pulsa-logo

Silaturahmi di Era Digital: Tetap Nyaman dan Lancar di Masa Pandemi


Hairuddin

Jum'at, 15 Mei 2020 • 12:15

Video Call, Silaturahmi Lebaran, Paket Internet, Indosat, IM3 Ooredoo, Telkomsel, Axis, XL, Tri,


Video Call Saat Pandemi Covid-19Video Call Saat Pandemi Covid-19

Ramadan dan Idul Fiti memang menjadi momen paling penting bagi kaum muslimin. Karena di hari berbahagia tersebut keceriaan akan tumpah ruah dengan keluarga, saudaara, kerabat dan handai taulan.

Hanya saja, momen Ramadan dan Lebaran tahun ini menjadi yang paling mengharu biru bagi sebagian besar warga ibu kota dan seluruh penduduk di Indonesia pada umumnya. Bukan karena ketidak mampuan finansial yang membuat hari yang seharusnya ceria menjadi kelam, tapi karena saat ini hampir seluruh belahan dunia tengah mengalami masamasa sulit karena adanya pandemik Coronavirus (Covid-19).

Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) pun akhirnya diterapkan oleh pemerintah pusat, dengan tentunya dibarengi dengan berbagai persyaratan yang sejatinya harus dilaksanakan oleh semua warga dengan tertib. Alih-alih ‘mudik’ lebaran ke kampung halaman untuk merayakan hari yang sangat berbahagia, mau tidak mau harus diurungkan.

Namun, untuk urusan silaturahmi, bersenda gurau hingga bernostalgia dengan para kerabat yang jauh di kampung halaman, rasanya tidak harus menjadi hal yang menyulitkan. Terlebih di era digital saat ini. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk sekadar temu kangen. Bisa dengan bertelpon, berkirim pesan singkat via aplikasi chatting, bahkan langsung bertatap muka menggunakan layanan video call yang saat ini tengah menjadi tren baru selama masa pandemi.

Silaturahmi Lancar dengan Teknologi Seluler

Meski saat ini PSBB sudah mulai dilonggarkan, namun ada baiknya kita untuk tetap waspada. Dan untuk tetap terhubung dengan para kerabat, bisa kok memanfaatkan layanan grup video call. Supaya tetap lancar, tentu saja harus memanfaatkan layanan seluler operator yang saat ini rata-rata telah memperluas dan meningkatkan kualitas jaringannya.

Selama Ramadan dan menjelang Lebaran tahun ini, hampir semua operator seluler yang ada di tanah air menawarkan paket-paket menarik. XL misalnya, untuk tahun ini menghadirkan Xtra Unlimited Turbo yang memungkinkan pelanggan mengakses aplikasi Youtube, Instagram, Facebook, WhatsApp, Line, dan Gojek tanpa batas kuota dan kecepatan. Tidak jauh beda, Telkomsel pun menawarkan beragam paket menarik selama Ramdan lewat promo terbaru “Sahur Internet Malam".


Untuk pelanggan Axis, ada juga penawaran menarik seperti Paket Sahur, Paket Bedug daan Paket Warnet. Sedangkan pengguna Tri, ada paket Kuota HOME, paket KeepOn dan paket KitaBersatu. Tidak ketinggalan, untuk para pelanggan setia IM3 Ooredoo banyak juga penawaran menarik yang disediakan selama bulan Ramadan dan menjelang Lebaran.

Salah satu paket menarik selama pandemik Covid-19 yang ditawarkan oleh IM3 Ooredoo adalah “Paket Obrol & SMS”. Paket ini bisa diakses melalui aplikasi MyIM3 atau menggunakan kode UMB. Paket Obrol & SMS menawarkan layanan untuk nelpon dan SM ke semua operator dan sesama pengguna Indosat sepuasnya mulai Rp 3.000. Untuk yang punya kerabat di luar negeri, IM3 Ooredoo juga punya paket Telepon Internasional. Paket nelpon hemat ini berlaku untuk kawasan Asia, Australia, Eropa dan AS dengan harga paket mulai Rp 10.000. Dengan paket-paket tersebut, silaturahmi yang nyaris gagal bisa tetap terlaksana meski secara digital.

Paket Internet IM3 OoredooPaket Internet IM3 Ooredoo

Bersilaturahmi Sekaligus Berdonasi

Sejak gencarnya kampanye belajar dan bekerja di rumah akibat pandemi Covid-19, Indosat Ooredoo telah melakukan sejumlah optimalisasi pada jaringan telekomunikasinya. Tingginya kebutuhan telekomunikasi pelanggan tercermin dari peningkatan trafik data sekitar 24% dan trafik telpon sekitar 11% dibandingkan hari biasa.

Indosat Ooredoo telah mengoptimalkan jaringan datanya untuk kebutuhan internet pelanggan pada masa beraktivitas dari rumah dan silaturahmi saat Ramadan serta Lebaran. Salah satu langkah kongkrit yang juga dilakukan IM3 Ooredoo adalah dengan meluncurkan kampanye “Tidak Ada yang Lebih Penting dari Silaturahmi” yang didukung dengan paket Freedom Kuota Harian.

Freedom Kuota Harian ini menawarkan kuota harian dengan harga yang lebih terjangkau, untuk memastikan agar setiap harinya konsumen bisa memiliki kuota internet yang cukup untuk bersilaturahmi bersama teman dan keluarga setiap hari. Positifnya, dengan paket ini pengguna melalui IM3 Ooredoo juga turut berdonasi dengan menyumbangkan Rp 2.000 di setiap aktivasi paket untuk  penanganan Covid-19.

Donasi Covid-19Donasi Covid-19

Jaringan Kenceng, Nyaman untuk Video Call

Dengan paket kuota, tidak hanya bisa digunakan untuk panggilan suara melalui aplikasi instant messaging seperti WhatsApp, tapi bisa juga untuk video call/conference via layanan Zoom, Google Meet atau Skype.

Berdasarkan hasil uji jaringan selama melakukan komunikasi telpon maupun video call ke operator lain dan juga ke sesama pengguna Indosat, network IM3 Ooredoo bisa bekerja dengan optimal dan stabil.

Video Call Lancar dengan IM3 OoredooVideo Call Lancar dengan IM3 Ooredoo

Data yang ditampilkan aplikasi Speedtest by Ookla dengan pengujian yang dilakukan di seputaran Depok, kecepatan rata-rata jaringan IM3 Ooredoo untuk download berada di angka 15-20Mbps dan untuk upload di kisaran 6-10Mbps. Dengan speed seperti ini saja, panggilan suara maupun video bisa lancar tanpa hambatan. Sebagai catatan, untuk kecepatan akses data ini sejatinya tetap tergantung pada berbagai variable.

Dengan demikian, bisa ditarik kesimpulan, dukungan coverage network yang luas dari IM3 Ooredoo serta beragamnya pilihan paket layanan, membuat kegiatan silaturahmi di era digital jadi terasa nyaman di masa pandemi.