pulsa-logo

Lenovo Salip Nokia di Pasar Smartphone


Fauzi

Jum'at, 09 November 2012 • 10:30

lenovo, Nokia, Pasar, Gadget, teknologi, Smartphone, Android, Jely Bean, Tablet, iPad, Apple, iPad, windowsPhone, tabloid pulsa


Kehadiran ponsel Windows Phone besutan Nokia tampaknya belum bisa menolong sang produsen untuk mengembalikan pamornya yang cukup lama pernah merajai pasar ponsel global. Menurut laporan terbaru yang dirilis oleh biro analisis Canalys, vendor asal Finlandia itu kembali terperosok di penjualan smartphone pada Q3 2012. Bahkan, posisi Nokia kini berada di bawah Lenovo, yang notabene hampir tidak terlihat eksistensinya di pasar non-Asia.

Dalam laporan Canalys seperti dilansir The Register, Samsung berada di posisi teratas degnan raihan pangsa pasar 32% yang disusul Apple dengan pangsa pasar 15,5%.

Sony yang berhasil menjual 8,8 juta unit smartphone yang setara dengan raihan pangsa pasar 5,1% kini bertengger di posisi ketiga. Posisi keempat dan kelima, masing-masing diisi oleh HTC dengan 4,8% dan RIM dengan 4,2% pangsa pasar.

Di mana Nokia?

Posisi Nokia ternyata berada di bawah LG, ZTE, Huawei, dan Lenovo, sesuatu yang bahkan belum pernah terjadi sebelumnya.

Jika hasil analis dari Canalys ini akurat tentu ini bukan kabar baik bagi Nokia di tengah sengitnya persaingan. Pertanyaannya, mampukah ponsel Windows Phone 8, Lumia 920 dan 820 mengembalikan posisi Nokia di tengah membanjirnya perangkat Android dan iPhone 5. Kita tunggu saja. (Ozi)