pulsa-logo

Facebook For Every Phone Raih 100 Juta Pengguna Ponsel Sederhana


Nariswari

Jum'at, 26 Juli 2013 • 17:04

Facebook For Every Phone Raih 100 Juta Pengguna Ponsel Sederhana, tabloid pulsa


Facebook ingin menguasai lebih dari sekadar pasar smartphone. Jejaring sosial itu ingin berada dalam setiap telepon genggam.

Bahkan Facebook ingin hadir dalam telepon-telepon fungsi sederhana (feature phone), ponsel non-smartphone yang masih banyak tersebar  di berbagai kawasan dunia. Hari Minggu lalu, Facebook mengumumkan aplikasi “Facebook For Every Phone,” layanan yang berfungsi pada lebih dari tiga ribu jenis ponsel sederhana, menembus lebih dari 100 juta pengguna bulanan.

Menurut Ran Makavy (Managing Developer Facebook) kini jutaan orang di negara berkembang seperti India, Indonesia, dan Filipina bergantung pada Facebook untuk terkoneksi dengan orang lain, tanpa mesti membeli sebuah smartphone.

Pengumuman itu, yang muncul menjelang laporan pendapatan Facebook Rabu mendatang (31/7), sekaligus menjadi pengingat bahwa Facebook tak melupakan negara berkembang. Terlebih sekarang, di tengah-tengah upaya Facebook menjadi “mobile best company“.

Di bisnis mobile Facebook, mayoritas aktivitas kehumasan dan ahli teknik Facebook berfokus pada smartphone dengan sistem operasi buatan Apple dan Google. Tapi sejumlah besar pengguna jejaring sosial itu justru tak memiliki akses via perangkat mobile yang mahal. Di negara berkembang, pengguna lebih suka mengakses Facebook di warung internet atau melalui ponsel sederhana.

More In teknologi

Aplikasi Facebook for Every Phone merupakan proyek yang sudah berjalan dua tahun, hasil akuisisi atas Snaptu, platform mobile Israel yang didirikan Makavy. Meski ponsel-ponsel sederhana itu memiliki fungsi terbatas, aplikasi Facebook for Every Phone memungkinkan pengguna mengecek kolom news feed, mengirim pesan, serta mengunggah foto. Aplikasi ini juga dirancang untuk meminimalisasi penggunaan data supaya lebih terjangkau oleh pengguna.


Seperti kebanyakan perusahaan Internet dari Silicon Valley, Facebook tak mengandalkan pendapatan dari negara berkembang. Sebaliknya, Facebook masih menghimpun pundi-pundi uang dari negara-negara terkaya dunia, termasuk Amerika Serikat. Fakta tentang lebih dari 100 juta pengguna Facebook For Every Phone tampaknya tak bakal melahirkan pengaruh besar dalam laporan laba-rugi kuartal II.

Bagaimanapun, pasar negara berkembang sesungguhnya penting, seiring perkembangan negara-negara itu menjadi pasar yang matang. Negara berkembang pun berperan penting, jika Facebook ingin bisa menyempurnakan misi mereka untuk menghubungkan dunia. (Nariswari)

 

LATEST TIPS-APPS

Mengatur Pesan SOS di Smartphone Asus
BackUp Cloud di CloudMAX

2018-04-10 20:49:42