pulsa-logo

Begini Cara Video Call-an Hingga 8 Orang di WhatsApp


Nariswari

Rabu, 29 April 2020 • 16:13

Begini Cara Video Call-an Hingga 8 Orang di WhatsApp


doc PULSA/screenshotdoc PULSA/screenshot

Fitur panggilan video (video call) di WhatsApp adalah salah satu fitur unggulan di aplikasi instant messaging tersebut. Dengan merebaknya pandemic Corona di seluruh negara, kini memaksa banyak orang melakukan aktivitas dari rumah, dan menggantungkan komunikasi via panggilan video. Salah satu yang populer sebelumnya adalah aplikasi Zoom, yang pasca pandemic Corona jumlah pengguna aktif Zoom melonjak fantastis. Namun ternyata bukan hanya Zoom yang  melenggang di bisnis video call group. Karena WhatsApp ternyata memiliki fitur panggilan yang dapat mencakup hingga 8 (delapan) orang, bukan hanya empat seperti  awal dirilis dulu.

Untuk mencapai batas atas baru yakni 8 orang yang dapat melakukan panggilan video, semua orang yang menelepon harus menjalankan versi aplikasi WhatsApp yang telah diperbarui. Untuk memulai panggilan video grup, Anda dapat melakukan panggilan langsung dari obrolan grup  (group chat) atau menambahkan anggota baru secara manual setelah memulai panggilan satu lawan satu.

Cara menggunakannya sangat mudah. Panggilan video delapan orang ini bisa dilakukan melalui tab "Call", lalu terdapat pilihan "New Group Call". Dengan tombol itu, pengguna bisa melakukan panggilan video grup sebanyak delapan orang. Perlu diingat, pastikan semua peserta harus sudah memperbarui ke WhatsApp versi terbaru.

Lalu bagaimana dengan keamanannya? WhatsApp mengatakan bahwa panggilan video versi terbarunya ini dienkripsi edge-to-edge, sehingga jauh lebih aman untuk digunakan.

Sebagai perbandingan, beberapa kompetitor WhatsApp memiliki batas pengguna yang jauh lebih besar. Sebagai contoh Google Duo yang memiliki batas pengguna 12 orang peserta video call. Sementara itu, FaceTime mendukung 32 jumpah pengguna video call, Houseparty mendukung delapan, Skype dan Facebook Messenger Room mendukung hingga 50 orang, dan Zoom mendukung layanan video call hingga jumlah peserta yang sangat banyak, dan Tier mendukung hingga 100 orang pengguna video call.

Fitur ini hadir melalui pembaruan terbaru untuk perangkat Android dan iOS. Pengguna iOS dapat melakukan pembaruan melalui App Store ke versi 2.20.50. Sementara untuk perangkat Android, pembaruan ini belum tersedia di Google Play Store. (*)

Sumber