pulsa-logo

Mengenal Exynos 990 yang Bikin Samsung S20 Series Ngacir


PULSA

Jum'at, 01 Mei 2020 • 15:57


(Samsung)(Samsung)

Samsung S20 Series masuk ke pasar Indonesia pada Februari lalu, yakni Galaxy S20, Galaxy S20 Plus dan Galaxy S20 Ultra. Untuk pasar Indonesia, Samsung merilis S20 series dengan chipset buatannya sendiri yakni Exynos 990. 

Exynos 990 merupakan chipset mobile terbaru Samsung dengan berbagai macam peningkatan dari generasi sebelumnya. Chipset ini menawarkan spesifikasi dan fitur-fitur terbaru pada simpul manufaktur EUV 7nm. Samsung memaparkan berbagai spesifikasi, fitur kunci dan keutamaan yang dibenamkan di Exynos 990, ini dia diantaranya;

Dukungan AI Tingkat Lanjut

Processor Exynos 990 dibekali dengan dukungan AI  generasi terbaru. Dengan Exynos 990, prosesor seluler ini dirancang dengan kemampuan pemrosesan AI yang sangat kuat, yang menjamin pengalaman seluler yang terus berkembang untuk memenuhi aspek mobilitas baru di era AI. Menampilkan unit pemrosesan saraf inti ganda (NPU), prosesor Exynos 990 menghadirkan kinerja mesin pembelajaran yang lebih cepat dan efisien. Ketika dikombinasikan dengan teknologi pemrosesan gambar canggih, AI memungkinkan kamera untuk menghasilkan fotografi pro-grade melalui optimalisasi yang cerdas.

Exynos 990 dapat dipasangkan dengan modem seluler 5G untuk memberikan kecepatan broadband seluler yang sangat cepat. Meskipun untuk varian S20 yang dijual di Indonesia belum mendukung 5G.  INi karena infrastruktur dan layanan 5G komersil belum tersedia. Sedangkan untuk pengalaman seperti komputasi, konsol game, dan televisi pada perangkat seluler, Exynos 990 menggabungkan CPU octa-core yang kuat, GPU mutakhir, tampilan yang canggih dan subsistem video yang memberikan kinerja tiada banding di smartphone generasi masa depan.

Dengan menggunakan processor Exynos 990, akan memungkinkan Anda dapat menikmati pengalaman AI (kecerdasan buatan) dalam ukuran penuh di manapun Anda berada. Unit pemrosesan NPU dan prosesor sinyal digital (DSP) yang kuat dibangun ke dalam Exynos 990 untuk menyuguhkan kecerdasan buatan (AI) di smartphone generasi mendatang.

NPU dan DSP dapat melakukan lebih dari sepuluh triliun operasi per detik (TOPS) . Hal ini memungkinkan smartphone generasi mendatang yang diotaki oleh Exynos 990  akan mampu menghadirkan pengalaman seluler yang lebih kaya dengan beragam fitur cerdas termasuk beragam fitur kamera cerdas, asisten virtual dan virtual reality (VR) yang jauh lebih ditingkatkan. Prosesor Exynos 990 yang dirancang untuk AI, tentu akan membawa kemampuan smartphone ke level berikutnya.


Dukungan Kamera Canggih

image : Samsungimage : Samsung

Chipse mobile Exynos 990 mendukung penuh fitur kamera cangiih. Dengan dibekali kecerdasan buatan, kemampuan mesin pembelajaran dari NPU yang secara otomatis mendeteksi tiap objek dalam adegan yang memungkinkan Image Signal Processor (ISP) untuk menghasilkan dan menerapkan pengaturan kamera khusus yang disesuaikan dengan subjek tersebut. Misalnya, ketika NPU mendeteksi wajah dalam bingkai bidikan kamera, maka itu memungkinkan ISP untuk secara otomatis memberikan pengaturan terbaik untuk kondisi pencahayaan yang sempurna dan warna kulit orang tersebut. Selain itu, ISP memperhitungkan fitur algoritma canggih untuk mengurangi noise, meningkatkan tekstur dan melakukan pemetaan tone lokal yang lebih baik untuk menampilkan kualitas gambar terbaik. Processor Exynos 990 mendukung hingga enam sensor inpidu dengan resolusi sangat tinggi hingga 108Mp dan mampu memproses tiga sensor secara bersamaan untuk pengalaman multi-kamera yang lebih canggih.

S20 UltraS20 Ultra

Modem yang Sangat Cepat

Dengan mengandalkan processor Exynos 990, pengalaman  streaming dan mengunduh bisa dimungkinkan dengan kecepatan sangat cepat dalam konektivitas 5G. Prosesor Exynos 990 menghadirkan broadband seluler yang sangat cepat di genggaman tangan Anda, saat dipasangkan dengan teknologi 5G generasi berikutnya, Exynos Modem 5123. Modem ini mendukung kecepatan pengunduhan yang sangat cepat hingga 7,35Gbps dalam mmWave dan 5,1Gbps di sub-6GHz.

Untuk kinerja tanpa kompromi dalam mode 4G LTE, Exynos 990  mendukung kecepatan downlink hingga 3Gbps dan kecepatan uplink hingga 422Mbps. Dukungan modem 5G juga mendukung konektivitas ganda E-UTRA-NR (EN-DC) yang menggabungkan konektivitas LTE dan 5G untuk memaksimalkan kecepatan downlink seluler. Khususnya, Exynos Modem 5123 juga dibangun pada proses EUV 7nm paling canggih dengan beragam teknologi hemat daya yang menghasilkan masa pakai baterai yang lebih baik dalam komunikasi 5G.

Benchmark S20 UltraBenchmark S20 Ultra

Kinerja Grafis

Smartphone yang dibekali dukungan processor Exynos 990, dapat  menampilkan kelola grafis yang jauh  lebih baik. Exynos 990 dikemas dengan GPU Arm Mali ™ -G77 MP11, yang menawarkan pemrosesan grafik 3D terbaik untuk pengalaman gaming yang natural, realistis dan “mendalam”. Processor Exynos 990 menghadirkan kinerja grafis yang lebih baik dan efisiensi daya hingga 20% berkat arsitektur GPU yang baru. 

Arsitektur Valhall adalah mesin superscalar baru yang dihadirkan di Exynos 990  yang menghadirkan kinerja lebih stabil dan efisiensi energi. Selain itu, dikombinasikan dengan dukungan CPU dan LPDDR5 yang kuat, Exynos 990 memungkinkan pengalaman bermain game yang mulus, bebas lag dan dan kecepatan loading yang lebih cepat sehingga Anda dapat langsung memainkan berbagai game favorit Anda dengan pengalaman yang manakjubkan.

Adapun spesifikasi lengkap dari Exynos 990 sebagai berikut:

- Dukungan arsitektur CPU : dual core (Custom CPU) + dual core rtex – A76) + quad core (Cortex –A55)

- Layar : WQUXGA (3,840x2,400 piksel) / 4K UHD (4,096x2,160 piksel)

- GPU : Mali –G77 MP11

- NPU : Dual core NPU

- Processor : 7nm EUV

- Penyimpanan : UFS 3.0, UFS 2.1

- Memori : LPDDR5

- Dukungan Kamera : Single camera 108MP, dual camera 24,8MP + 24,8MP

- Dukungan Video : 8K (30fps) atau 4K UHD (120fps) dengan 10-bit HEVC (H.265), H.264,VP9

 (*)