pulsa-logo

TUMBLR Inilah Platform Situs Jaringan Sosial dan Mikroblog Yang Memikat Yahoo


Hito Handoko

Selasa, 21 Mei 2013 • 14:42


Sebuah angka yang fantastis saat Yahoo(20/05), menguras kocek perusahaan demi mengakuisisi “Tumblr” sebesar 1,1 Milyar USD (Rp.10 Trilyun) hanya untuk sebuah platform microblogging atau situs web berbagi informasi pribadi layaknya jaringan sosial media yang marak menjadi tren seperti Twitter, Facebook dan lainnya.

Walau di Indonesia platform ini kurang populer tetapi Tumblr Inc. yang bermarkas di kota New York, mengklaim per 19 Mei 2013 server mereka sudah terakumulasi sekitar 108 juta blog para pemilik konten spesifik ataupun sekedar blog pribadi dari seluruh dunia. Sejarah Tumblr, bermula sejak rilis resminya bulan Februari 2007 dibangun oleh David Karp dan Marco Arment, perkembangannya cukup tersendat-sendat hingga di tahun 2012 platform itu dipercaya oleh produsen perangkat olahraga Adidas yang membeli slot penempatan di dashboard pengguna Tumblr, sebagai ruang promo blog resmi dunia sepakbola yang dimotori Adidas.

Pada kesempatan wawancara dengan Bloomberg (07/09/2012), David Karp mengatakan platform situs mereka  menghasilkan uang dengan iklan, dan ia berpendapat bahwa dengan tingginya jumlah pengguna layanan, pengiklan tergugah melihat prospek pelanggan. Peluncuran iklan pertama mereka dimulai pada Mei 2012. Tumblr raih omzet 13 juta USD tahun kemarin dan berharap untuk menghasilkan 100 juta USD pada 2013.

Fitur-fitur platform Tumblr memang pesat berkembang jauh berbeda sejak awal diluncurkan 6 tahun lalu, dan tahun 2012 merupakan langkah awal Tumblr untuk percaya diri menerapkan iklan berbayar. Layanan yang disediakan memang sangat memanjakan para pemilik situs blog dimana mereka bisa berbagi posting dan konten yang mereka publikasikan ke seluruh dunia.

 


 

 

Tampilan tatap muka (dashboard) Tumblr sangat khas menyajikan live-feed posting terbaru blog yang diikuti pengguna, sekaligus memberikan komentar, reblog, posting teks, gambar, video, lansiran atau mengarahkan link ke blog bertujuan meningkatkan rating pengunjung ke blog masing-masing. Bahkan mudah terintegrasi dengan layanan sosial media lain yakni Twitter dan Facebook.

Uniknya pemilik blog dapat menunda publikasi konten mereka dalam settingan waktu tertentu, serta mengarahkan pencarian konten dan posting berdasarkan perintah “tag” misalnya saja mengetikkan nama tag #picture. Kustomisasi domain blog mereka pun bisa dilakukan lewat pengeditan koding HTML yang disajikan dengan berbagai kemudahan pengguna awam.

Untuk tampilan mobile Tumblr juga sudah memodifikasi agar nyaman diakses melalui perangkat smartphone dan tablet. Ketika prosesi pendaftaran awal (Sign-Up) sebagai pengguna maka sudah disodori pilihan 3 platform perangkat mobile yaitu iOS, Android dan Windows Phone.

Rasanya hal-hal fantastis itulah yang telah membuat Yahoo terpikat meminang Tumblr untuk tak ragu berinvestasi total pada platform Tumblr dalam misinya sebagai perusahaan jasa kelas dunia yang mengutamakan basis pelanggan. (Hito)