Atrk
ads skin gagal

Aplikasi WeChat Picu Tren Baru dalam Berinteraksi Lewat Ponsel

  • Monday, 12 November 2012 14:25
  • Published in News

Wechat Logo

Berbekal sejumlah fitur inovatif dan unik seperti ‘Look Around’, ‘Shake to Find Friends’, ‘Hold to Talk’, dan banyak lagi, kehadiran aplikasi chatting lintas platform, WeChat, di Indonesia kian mendapat sambutan hangat.

Di Indonesia salah satu fitur yang paling menarik perhatian masyarakat adalah ‘Hold to Talk’. Mirip dengan walkie-talkie, ‘Hold to Talk’ adalah fitur pengiriman pesan suara yang unik karena memungkinkan pengguna untuk saling berkirim pesan sura hanya melalui satu tombol. Fitur ini merupakan alternatif yang paling tepat bagi layanan bertelepon konvensional karena tidak memerlukan biaya tambahan serta tidak akan mengurangi pulsa pengguna.

“Para pengguna ponsel sekarang ini lebih memilih untuk meminimalisasi pengiriman pesan teks karena dinilai kurang praktis dan kurang mampu menyampaikan maksud yang diinginkan. Mereka cenderung menyukai fitur yang memungkinkan mereka untuk lebih banyak berinteraksi. ‘Hold to Talk’ merupakan fitur terbaik untuk memenuhi kebutuhan tersebut,” demikian dikatakan Dennis Hau, Head of International Product Center, Tencent International Business Group.

“Dengan fitur ini, pengguna pun dapat terhindar dari kebosanan dan kerepotan mengetik huruf per huruf untuk saling berkomunikasi. Mereka lebih leluasa berkomunikasi tanpa harus terbebani pengurangan pulsa,” lanjutnya.

Pengembang WeChat mengklaim bahwa berdasarkan penelitian yang dilakukannya, cara baru berinteraksi yang diperkenalkan WeChat berangsur-angsur mengubah perilaku pengguna ponsel dalam berkomunikasi dengan teman, kerabat, maupun rekan kerjanya. Dengan kehadiran fitur-fitur unik WeChat, pengguna semakin meninggalkan cara bertukar pesan lewat teks yang semakin lama semakin monoton dan mulai mengeksplorasi pesan suara, berbagi-pakai file, serta location-based services.

Selain variasi dalam berkirim pesan, location-based services juga sangat  populer di antara pengguna WeChat karena memudahkan mereka dalam menemukan teman dan kenalan baru menggunakan fitur ‘Look Around’.

Sebelum peluncuran resminya, WeChat tidak digunakan sebanyak sekarang, namun kini banyak pengguna yang dapat menemukan pengguna asal Indonesia lainnya dengan amat mudah, seperti yang terlihat di gambar.

Untuk meningkatkan fungsionalitas dan pengalaman menggunakan WeChat, para pengembang aplikasi ini juga telah mempersiapkan pembaharuan khusus bagi para pemegang Nokia Windows Phone dan iOS.

“WeChat untuk Nokia Lumia 900, Lumia 800, Lumia 710 dan Lumia 610, baru saja di-update ke versi 3.2 dengan banyak fitur teranyar. Salah satu fitur yang ingin kami tekankan adalah Web WeChat yang dapat digunakan dalam PC melalui browser,” tandas Dennis Hau. (Ozi)

Rate this item
(0 votes)
  • Last modified on Thursday, 21 November 2013 12:46
  • font size