pulsa-logo

Ini Jaket Pintar Garapan Nokia untuk Tim Penyelamat


dian iskandar

Kamis, 01 Maret 2018 • 17:14

Ini Jaket Pintar Garapan Nokia untuk Tim Penyelamat


Doc. TrendhunterDoc. Trendhunter

Tahun lalu Google diketahui tengah menggarap produk fashion berupa jaket pintar melalui Project Jacquard di mana mereka bermitra dengan Levi's. Namun ternyata Google tidak sendirian. Dalam ajang MWC 2018, Nokia mengenalkan jaket pintar hasil kerjamsama dengan merek fashion asal Korsel Kolon yang dirancang untuk tim penyelamat.

Dijuluki CHASE LifeTech FR ("CHASE" berarti peralatan kesehatan dan keselamatan terhubung), ini terlihat seperti jenis seragam yang banyak dipakai oleh tim penyelamat. Waranya terang dan terlihat dilengkapi dengan reflektor yang bisa membantu mereka dilihat oleh mobil dalam situasi gelap seperti di jalan raya.

Sebutan jaker cerdas ini karena bisa memberi pemakainya akses terhadap data seperti detak jantung, suhu, GPS / lokasi, dan ada juga accelerometer yang terpasang di dalamnya. Versi yang didemonstrasikan di MWC 2018 memiliki bagian di area lengan dan dada yang memungkinkan pengguna untuk menukar modul, yang secara teori membuatnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang berbeda. Misalnya paramedis mungkin membutuhkan sensor atau modul tertentu yang mungkin tidak dimiliki pemadam kebakaran, dan seterusnya.

Sayangnya untuk saat ini nampaknya jaket tersebut lebih terlihat sekedar konsep, namun ada rencana untuk diproduksi dalam 12-18 bulan ke depan. (*)

Sumber: Trendhunter via Ubergizmo