pulsa-logo

Smartphones Platform Ubuntu Siap dipasarkan Bulan October


Ilham

Kamis, 07 Februari 2013 • 17:15


Sempat berhembus kabar, bahwa sistem operasi open-source Ubuntu akan tersedia untuk smartphones pada akhir tahun ini. Namun kabar terbaru yang PULSA kutip via Wall Street Journal, menyebutkan bahwa Mark Shuttleworth, pendiri dan CEO Canonical, perusahaan pembuat OS Ubuntu mengatakan bahwa smartphone OS Ubuntu akan tersedia pada bulan Oktober dan aplikasi pengembang akan mendapatkan akses ke OS tersebut akhir bulan ini.

Meski belum jelas nama dari smartphone akan menjalankan Ubuntu OS ini, namun pengembang aplikasi dapat mengembangkan aplikasinya untuk OS Ubuntu dengan menggunakan Samsung Galaxy Nexus.

OS Ubuntu merupakan salah satu platform open source favorite untuk komputasi. Dan sekarang, telah siap untuk layar yang lebih kecil. OS ini dapat menggunakan driver yang sama dengan smartphone Android, bahkan dapat dijalankan pada smartphone sekelas entry-level.

Ubuntu untuk ponsel akan menggunakan aplikasi bawaan (Native apps), yang berarti pengembang dapat membuat aplikasi tunggal untuk kedua platform, baik desktop dan PC. Hal ini akan memudahkan pengguna dalam berpindah diantara kedua perangkat.

Menurut Wall Street Journal, beberapa operator tertarik pada smartphone tersebut, tapi masih belum jelas operator mana saja yang akan bermitra dengan Canonical.