pulsa-logo

Proposal Disetujui, RIM Tetap Eksis di India


Fauzi

Selasa, 31 Agustus 2010 • 16:58

proposal, RIM, blackberry, BB, RIM india, tabloid pulsa


 

Menyusul kabar mengenai tenggat waktu yang diberikan pihak India kepada RIM-BlackBerry sampai 31 Agustus ini, perusahaan telekomunikasi asal Kanada ini boleh bernapas lega. Sebagaimana dikutip PULSA dari economictimes.indiatimes, pemerintah India akhirnya menerima proposal yang diberikan RIM.

Inti dari proposal tersebut yakni, pihak penegak hukum di India diberikan hak akses secara sah untuk seluruh data BlackBerry yang terenkripsi. Dan, pihak RIM diberi tenggat waktu hingga 60 hari ke depan untuk melanjutkan layanan BlackBerry di India. Namun dengan catatan  pihak India meminta RIM untuk menyiapkan server lokal di India, untuk layanan yang dienkripsi tersebut hingga bulan November mendatang. Alhasil, dengan kabar tersebut para pemilik BlackBerry di India pun bisa melanjutkan menikmati layanan BlackBerry tanpa kekhawatiran.

Uniknya, setelah permasalahan dengan RIM sudah dianggap selesai. Kini pemerintah India akan mengambil langkah serupa terhadap Google, Skype, MSN Hotmail, dan VPNs. Pasalnya, pihak India pun meminta kepada vendor tersebut untuk membuat layanan yang dapat diakses dan tersedia dalam format yang mudah dibaca, untuk pihak keamanan.

Apakah nantinya vendor-vendor tersebut bakal meluluskan permintaan pemerintah India. Lalu, sanksi apa yang bakal diterima bila menolak? Kita tunggu saja kabar selanjutnya.