pulsa-logo

Komisi V DPR: Manfaatkan Media Sosial Untuk Alternatif Mudik


Nariswari

Jum'at, 26 Juli 2013 • 10:13

Komisi V DPR: Manfaatkan Media Sosial Untuk Alternatif Mudik, tabloid pulsa


Setiap tahun, di penghujung Ramadhan, masyarakat muslim selalu bersilaturahmi dengan handai taulan dan kerabatnya. Tidak terkecuali dengan masyarakat Indonesia yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai agamis dan kekerabatan. Warga dari ibu kota mengunjungi kampung halaman, dan sebagian dari warga kampung halaman datang ke ibu kota. Fenomena mudik tersebut tidak pelak membawa kemacetan di mana-mana. Ruas jalan tol,tidak banyak membantu melimpah ruahnya pengguna kendaraan bermotor di jalan raya.

Dilansir dari Kantor Berita Antara, di era teknologi yang serba maju ini, sebenarnya membuka prinsip baru yakni mendekatkan keluarga atau teman yang tinggal / domisili berjauhan menjadi lebih dekat dengan komunikasi di social media. Seperti misalnya Facebook, Twitter, ataupun panggilan video lewat Skype. Kelak fenomena mudik perlahan akan menyurut jika masyarakat mulai lekat dengan teknologi.

Seperti disampaikan oleh Arwani Thomafi (Anggota Komisi V DPR) yang  mengatakan, pemanfaatan sarana informasi seperti jejaring sosial memang sangat penting. Menurutnya, masyarakat sudah harus memanfaatkan sistem informasi untuk memberikan kenyamanan dan memberikan efektivitas bersilaturahmi dengan kerabat.

Arwani mengatakan, "Kita optimalkan berbagai macam teknologi seperti penggunaan social media, seperti Facebook, Twitter dan sebagainya. Menjadi tugas pemerintah untuk mengendalikan agar mudik itu menjadi lebih baik dan nyaman." ujar Arwani.

Cukup masuk akal jika sebagian masyarakat mengalihkan tradisi mudik hanya bersilaturahmi lewat jejaring sosial saja, maka kemacetan jalan raya saat Lebaran tentu akan bisa diminimalisir. Bagaimana menurut Anda? (Nariswari)