pulsa-logo

Speaker Cerdas Makin Digemari di AS


dian iskandar

Senin, 15 Januari 2018 • 17:17

Speaker Cerdas Makin Digemari di AS


Amazon EchoAmazon Echo

Speaker cerdas saat ini tengah menjadi tren teknologi, dan pada ajang CES 2018 minggu lalu membuktikan banyak perusahaan audio merilis produk dengan asisten digital yang ada di dalamnya. Inilah sebabnya mengapa tidak mengejutkan untuk mengetahui bahwa menurut sebuah penelitian oleh NPR dan Edison Research (via Engadget), satu dari enam orang Amerika memiliki alat semacam itu.

Menurut penelitian, naiknya popularitas speaker pintar sangat mencengangkan, di mana penggunaan perangkat tersebut telah meningkat sebesar 128% dari tahun sebelumnya, yang berarti bahwa ada lebih dari dua kali jumlah orang yang membeli speaker cerdas saat ini. Laporan tersebut juga mengklaim bahwa 7% orang Amerika membeli setidaknya satu speaker cerdas antara Black Friday dan akhir 2017, dan 4% diantaranya memiliki perangkat semacam itu untuk pertama kalinya.

Perangkat speaker pintar keluaran Amazon menduduki tenpat teratas yang paling banyak dibeli dengan sekitar 11% orang Amerika yang memiliki perangkat Echo, sementara 4% memiliki Google Home, yang mungkin bisa disebabkan oleh fakta bahwa Google Home hadir lebih lambat daripada Echo. Ini akan menarik untuk melihat kiprah Apple setelah HomePod-nya dirilis.

Sedangkan untuk penggunaan, studi tersebut menemukan bahwa 66% berencana untuk menghibur orang lain melalui streaming musik, mengajukan pertanyaan, dan bermain game, sementara 64% berencana untuk menggunakan speaker mereka untuk kontrol rumah pintar. Dikatakan bahwa penelitian dilakukan dengan 1.010 peserta, jadi tidak bisa diklaim untuk seluruh negara, namun dapat digunakan sebagai indikasi kasar. (*)

Sumber Engadget via Ubergizmo