekuatan kameranya. Nah, seperti yang pernah kami singgung sebelumnya, kali ini kami akan mengulas lebih banyak tentang teknologi kamera S20 Ultra.

Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki empat susunan kamera belakang yang terdiri dari ultra wide sensor 12 MP, sensor wide angle 108 MP, sensor telephoto 48 MP dan sensor DepthVision.

Sensor 108 MP dengan teknologi Nonacell

Meskipun Samsung telah merilis sensor kamera 108 MP yang digunakan oleh pabrikan smartphone lain, namun sensor yang ada pada S20 Ultra ini berbeda. Kamera 108 MP pada S20 Ultra menggunakan sensor ISOCELL Bright HM1  buatan Samsung sendiri. Berbekal teknologi yang bisa meningkatkan spektrum cahaya mulai dari Nonacell dan Smart-ISO hingga HDR real-time, sensor ISOCELL Bright HM1 memungkinkan menghasilkan foto 108Mp yang lebih terang dan lebih detail serta video 8K sejernih kristal dengan 24 frame per detik (fps), bahkan di bawah pencahayaan dengan kondisi yang ekstrim.

PErbedaaan Nonacell dan Tetracell, image: SamsungPErbedaaan Nonacell dan Tetracell, image: Samsung


Dengan mengadopsi teknologi Nonacell dan Smart-ISO, 108Mp ISOCELL Bright HM1 membantu mengambil gambar resolusi tinggi yang jernih di berbagai lingkungan pencahayaan. 2017 silam, Samsung memperkenalkan Tetracell, sebuah teknologi pixel-binning dengan susunan 2 x 2 yang menggabungkan empat piksel yang berdekatan untuk bekerja sebagai satu piksel besar.

Nah, Nonacell ini adalah versi Tetracell yang disempurnakan dengan struktur piksel 3x3.  Di dalam sensor HM1, Nonacell menggabungkan sembilan piksel berdekatan yang besarnya 0,8 μm untuk menjadi sebuah piksel berukuran 2,4 μm, dengan lebih dari dua kali lipat penyerapan cahaya milik Tetracell.

Untuk hasil akhir dalam berbagai kondisi pencahayaan, HM1 melengkapi Nonacell dengan beberapa teknologi piksel canggih lainnya. Misalnya, teknologi Smart-ISO yang menghasilkan gambar yang jelas lewat cara yang cerdas dengan memilih ISO yang optimal. ISO tinggi digunakan dalam pengaturan yang lebih gelap sementara ISO rendah lebih baik untuk lingkungan yang lebih terang untuk mengontrol saturasi cahaya.

Ukuran 108MP dilihat dari aplikasi editingUkuran 108MP dilihat dari aplikasi editing

Dalam lingkungan cahaya yang bervariasi, teknologi HDR real-time HM1 mengoptimalkan eksposur untuk menghasilkan video dan foto yang lebih alami. Dengan menetapkan panjang eksposur yang paling tepat untuk setiap piksel, HM1 mampu menangkap adegan dalam beberapa eksposur secara bersamaan, menghasilkan gambar HDR secara real-time untuk mode pratinjau dan pengambilan. Untuk hasil yang lebih tajam, HM1 mendukung stabilisasi gambar elektronik (EIS) berbasis gyro dan Super-PD, teknologi pendeteksian fase lanjut untuk fokus otomatis yang cepat dan akurat.       

Gambar penuh 108 MP jika dilihat dari layar ponsel, perhatikan tanda panah kuningGambar penuh 108 MP jika dilihat dari layar ponsel, perhatikan tanda panah kuning

ukuran asli 108 MP crop, gambar lebih besarukuran asli 108 MP crop, gambar lebih besar

HM1 memungkinkan pengguna untuk melakukan pratinjau dan menangkap bidikan penuh dan close-up subjek hingga 3x zoom tanpa penurunan kualitas. Ini dimungkinkan oleh sensor yang secara langsung mengkonversi piksel menggunakan IP perangkat keras tertanam, daripada mendelegasikan tugas ke prosesor seluler. Dengan 108 juta piksel, sensor ini juga dapat menghasilkan gambar hingga 3x zoom pada resolusi 12Mp tanpa upscaling.

Berikut contoh hasil foto yang kami tangkap, Anda bisa meihat ukuran asli 108MP yang tampak lebih detail.

Hasil foto 108 MP indoorHasil foto 108 MP indoor

Hasil foto outdoorHasil foto outdoor

(*)