pulsa-logo

Studi: iPhone Lebih Rentan Diserang Ketimbang Android, WP, dan BlackBerry


Fauzi

Rabu, 27 Maret 2013 • 10:27

iPhone, iOS, Android, WindowsPhone, BlackBerry, Malware, Attact, platform, operating sistem, tabloid pulsa


Ketimbang smartphone Android, Windows Phone, dan BlackBerry, ternyata iPhone dinilai lebih rentan terhadap serangan.

Hal itu sebagaimana disimpulkan oleh sebuah studi yang dilakukan SourceFire, di mana dari sejumlah kerentanan yang telah ditemukan sejauh ini ternyata hinggap di smartphone Apple.

Seperti dilansir ZDNet, disebutkan bahwa SourceFire telah menemukan 210 celah kerentanan di iPhone. Sehingga perangkat iOS bertengger di posisi atas sebagai perangkat yang rentan terhadap serangan dengan pangsa pasar 81%, dibanding dengan Android, Windows phone, dan BlackBerry yang secara keseluruhan memiliki pangsa pasar 19%.

Walau terkejut dengan hasil penelitian tersebut, Yves Younan, seorang peneliti senior di SourceFire, juga mengatakan bahwa hal tersebut ‘menarik’, karena menurutnya Apple akan terus mengimplementasikan fitur keamanan tambahan di versi terbaru dari sistem operasi iOS.

Lebih jauh Younan menjelaskan, walau Android mungkin memiliki pangsa pasar tertinggi secara keseluruhan, namun iPhone masih menjadi salah satu smartphone yang paling populer di kalangan konsumen dan penjahat cyber pun termotivasi untuk mencari celah dari sistem operasi tersebut.

Selain itu, lantaran platform Android yang sudah bersifat terbuka dan rentan terhadap serangan aplikasi pihak ketiga dan aplikasi berbahaya di Google Play Store, penjahat cyber menjadi kurang termotivasi untuk mencari celah kerentanan di sistem operasi tersebut.


Sementara untuk sistem operasi Windows Phone, rendahnya celah kerentanan bisa disebabkan oleh tingkat popularitas dari sistem operasi besutan Microsoft itu yang pada kenyataannya memang masih belum populer. Sayangnya, untuk BlackBerry, Younan enggan berkomentar terkait kerentanan di sistem operasi ini. (Ozi)