pulsa-logo

Adu Fitur realme 6 VS Redmi Note 8 Pro, Duo Smartphone Populer di Kelas Menengah


PULSA

Rabu, 20 Mei 2020 • 13:34

realme 6, Redmi 8 Note 8, Adu fitur,


Adu fitur realme 6 vs Redmi Note 8 ProAdu fitur realme 6 vs Redmi Note 8 Pro

Pengguna smartphone di Indonesia bertumbuh dengan cepat sejalan dengan lajunya teknologi yang masuk ke Tanah Air. Lembaga Emarketer pada Tahun 2018 memperkirakan jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang. Hal ini dilatarbelakangi oleh semakin mudahnya smartphone dijual di pasar Indonesia dan persaingannya kini semakin ketat.

Ada banyak merek smartphone yang bisa dengan mudah Anda temukan saat ini. Salah satunya ialah realme, yang pada Maret lalu membawa realme 6 dengan beragam fitur yang sebelumnya belum pernah ada di seri angka realme, tentunya ini telah menjadi daya tariknya sendiri. Bukan hanya realme, di kelas yang sama juga ada Xiaomi melalui Redmi Note 8 Pro yang lebih dulu hadir, juga membawa fitur yang tidak kalah menarik.

Keduanya memiliki kemampuan yang mumpuni sebagai smartphone segmen kelas menengah. Untuk Anda yang sedang mencari smartphone baru di kisaran harga setara, Anda bisa mempertimbangkan kedua ponsel ini.

Untuk mempermudah Anda dalam memilih, berikut kami ulas perbandingan spesifikasi kedua smartphone kelas menengah yang keren ini.

Desain

Terinspirasi dari komet yang membelah langit malam, realme 6 hadir dengan “real design” yang berikan sensasi dinamis, terang dan cepat. Jika Anda sedang berada di bawah pencahayaan yang terang, Anda akan dapat melihat dengan jelas tampilan komet pada body realme 6. Body perangkat yang dilapisi dengan bahan plastik polikarbonat membuatnya cukup kokoh dan nyaman untuk digenggam.

Sama seperti realme 6, Redmi Note 8 Pro juga nyaman untuk digenggam. Desain Redmi Note 8 Pro membawa warna baru yang belum pernah ada di seri sebelumnya, juga terlihat stylish seperti realme 6.


Layar

Dibandingkan dengan smartphone lain di kelas menengah, realme 6 telah menampilkan layar dengan refresh rate 90Hz dengan laju pengambilan sampel 120Hz yang umumnya ada pada smartphone kelas atas. Layar berukuran 6.5 inci ini beresolusi FHD+ 2400x1080 panel IPS dengan rasio 20:9. Layar pada realme 6 yang dilapisi dengan Corning Gorilla Glass memberikan perlindungan yang sempurna akan lecet-lecet halus.

Ultra-Smooth Display 90Hz pada realme 6 mampu menghasilkan 90fps dan refresh rate 50% yang lebih tinggi dibandingkan dengan layar 60Hz konvensional sehingga dapat menghasilkan pengalaman visual yang mulus dan halus di setiap gesekan layarnya.

Pada sisi depan, Redmi Note 8 Pro ini milik panel yang sama dengan realme 6 dengan layar yang lebih besar di 6,53 inci beresolusi FHD+ 1080x2340 dan rasio 19.5:9. Layarnya juga menggunakan Corning Gorilla Glass.

Untuk kecepatan layar, realme 6 unggul dibandingkan Redmi Note 8 Pro. Redmi Note 8 Pro yang tampil dengan layar berukuran yang hampir sama dengan realme 6 namun refresh rate-nya masih di 60Hz. Tingkat kerapatan layar realme 6 pun lebih unggul dengan 405 ppi daripada Redmi Note 8 Pro yang memiliki 395 ppi sehingga konten gambar yang terlihat di realme 6 akan sedikit lebih tajam serta detil.

realme 6 yang menggunakan punch hole untuk menampung kamera depan, menjadikan bidang pandang pada layar lebih luas. Menarik, karena jika dibandingkan dengan Redmi Note 8 Pro yang masih menggunakan dewdrop notch, tampilannya jadi lebih lega.

Kamera

Kamera pada keduanya memiliki keunggulan yang sama. Baik realme 6 dan Redmi 8 Note Pro sama-sama membawa konfigurasi quad camera di bagian belakang dengan resolusi kamera utamanya 64MP. Kamera 64MP pada keduanya bisa diperoleh dengan mengaktifkannya terlebih dahulu. Jika tidak, secara otomatis kamera utama akan diatur dalam resolusi 16MP. Selain itu, realme 6 dan Redmi Note 8 Pro juga dibekali dengan tiga buah kamera pendukung, yaitu kamera 8MP ultra-wide angle, 2MP lensa makro, dan 2MP lensa depth untuk menghasilkan efek blur atau bokeh yang kekinian.

Untuk kamera depan, hasil bidikan realme 6 yang hadir dengan resolusi 16MP tetap dapat disandingkan dengan hasil yang diperoleh dari Redmi Note 8 Pro yang dibekali dengan sensor 20MP. Fitur kecerdasan buatan (AI) yang disematkan pada kamera depan juga bisa Anda temukan di kedua perangkat untuk hasil yang semakin memukau. Namun, realme akan jadi juaranya berkat tambahan fitur Ultra Nightscape selfie, selfie bokeh serta Slo-Mo selfie hingga 120fps.

Performa

Beralih ke sektor dapur pacu, realme 6 dan Redmi 8 Note Pro menggunakan prosessor yang sama dari MediaTek, yakni Helio G90T. Prosessor yang dirancang untuk memberikan pengalaman terbaik dalam bermain game sampai ke level paling tinggi ini pastinya bakal jadi idaman para penggemar gadget, khususnya di Indonesia. Performa yang dihasilkan chipset ini dapat memuaskan gamers berkat adanya GPU Mali-G76. Apalagi MediaTek Helio G90T ini juga memiliki fitur Hyperengine yang membuat bermain game semakin menyenangkan.

realme 6 hadir dengan dua pilihan memori internal, yaitu 4GB/128GB dan 8GB/128 GB yang super luas dan cepat. Redmi Note 8 Pro juga memiliki dua pilihan memori internal, yaitu 6GB/64 GB dan 6GB/128GB. Hal ini realme 6 kembali unggul, sebab kapasitas RAM terbesar pada Redmi Note 8 Pro hanya 6GB dibandingkan dengan RAM dari realme 6 yang mencapai 8GB.

Baterai

Pada sektor baterai, realme 6 diuntungkan berkat teknologi pengisian cepat yang dibawanya. Fitur 30W Flash Charge yang baru ditingkatkan, baterai 4.300mAh pada realme 6 dapat terisi penuh dalam waktu 60 menit. Bahkan hanya dalam waktu 30 menit, realme 6 dapat mengisi hampir 70% baterainya. Anda tetap dapat menggunakan smartphone saat sedang dalam pengisian. Faktanya, realme 6 dapat mengisi daya 62% dalam 60 menit saat perangkat digunakan untuk bermain game berat. Fitur pengisian cepat layaknya smartphone flagship milik realme 6 juga mendukung pengisian daya 18W PD (power delivery) yang menjadikannya lebih fleksibel.

Kapasitas baterai yang dibenamkan pada Redmi Note 8 Pro terbilang besar dengan 4.500mAh. Hadir dengan sistem flash charging namun hanya berkapasitan 18W, Redmi Note 8 Pro membutuhkan waktu sekitar 2 jam 2 menit untuk mengisi baterainya hingga 100%.

Fitur Lain

Pada fitur software, realme 6 hadir dengan realme UI yang berbasis pada Android 10. realme UI telah disempurnakan untuk pengalaman Android yang lebih baik serta dirancang dengan preferensi konsumen anak muda yang aktif dan dinamis. Berbeda dengan Redmi Note 8 Pro yang masih membawa sistem operasi Android 9. Sehingga bisa dikatakan realme 6 lebih up-to-date dari segi software saat keluar dari box mereka masing-masing.

Kesimpulan

Hadir dengan harga baru sejak 16 Mei lalu yaitu Rp 3.299.000 dari harga sebelumnya Rp 3.499.000 untuk varian 4GB+128GB dan Rp 3.799.000 dari harga sebelumnya Rp 3.899.000 untuk varian 8GB+128GB, memang realme 6 terasa sedikit mahal jika dibandingkan dengan Redmi Note 8. Namun, perbedaan harga tersebut masih masuk akal, mengingat pilihan RAM yang dibawa lebih besar, dengan fitur yang lebih up to date.

Layar 90Hz, memori internal yang lebih luas dan cepat, kemampuan mengisi baterai cepat berkat fitur 30W flash charge serta software yang sudah berbasis Android 10 menghadirkan sensasi penggunaan perangkat layaknya flagship ke dalam realme 6.

Fitur-fitur di atas merupakan fitur terbaik yang bisa Anda dapatkan dalam sebuah ponsel yang dijual di kisaran harga 3 jutaan.