pulsa-logo

Apa sih Keuntungan Layar 120 Hz di Samsung S20 Ultra?


PULSA

Kamis, 07 Mei 2020 • 22:14

Apa sih Keuntungan Layar 120 Hz di Samsung S20 Ultra


Samsung S20 UltraSamsung S20 Ultra

Belakangan smartphone flagship banyak menawarkan fitur dengan layar 120Hz. Salah-satunya adalah yang ditawarkan oleh Samsung S20 Utra. Fitur ini disebut-sebut bakal mendukung kinerja game yang labih halus. Lalu apa sih sebenarnya yang dmiaksud dengan refresh rate?

Refresh rate bisa disebut juga kinerja teknis layar untuk menyajikan gambar dengan cara menampilkan potongan frame atau gambar secara terus menerus. Ketika ditangkap dengan mata manusia maka menjadi sebuah gambar bergerak atau video. Kecepatan frame tampil dikenali lewat satuan frame per detik atau fps (frame per second).

Istilah refresh rate ini bukan hanya ada pada spesifikasi layar smartphone saja. Ini adalah istilah umum yang bisa ditemukan pada monitor PC atau laptop. Kemampuan sebuah layar bisa dikenali dengan standar 60Hz, yang artinya layar bisa menyajikan gambar 60 frame per detik, atau 90Hz dan 120Hz. Semakin cepat atau tinggi frame rate, maka pergerakan gambar atau video akan semakin halus.

Selain halus, keuntungan lainnya adalah mampu meminimalisir efek blur yang terlihat mata saat objek bergerak di dalam tampilan layar. Jika Anda terbiasa menggunakan layar dengan refresh rate 60Hz dan beralih ke 120Hz, maka perbedaannya sangat terasa.

Refresh Rate untuk Pengalaman Gaming yang Lebih Baik

Layar Samsung S20 Ultra dengan 120HzLayar Samsung S20 Ultra dengan 120Hz



Pengalaman kami menjajal Samsung S20 Ultra dengan penyetelan 120Hz untuk bermain game PUBG terbukti mampu menyajikan pererakan antar frame yang lebih halus. Keuntungan lainnya,  Anda bakal merasakan layar smartphone semakin responsif.

Perbandingannya dengan  refresh rate 60Hz tidak bisa memiliki input lag di bawah standar 16,63ms. Input lag ini bisa disimpulkan sebagai jeda panel layar memproses sentuhan jari di layar dalam merespon dengan pergerakan gambar atau efek lainnya. Sedangkan layar yang memiliki refrehsh rate 120Hz, input lag bisa mencapai sekitar 8,3ms sehingga lebih responsif.

Apa efek dari refresh rate ini bagi smartphohe? Jelas dengan layar 120Hz Anda bakal merasakan responsivitas tinggi dan kualitas grafis yang lebih baik. Apalagi S20 Ultra juga mendukung 240Hz touch sensing, fitur yang hanya dimiliki oleh smartphone gaming. Sudah pasti akan memanjakan Anda yang suka bermain game-game yang menuntut kelincahan gerakan.

Perlu diingat bahwa Samsung S20 Ultra menawarkan dua mode layar 60Hz dan 120 Hz. Keuntungan dari dual mode ini adalah Anda bisa menyesuaikan sesuai kebutuhan. Misalnya pada saat tidak digunakan untuk bermian game maka cukup memilih mode 60Hz saja. Dengan begitu, pemakaian daya baterai perangkat akan lebih hemat.

Jadi, layar 120Hz ini akan membawa pengalaman gaming yang lebih baik, layar semakin responship  dan tampilan gambar lebih halus. (*)