pulsa-logo

Android 4.1 Jelly Bean Tak Didukung Flash Player


adminPulsa

Jum'at, 29 Juni 2012 • 21:54

Android, Android 4.1, Jelly Bean, Flash Player, smartphone, ponsel, tabloid pulsa


November tahun lalu, Adobe pernah menginformasikan akan menghentikan pengembangan Flash Player untuk Android. Dan kini kelanjutannya, Adobe mengumumkan bahwa Flash Player tidak akan disupport di Android 4.1, karena belum terus mengembangkan dan menguji Flash Player untuk versi Android terbaru. Contoh kasusnya yakni tablet terbaru Nexus 7, yang dikapalkan tanpa dukungan Flash.

Tak hanya itu, Adobe pun mengumumkan bakal menarik Flash Player dari Google Play Store mulai 15 Agustus mendatang. Artinya, Anda tak akan bisa mendownload lagi aplikasi Flash Player dari Google Play (Android Market) selepas tanggal tersebut. Bagi perangkat yang sudah menginstalnya disebutkan akan terus menerima update, tapi minor.  

Nah, karena Flash Player tidak didukung di Android 4.1 Jelly Bean, Adobe mendesak pengguna untuk meng-uninstall-nya sebelum perangkat Android-nya diupdate ke Android 4.1, karena tidak akan bekerja dengan baik. Dan, Flash Player tersebut tak akan mendapatkan update selama dibawah Android 4.1.

Melihat kenyataan tersebut, sepertinya era Flash di Android bakal berakhir. Apa yang pernah disebut-sebut sebagai nilai jual utama bagi perangkat Android, tampaknya sekarang sedang dibunuh oleh pembuatnya sendiri. Tampaknya Google pun tercatat sudah mulai ingin meninggalkan teknologi kuno tersebut, seperti yang terlihat pada tidak support-nya Flash di browser Chrome untuk Android, bahkan meski di Android 4.0.

Harapannya sekarang, para pengembang web akan mengadopsi teknologi yang lebih modern, seperti HTML5 untuk menciptakan konten web. (Agmal)