pulsa-logo

Panasonic Toughbook 19, Tetap Tahan Banting


adminPulsa

Rabu, 26 Mei 2010 • 10:18

panasonic, toughbook, panasonic toughbook, tahan banting, toughbook 19, tabloid pulsa


Panasonic kembali mengumumkan kehadiran produk baru dalam keluarga Toughbook, komputer portabel super kuat. Ya, dari generasi awal Toughbook, disain serta kemampuan notebook ini memang diperuntukkan untuk kepentingan lapangan dan ekstrim lain semisal dalam peperangan.

Untuk model terbarunya Toughbook 19, Panasonic membenamkan CPU prosesor Intel I5-540UM 1,2 GHz, dengan fitur Turbo boost hingga 2 GHz (Intel Hyper-Threading & Intel Virtualization technology). Seperti kita tahu, prosesor intel terbaru ini memang stabil dan hemat daya hingga mampu memberikan 'nyawa' lebih untuk baterai.

Memori bawaan memakai 2GB DDR3. Untuk kapasitas harddisk, Panasonic Toughbook bakal hadir dalam dua tipe. Satu menggunakan HDD 160GB dan satu lagi SSD 128GB. Biasanya, untuk hal-hal ekstrim tipe SSD lah dipakai, mengingat harddisk jenis ini tercatat lebih solid, tahan shock, tak mudah panas dan ringan. Tapi harganya pasti jauh lebih mahal dibanding yang menggunakan HDD biasa.

Sistem operasi Toughbook ini bakal disematkan Windows7 Profesional, yang lebih kencang dan lebih aman untuk akses koneksi jarak jauh. Meski begitu disediakan pula akses downgrade ke windows XP.



Dari sisi material notebook ini memasang casing paduan magnesium plus rumah harddisk anti shock. Sertifikasi MIL-STD-810G telah disandangnya, yang menyatakan bahwa Toughbook 19 mampu tetap stabil/nyala meski dijatuhkan dari ketinggian enam kaki. Juga, Toughbook 19 memiliki sertifikasi IP65, yang menyatakan secara mutlak tahan debu dan semburan air.

Layar Toughbook 19 yang berukuran 10,4 inci menerapkan teknologi Panasonic Circulumin, yang memungkinkan penggunanya mengutak-atik kecerahan layar sesuai dengan kondisi lingkungan, mulai dari tempat gelap (2 nits) hingga dibawah terik matahari langsung (up to 1000 nits).

Konektivitas notebook super milik Panasonic ini digawangi 2 port USB, Wi-Fi b/g/n, dan Bluetooth. Ada pula nantinya Gobi dan WiMAX yang akan tersedia optional. Bobot bodinya sekitar 2,31 kg, dengan harga banderol mulai 3.399 dollar AS.