Atrk
ads skin gagal

Plextor Hadirkan SSD Interface M.2

  • Friday, 24 October 2014 16:25
  • Published in Gadget

Plextor M2

Plextor, pembesut produk peripheral PC memperkenalkan jajaran Solid State Disk M.2 terbaru untuk memberikan kinerja penyimpanan tertinggi kepada generasi motherboard yang kompatibel dengan M.2.

M.2 merupakan salah satu interface terbaru untuk SSD yang sebelumnya dijuluki sebagai "Next Generation Form Factor" (NGFF) oleh Intel. Kini, pengguna dapat menemukan interface ini pada motherboard-motherboard terbaru berfiturkan chipset X99 dan Z97.

Interface M.2, didirikan pada awalnya oleh Intel, hanya diidefinisikan memiliki tingkat listrik dan hardware. Dengan kata lain, Intel hanya menentukan interface socket dan spesifikasi elektrik untuk M.2, sementara desain dari tingkat sinyal tergantung oleh para developer dan tipe produk serta kebutuhan yang ada. Hal ini berarti banya produk, seperti wireless network card, USB3.0 expansion card dan bahkan SATA6G Adapter, akan tersedia untuk mengambil keuntungan dari interface M.2.

Ini juga menjelaskan mengapa Intel merujuk ke M.2 sebagai NGFF (Next Generation Form Factor). Hal ini juga berarti bahwa interface SATA yang ada telah menghadapi bottleneck; tingkat transfer 6Gb/s (terlimitasi pada kira-kira 570MB/s) interface SATA III telah lama menjadi mimpi buruk dalam hal kinerja untuk produk-produk SSD oleh semua produsen. Kecepatan transfer data telah menjadi hambatan terbesar yang ada untuk peningkatan kinerja bagi berbagai produk SSD tetapi akan menjadi tidak adil untuk mengatakan bahwa SATA IO adalah penyebab utama masalah ini. Teknologi yang relevan hanya telah menjadi maju terlalu cepat membuat spesifikasi tak mampu untuk mengejarnya.

Penghapusan kecepatan transfer data telah menjadi salah satu faktor kunci yang menyebabkan terciptanya interface M.2. Kekuatan terbesar dari interface M.2 terletak pada dukungannya akan kecepatan transfer data yang menjadi dua kali lebih cepat seperti PCIe 2.0 (secara teori kecepatan transfer untuk PCIe 2.0x2 adalah 1GB/s, yang berarti dua kali lebih cepat dibandingkan interface SATA III yang ada kini), membuatnya menjadi kandidat utama sebagai interface terdedikasi untuk SSD berkecepatan tinggi.

Hal ini juga berarti bahwa kita akan segera melihat bermacam-macam SSD dengan interface M.2 tersedia di pasaran. Artinya, dalam rangka untuk memastikan kompatibilitas dengan produk-produk generasi terkini, M.2 telah dirancang untuk dapat kompatibel dengan sinyal SATA. Dengan kata lain, SSD dengan interface M.2 akan memiliki dua rasa: mendukung untuk interface sinyal PCIE dan mendukung interface sinyal SATA. Dengan jajaran produk PLEXTOR, M6e (saat ini tak tertandingi dalam hal kinerja) dan yang terbaru adalah M6G (juga dengan interface M.2). Sejauh kekhawatiran akan kecepatan, interface PCIE masih menjadi yang paling unggul.

Plextor M6e M.2 PCIe Gen2 x2 adalah sebuah SSD sangat kencang menggunakan komponen-komponen generasi terkini dan interface PCIe asli untuk kinerja sangat tinggi. Sempurna untuk notebook-notebook sangat tipis dan motherboard yang mendukung ukuran form factor 2280, gamer dan pengguna tangguh yang menghargai respon dan waktu loading yang sangat cepat yang diberikan oleh M6e M.2 yang tangguh.

Tidak peduli seberapa usang PC pengguna miliki, mereka tetap dapat menikmati kecepatan menakjubkan dari yang ditawarkan oleh interface M.2 selama sistem Anda memiliki interface PCIe. Perangkat tidak akan dapat menggunakan perangkat dengan interface M.2 secara langsung pada PC lawas, tetapi dengan SSD Plextor M6e PCIe, pengguna dapat menghubungkannya secara langsung ke port PCIe dan menikmati kinerja yang menakjubkan serta keuntungan teknologi terbaru yang ditawarkan.

Plextor M6G series, termasuk M6G-2280, M6G-2260, dan M6G-2242, merupakan jajaran form factor M.2 SATA III SSD dalam berbagai panjang dan kapasitas modul untuk membawa keuntungan menarik dari kinerja kecepatan SSD ke desktop atau notebook dengan slot M.2 unoccupied. Form factor M.2 membuatnya sebagai cara yang sempurna untuk menambahkan kinerja tanpa kompromi dari Plextor SATA SSD secara langsung ke motherboard pengguna. (Ozi)
 

Rate this item
(1 Vote)