Atrk
ads skin gagal

Dr. Stephen Woo, Sosok Dibalik Kesuksesan Samsung Electronics

Samsung Chief Of System Images Stories Pulsa Images Thumb Other400 0

Mendengar kata sebuah merek asal Korea yakni Samsung, maka dengan cepat seseorang mengenalnya sebagai perusahaan elektronik dengan teknologi terkemuka dan sudah sangat kuat di kancah dunia. Nah, dibalik kesuksesan kerajaan Samsung Elektronics terdapat nama Dr. Stephen Woo, yang menjabat sebagai Presiden, Device Solution Business.

Dia adalah sosok yang brillian, berlatar belakang pengalaman panjang di industri elektronik sejak tahun 1977. Dihabiskannya waktu 20 tahun lebih sebagai peneliti senior dan posisi manajemen, dimana berkutat di perusahaan besar dalam industri semikonduktor.

Di perusahaan Bell Laboratories, Dr. Woo diakui sebagai ilmuwan ternama yang berfokus pada bidang desain integrasi skala sangat besar (Very Large Scale Integration/VLSI), bidang pemrograman gerbang array (Field Programmable Gate Array/FPGA), arsitek komputer dan proses paralel. Dia juga pernah memperkuat divisi Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) bisnis terminal chipset, sebagai Direktur Bisnis dan Manager Utama di perusahan AS, Texas Instruments. Woo juga mendirikan perusahaan penelitian atas namanya sendiri, Sansearch.

Pada akhirnya Dr. Woo bergabung dengan Samsung Electronics tahun 2003, yang kemudian 5 tahun setelahnya (tahun 2008) dipercaya menjabat sebagai Manajer Utama, bisnis sistem LSI termasuk pengembangan teknologi fitur-fitur konsumen produk dan mobile.

Berkat kejeniusannya dalam inovasi dan penelitian maka bisnis Samsung langsung meroket tajam dengan pendapatan naik tiga kali lipat sekitar 10 milyar USD (Rp96,6 Trilyun) di tahun 2011. Hal ini membawa Samsung menjadi pemimpin pasar global bidang elektronik, termasuk di berbagai aplikasi prosesor mobile untuk smartphone, teknologi metal oxide silicon yang melengkapi perangkat sensor kamera berbasis bahan silicon, sirkuit terpadu (Integrated Circuit/IC) panel layar datar dan IC untuk kartu SIM (Subscriber Identify Module).

Terkait kesuksesan Samsung, pujian pun datang dari CEO Consumer Elektronics Association (CEA) Gary Shapiro, sebagai penyelenggara CES 2013, dimana di ajang tersebut Samsung hadir memperkenalkan beberapa produk-produk andalannya. Dengan terus berinovasi dalam berbagai kategori produk konsumen, Samsung dsebutkan telah memperkuat posisinya sebagai salah satu perusahaan teknologi terkemuka di dunia. (Hito)
 

Rate this item
(0 votes)
  • Last modified on Thursday, 21 November 2013 03:02
  • font size