pulsa-logo

Pendapatan Apple Menurun, Peluncuran iPhone 5S Bakal Ditunda


adminPulsa

Selasa, 23 April 2013 • 11:38


ilustrasi iPhone 5s ilustrasi iPhone 5s

Selama kurang lebih satu dekade ini, dari tahun 2003, profit Apple selalu melebihi ekspektasi, dimana lebih besar dari target. Namun tampaknya pada kuartal ini sedikit berbeda, dimana menurut pengamatan para analyst mengalami penurunan.

Kabar buruknya, terkait merosotnya pendapatan Apple tersebut, menurut analis dari Citybank dapat berakibat pada tertundanya peluncuran iPhone 5S. Dan, hal itu tentu saja akan meresahkan para pemegang saham Apple.

Analis berpendapat bahwa profit bersih dari perusahaan yang bermarkas di Cupertino ini menurun sebesar 18%, meski pendapatan tumbuh 8%. Ini menjadi angka pertumbuhan paling kecil sejak 2009 silam.

Harga komponen yang makin mahal dan hadirnya produk-produk murah seperti iPad mini mulai mengikis pendapatan Apple. Bahkan, angka permintaan konsumen pun terdeteksi melemah. Perkiraan hanya sejumlah 25 juta unit iPhone terjual, padahal kemungkinan kuartal sebelumnya bisa berkisar 35 juta unit. Termasuk berkurangnya permintaan pasar terhadap iPad mini.

Kondisi di Apple tampaknya berpengaruh juga terhadap Foxconn, mengingat pabrikan raksasa ini sangat bergantung pada Apple, dimana klien terbesarnya adalah Apple. Hanya saja, tampaknya di sini Apple masih tetap diproyeksikan memiliki potensi keuntungan yang leih besar ketimbang Google dan Microsoft.

Dan menurut prediksi analis Citybank,melihat kondisi seperti ini kemungkinan akan berpengaruh pada strategi Apple di kuartal depan, khususnya terkait generasi terbaru dari iPhone. Di sini iPhone 5S berpotensi akan mundur jadwal peluncurannya, satu atau dua bulan ke belakang (Agustus atau September). Atau malah konsumen tak akan mendapati produk unggulan iPhone 6 meluncur di tahun ini. (Wr)