pulsa-logo

Tablet Dan Smartphone Laris,Pengusaha Komputer Menjerit Karena Penjualan Menurun


Nariswari

Minggu, 19 Mei 2013 • 13:34

Tablet, Smartphone, Laris, Pengusaha, Komputer, Penjualan, Menurun, PC, ponsel, survey, Android, aplikasi, Apps, tabloid pulsa


Berita kurang sedap datang dari hasil survey penjualan komputer di Indonesia. Di balik hingar bingar maraknya penjualan tablet dan smartphone yang kian canggih, ternyata berimbas ke angka penjualan komputer yang menukik tajam.Bahkan dengan drastisnya penurunan penjualan notebook dalam kuartal pertama tahun ini membuat para pengusaha komputer harus pandai mengatur strategi agar tetap bisa bertahan.

Hal tersebut menjadi bahasan utama dalam acara Talkshow “Trend Teknologi & Bisnis IT 2013: Menjawab Tantangan Bisnis IT Masa Depan” yang digelar Apkomindo di Depok.Pada periode tiga bulan pertama di tahun 2013, penjualan komputer terutama notebook menunjukan penurunan drastis. Seperti dilansir  IDC, jumlah penurunan mencapai 14% dibandingkan tahun sebelumnya. Angka tersebut mencatat rekor penurunan terbesar sejak IDC melakukan riset di tahun 1994.

Menurut Gomulia Oscar (Sekjen Apkomindo), pasar notebook sudah mulai bergejolak sejak 2 tahun terakhir dan para pengusaha komputer pun sudah mengalami masa sulit dari tahun 2012. Bahkan menurut prediksi Oscar, penurunan penjualan notebook di Indonesia tahun ini sangat sulit untuk bisa mencapai angka 30-40% .

Penyebab penurunan penjualan notebook ini tidak lain karena konsumen mengalihkan budget belanjanya ke perangkat smartphone atau tablet. Fitur yang semakin lengkap, harga yang semakin kompetitif, dan gaya hidup dengan mobilitas tinggi membuat smartphone serta tablet menjadi pilihan utama konsumen dibanding notebook. Apalagi, pembelian smartphone dan tablet bisa menggunakan sistem kredit. Seperti survei yang dilakukan InfoKomputer kepada 1000 pengunjung

pameran TI di Jakarta dua bulan lalu juga menunjukan tren yang mengejutkan, dan serupa dengan pendapat Oscar. Smartphone serta tablet menduduki persentase jauh lebih tinggi sebagai produk yang ingin dibeli dalam waktu setahun ke depan oleh para pengunjung dibandingkan notebook maupun ultrabook.

Wisnu Nugroho (Managing Editor InfoKomputer) menyebutkan bahwa sebanyak 55% responsen merencanakan pembelian smartphone, sementara 39% merencanakan pembelian tablet, sedangkan sisa responden lainnya yang ingin membeli notebook dan ultrabook hanya 20 dan 12%.

Tidak heran jika Gomulia Oscar memiliki prediksi kurang menyenangkan  jika komputer dan notebook pada 3 tahun ke depan akan banyak ditinggalkan oleh masyarakat. (Nariswari)