pulsa-logo

Data Center Equinix akan Membuat RIM Bangun Perwakilannya di Indonesia?


Hito Handoko

Rabu, 05 Desember 2012 • 14:30


Google / ISTGoogle / IST

Equinix gandengan mitra lokal PT. Data Center Infrastructure Indonesia (DCI) berencana membangun data center berstandar International Di Indonesia. Dalam rilisnya pada 8 Oktober 2012, Equinix sebuah perusahaan besar pembangun sistem jaringan koneksi dan infrastruktur pusat data dari AS dan DCI berencana akan membangun Pusat Data berstandar International berkatagori “tier 4”(kepatuhan standar untuk infrastruktur data center berdasarkan TIA-942).

Pembangunan pusat data baru dilakukan bertahap. proyek pertama akan selesai dibangun akhir tahun ini dengan ketersediaan gedung khusus lengkap dengan sekitar 1.250 rak server, diatas lahan 6.000 meter persegi di Jakarta dan akan mampu terhubung akses langsung melalui jaringan platform Equinix™ yang memiliki lebih dari 100 International Bussiness Exchange (IBX®) miliknya ke 38 pasar keuangan lokal serta pasar luar negri di seluruh dunia. “Pusat layanan data Equinix telah melayani klien besar seperti Google, Facebook, Sony, Yahoo, GE dan banyak lagi," menurut Mr. Clement Goh, Managing Director Equinix untuk wilayah Asia Selatan.

Pembangunan data center ini dirasa penting, sebagaimana kita ketahui tahun lalu, RIM (Research In Motion) enggan membangun perwakilannya di Indonesia, salah satu faktornya adalah karena belum adanya infrastruktur pusat data yang berskala internasional. Nah, data Center ini dibutuhkan guna mengedepankan faktor keamanan data pelanggan yang merupakan janji mereka terhadap layanan Facebook. Apakah dengan adanya data center ini akhirnya RIM akan memutuskan membangun kantor perwakilannya di Indonesia? kita tunggu saja nanti. (Hito)

"Berita-berita Intelijen bisnis bisa dilihat di iToday.co.id"