pulsa-logo

Google Blokir Iklan Dari Situs Yang Tawarkan Konten Bajakan


Nariswari

Rabu, 17 Juli 2013 • 11:38


Langkah terpuji dalam memerangi pembajakan dilakukan oleh Google yang akan memblokir semua bentuk iklan dari situs-situs yang menawarkan konten bajakan. Upaya ini adalah dalam rangka untuk memotong pendapatan dari kegiatan ilegal di AS. Seperti diketahui, Google, Yahoo, AOL dan Microsoft adalah salah satu delapan perusahaan yang berkomitmen untuk memerangi pembajakan internet.

Dilansir dari Telegraph, langkah ini akan memungkinkan pemegang hak cipta industri musik, film, televisi, buku dan usaha kreatif lainnya untuk waspada saat akan memasang iklan di Google, jika iklan mereka muncul di situs-situs ilegal. Hal ini akan memungkinkan Google untuk erradicate dan menghubungkan iklan tersebut ke kategori masalah konten bajakan tanpa harus memodifikasi hasil pencarian.

Website yang menawarkan musik ilegal dan download film merupakan pencarian yang sangat besar di lalu lintas melalui Google setiap bulan, dan cenderung untuk menarik pengiklan demografi pengguna internet berusia muda. Jika Google menarik iklan dari situs-situs tersebut, secara efektif akan menghapus sebagian besar pendapatannya.Penelitian oleh Google telah menemukan bahwa iklan yang didanai situs 86% musik filesharing, dan sebuah studi oleh University of Southern California mengungkapkan bahwa raksasa pencarian dan Yahoo adalah dua dari pengiklan terbesar di situs mesin pencari.

Langkah ini merupakan langkah positif dan  memiliki dampak yang signifikan dalam mengurangi pembajakan online dan pemalsuan. Hal ini merupakan contoh yang baik tentang bagaimana sektor publik dan swasta dapat bekerja untuk memerangi pembajakan dan pemalsuan sekaligus melindungi dan lebih mendorong inovasi secara sehat. (Nariswari)