pulsa-logo

Samsung Tetap Penguasa Pasar Ponsel, Nokia Kedua


PULSA

Jum'at, 26 Juli 2013 • 13:29

Harga Samsung Galaxy, Harga Samsung Galaxy Note, Harga Samsung Galaxy Star, Harga Samsung Galaxy Young, tabloid pulsa


SamsungSamsung

Samsung makin dominan sebagai pemimpin di pasar ponsel global pada kuartal kedua 2013, hampir 28 persen ponsel dikuasai oleh Samsung menurut data yang baru dirilis. Nokia masih berada di posisi kedua disusul LG dan iPhone.

Total pengiriman Samsung di kuartal kedua mencapai 107 juta ponsel, angka ini menunjukkan ekspansi yang cepat, tumbuh 4 persen sebesar 386 juta units per tahun, menurut rilis dari periset pasar Strategy Analitycs. Pertumbuhan yang besar ini didorong oleh permintaan ponsel Android entry level di Asia dan Amerika Latin.

"Ini adalah tingkat pertumbuhan tercepat di industri ponsel sejak kuartal kedua 2012," kata Neil Shah, analis senior di Strategy Analytics, dalam sebuah pernyataan yang mencatat kuartal kedua sebelumnya 371.500.000 unit dikapalkan, seperti dikutip PULSA dari CNET.

Sementara pangsa pasar Samsung tumbuh 25 persen di kuartal kedua, posisi kedua Nokia hampir kehilangan sepertiga dari 22,5 persen tahun lalu menjadi 15,8 persen pada tahun ini, menurut Strategy Analytics.

Selain Samsung, Apple juga mencatat kenaikan dari terpuruknya Nokia. Apple berhasil meraih 8,1 persen pangsa pasar meingkat dari 7 persen sebelumnya. Tempat ke-empat diduduki oleh LG yang juga meningkat dari 3,5 persen menjadi 4,6 persen pangsa [asar.

Strategy Analytics menyalahkan penurunan pangsa pasar Nokia karena turunnya permintaan ponsel fitur dan lebih banyak perangkat  Nokia yang menggunakan sistem operasi Symbian.

Posisi Apple tertahan di posisi ketiga, Strategy Analytics menyarankan untuk terus menyebarkan isu tentang iPhone murah untuk menaikkan pangsa pasar. (*)