pulsa-logo

Smartphone Untuk Tunanetra Dikembangkan di India


Nariswari

Senin, 22 April 2013 • 07:17

smartphone, orang buta, tunanetra, braille, smartphone pertama di dunia untuk orang but, prototipe, layar sentuh inovatif, teknologi Shape Memory Alloy (SMA), Vendor, tabloid pulsa


Siapa bilang keterbatasan fisik membatasi orang untuk bisa menggunakan perangkat pintar? Ada kabar menggembirakan bagi penyandang tunanetra, dimana kabarnya di India sedang ada proyek pengembangan smartphone pertama di dunia untuk orang buta. Disebutkan bahwa inovasi mulia ini sedang dalam proses pembuatan prototipe, dan akan segera dipasarkan di India.

Cara kerja smartphone untuk tunanetra ini adalah dengan mengkonversi secara otomatis beragam teks yang berasal dari SMS dan email menjadi pola Braille.

Smartphone untuk orang buta akan didasarkan pada layar sentuh inovatif, yang mampu menerima respon dan tekanan jemari secara sensitif saat menampilkan Braille yang dapat dibaca dari konten yang diterimanya.

Sumit Dagar, selaku pengembang dari inovasi terbaru ini, mengklaim telah memulai proyek ini sekitar 3 tahun yang lalu dan akan berkolaborasi dengan IIT Delhi pada pembuatan prototipe-nya. Sejauh ini telah menempuh tahap pengujian.

Smartphone untuk orang buta ini menggunakan teknologi Shape Memory Alloy (SMA) yang akan bergerak naik dan turun sesuai kebutuhan.

Sumit tidak menjelaskan smartphone yang dikembangkannya ini apakah memiliki fitur yang sama dengan smartphone lainnya atau tidak. Dan belum ada kabar terbaru tentang nama seri, harga dan kapan smartphone ini akan diluncurkan.

Semoga smartphone ini menjadi inspirasi bagi vendor-vendor lain untuk mengembangkan perangkat yang sama, yang tak hanya bertujuan komersial, akan tetapi memiliki tujuan mulia. (Nariswari)