pulsa-logo

Arirang, Smartphone Android Pertama Buatan Korut


PULSA

Rabu, 14 Agustus 2013 • 02:04

Arirang Android buatan korut Android asli korea utara, android korea utara, tabloid pulsa


Arirang, smartphone yang diklaim buatan KorutArirang, smartphone yang diklaim buatan Korut

Korea Utara (Korut) mengklaim smartphone Android yang dikenal dengan nama lain AS1201 Arirang dibuat dengan part asli dalam negerinya, tapi banyak yang menyangsikan dengan mengatakan mungkin saja itu dibuat di Cina.

Korut dengan bangga mengenalkan smartphone buatannya yang dinamakan Arirang, nama tersebut diambil dari judul lagu rakyat di sana. Smartphone tersebut dilaporkan dibuat dengan ‘teknologi asli’ buatannya.

Arirang ini memulai debutnya lewat berita di televisi milik pemerintah KCNA TV dan menunjukkan gambar Kim Jong-un sedang mengunjungi pabrik telepon seluler.

Kim Jong Un ketika mengunjungi pabrikKim Jong Un ketika mengunjungi pabrik

 

Seperti yang diperkirakan, tidak semua percaya klaim mengenai Korut yang sedang mengembangkan ponsel. Bahkan situs propaganda Korea Utara Tech Blog berpendapat bahwa Arirang kemungkinan diproduksi di Cina sebelum kemas di Republik Demokrasi Rakyat Korea.

Beberapa kolumnis memprediksi bahwa Arirang tidak akan dilengkapi dengan layanan yang beragam, sebab Korut merupakan Negara yang membatasi penggunaan Internet. Lalu apa gunanya membuat smartphone?