pulsa-logo

Olympus PEN-F, Kamera "Klasik" yang Ciamik


Woro Ari Prianto

Kamis, 28 April 2016 • 17:07

olympus, kamera, PEN-F, indonesia, tabloid pulsa


Olympus PEN-FOlympus PEN-F

Olympus menghadirkan produk kamera digital terbaru di pasar Indonesia, yakni PEN-F. Disainnya klasik, namun membawa kecanggihan fitur terkini. Harganya mulai Rp.18,8 jutaan.

Kamera Olympus PEN-F disebutkan sangat cocok bagi fotografer yang mencari kualitas gambar superior dan kontrol kreatif. Kamera ini memiliki resolusi 20 megapixel dengan sensor Live MOS, yang dikombinasikan dengan teknologi 5-Axis Image Stabilization dari Olympus, viewfinder OLED 2,36 juta-dot, dan tombol kreatif baru di depan kamera. Fitur Creative Dial tersebut mengakses sejumlah kontrol untuk memberikan sebuah pengalaman memotret yang menawan.  

Olympus PEN-F menyandang gelar sebagai kamera half-frame pertama di dunia, dengan keindahan desain yang klasik namun modern. Teknologi image stabilization (IS) 5-axis VCM (Voice Coil Motor) memberikan gambar terbaik yang bebas blur dalam situasi apapun. Teknologinya memungkinkan pengguna menangkap gambar yang jelas dari adegan malam dan lokasi cahaya rendah lainnya dengan noise minim, tanpa menaikkan kecepatan ISO.

Menariknya, Focal length dapat diatur secara manual, sehingga lensa yang masih manual fokus-pun bisa distabilkan gambarnya. Modus High-Res Shot di PEN-F bisa menangkap gambar setara resolusi ultra tinggi 50 megapikse,l dengan detail subyek yang baik, cocok untuk foto arsitektur dan still life. Untuk pengolahan gambar, aplikasi Olympus Viewer 3 Ver.2.0 telah diperbarui untuk memproses foto resolusi tinggi dalam format RAW.



PEN-F diperkuat fitur shutter super cepat, mencapai 0,044 detik. Mekanik shutter berkecepatan tinggi 1/8000-detik memberikan kinerja yang unggul untuk menangkap gerak cepat. Dan fungsi shutter dapat disesuaikan sesuai dengan adegan.

Soal disain, Olympus PEN-F memiliki garis bodi klasik dan siluet seperti kamera klasik. Penutup bagian atas dan depan bodi kamera dibuat dari magnesium, sementara penutup bagian bawah dan tombol logam yang presisi dibuat dari aluminium. Tata letak tombol dan dial dioptimalkan untuk pengoperasian yang mudah sambil melihat melalui jendela bidik (viewfinder). Kontrol sederhana dicapai dengan Dial kompensasi eksposur baru dan empat posisi custom yang ditambahkan ke mode dial untuk akses cepat ke pengaturan.

Peluncuran Olympus PEN-F di Indonesia, Jakarta (26/04/2016)Peluncuran Olympus PEN-F di Indonesia, Jakarta (26/04/2016)

Bagian belakang monitor LCD juga dilengkapi kulit sintetis yang sama seperti yang digunakan pada body kamera untuk sentuhan akhir yang menyediakan nuansa terpadu.

Bagi yang gemar bereksperimen, fitur inovatif Monochrome and Color Profile Control yang ada pada PEN-F ini memberi kesempatan untuk merasakan sensasi merekam dari viewfinder sebagaimana shooting menggunakan kamera film. Pengguna bisa memilih jenis film, mengembangkan bidikan, dan mencetak hasil foto yang tepat seperti yang dibayangkan.

Fitur kreatif lainnya yakni mode Live Composite, yang memungkinkan pengguna mengekstrak dan menggabungkan daerah terang dari beberapa gambar yang difoto secara berurutan untuk menangkap pemandangan kota yang luar biasa.

Nah, bagi penyuka videografi, kamera ini memiliki fitur 4K Time Lapse Movie yang bisa menangkap hingga 999 gambar secara otomatis dengan jarak inernal dari satu gambar ke gambar lainnya tiap 24 jam. Kemudian mengombinasikan ke dalam video 4K resolusi tinggi. Semua bisa dilakukan di dalam kamera, tanpa membutuhkan software tambahan. Kamera ini juga dilengkapi Wi-Fi, memudahkan pengguna bisa terhubung ke smartphone.

Kamera Olympus PEN-F ini dijual dalam beberapa paket. Pertama senilai Rp.18,8 juta, yang mendapatkan body PEN-F. Lalu Rp.21,7 juta, memperoleh PEN F Body Only dan lensa 17mm f1.8. Lalu seharga Rp.22,8 juta untuk PEN F Body Only dan lensa 17mm f1.8 + 45mm f1.8.