pulsa-logo

Review: Dazumba Speaker PAD DAG 08, Respon Bass Speaker Nan Dramatis


Pulsa Official

Selasa, 04 Desember 2012 • 10:49


Anda pecinta musik? Dan ingin menikmati musik dengan cara yang berbeda? Silakan melirik Dazumba Speaker PAD DAG 08. Satu hal yang membedakan Dazumba Speaker PAD DAG 08 berbeda dengan speaker lainnya adalah, Anda akan merasakan sensasi dentuman bass yang luar biasa di tiap Anda meletakkan speaker ini. Penasaran? PULSA menjajalnya spesial untuk Anda!

Desain

Dazumba Speaker PAD DAG 08 memiliki pilihan warna yakni hitam dan putih. Kali ini PULSA berkesempatan menguji Dazumba Speaker PAD DAG 08 yang berwarna putih. Speaker apik ini memiliki dimensi (W)60 mm x (L)120 mm x (H)25.8 mm dan bobot 192 gram, cukup fleksible untuk Anda genggam atau tidak memakan banyak space saat Anda meletakkannya di manapun. Pada bagian depan, terdapat 18 speaker hole yang berukuran besar berdesain ritmis.

Ukuran lubang speaker yang besar memang cukup berpengaruh pada output suara yang dihasilkan, namun terbukanya speaker hole ini akan beresiko memudahkan masuknya debu dan kotoran pada membran speaker. Di sisi kanannya, tercantum logo Dazumba dan seri speaker Audio PAD DAG 08. Hal lain yang unik dari disain Speaker Audio PAD DAG 08 adalah penambahan lapisan dengan bahan yang mereka sebut SFX Gel.

Bentuknya seperti bahan pelapis karet gel sintetis yang cukup tebal, melapisi seluruh bagian bawah speaker. Dengan lapisan tersebut, Audio PAD DAG 08 akan merekat di atas permukaan dari bahan apapun selama permukaan tersebut rata dan bersih. Tidak hanya itu, di balik lapisan karet gel sintetis tersebut Dazumba Speaker PAD DAG 08 dibekali dengan magnet.


Penggunaan magnet dan lapisan karet gel sintetis ini untuk merekatkan speaker pada permukaan material logam. Namun, Anda dihimbau untuk tidak meletakkan speaker di dekat harddisk atau benda-benda elektronik yang bisa terpengaruh dengan medan magnet.

Fitur

Dazumba Speaker PAD DAG 08 memiliki tipe baterai jenis Lithium ion yang dapat diisi ulang dengan sumber pengisian lewat mini USB sebesar 5V dengan rasio pengisian 5 jam untuk daya operasional hingga 20 jam lamanya. Untuk pengisian baterai, Anda cukup mencolok mini USB dan menghubungkannya ke komputer.

Ketika proses pengisian ulang baterai, LED USB akan menyala dan berwarna oranye. Dan ketika batere sudah terisi penuh, LED akan padam dengan sendirinya. Baterai produksi Dazumba Audio PAD DAG-08 ini boleh jadi yang paling besar yang pernah diaplikasikan pada speaker portable. Baterai tersebut membuat speaker portable ini mampu bernyanyi tanpa henti sekitar 600 menit saat diuji.

Sayangnya, tidak ada informasi jenis dan kapasitas baterai yang diusung. Dazumba juga memiliki output yang kompatibel dengan kebanyakan gadget yang beredar saat ini seperti MP3/MP4, BlackBerry, smartphone, tablet PC, notebook dan PC.

Pada paket pembelian, disertakan speaker Audio PAD DAG 08, 3.5 mm jack audio cable, USB to mini USB re-charging cable, kartu garansi, dan buku manual dalam 5 bahasa pengantar (Italia, English, France, Indonesia dan German).  Speaker ini dilengkapi dengan beberapa fitur antara lain Power LED and Charging LED, Output Power 2W RMS, dan Power Switch yang dimana Auto On/Off bergantung pada terhubungnya 3.5 mm Audio Plug-In/Un-Plug dari device.

Untuk jaminan jernihnya output suara yang dihasilkan, speaker Dazumba PAD DAG 08 dibekali dengan Signal-to-Noise Ratio > 60dB dengan frequency respons berkisar 40Hz ~ 20kHz.

Penggunaan

Uniknya dari speaker ini adalah memanfaatkan getaran dan resonansi yang dapat menghasilkan suara bass yang bervarian  jika speaker ini diletakkan di atas material solid.

Hasil reproduksi bass speaker ini pun ternyata sangat berpengaruh pada jenis permukaan tempat produk ini merekat. Misalnya, saat PULSA menjajal pada permukaan meja berbahan kayu mahoni, dentuman dan getaran bass-nya berbeda saat PULSA mencobanya di atas kaca padat dan di atas permukaan CPU komputer.

Di meja kayu mahoni, dentuman bass terkesan lebih timbul, dan getarannya lebih dahsyat. Untuk mendapatkan output suara paling maksimal seperti suasana konser, Anda bisa menempatkan Dazumba Speaker PAD DAG 08 di bidang yang berbentuk huruf L. Contohnya, di pojok meja yang merapat ke dinding/tembok untuk membantu mengarahkan pantulan-pantulan suara.

Pastikan permukaan tempat Anda meletakkan speaker ini bersih. Untuk menghindari resiko tersengat listrik, jauhkan unit speaker dari percikan air, dan jauhkan dari tempat yang tingkat kelembabannya tinggi.

Kesimpulan

Speaker portable kian menjadi tren saat masyarakat mencoba mencari sensasi unik saat menikmati musik. Dazumba Speaker PAD DAG 08 menawarkan sensasi baru dari hanya sekedar speaker. Soal kualitas suara tidak perlu diragukan lagi, dijamin mantap dan jernih dengan efek dentuman unik yang dihasilkan dari resonansi saat speaker diletakkan di permukaan datar.

Efek dentuman akan berbeda-beda, tergantung dimana Anda meletakkannya. Harga yang terjangkau, dengan fiturnya yang mumpuni menjadi daya tarik utama seri Audio PAD ini akan menarik minat pasar. Asyiknya lagi, anda bisa membeli Dazumba Speaker Pad DAG 08 di P-Store dengan banderol harga yang terjangkau pastinya. (Nariswari)

Spesifikasi

Output Power 2W RMS ; Signal-to-Noise Ratio : > 60dB

Frequency Respone : 40Hz ~ 20kHz ; Volume Control : Not Available (Control by Devices Only)

Bass Control : Not Available ; Treble Control : Not Available

Power Switch : Auto On/Off with 3.5mm Audio Plug-In/Un-Plug (from Devices)

LED Indicator Available : Power LED and Charging LED ; Power Source Rechargeable : Li-Ion Battery (Charge : 5 Hours, Operation : 20 Hours) ; Dimension (WHD) : 120.15(W) x 60.1(D) x 27(H) mm ; Weight : 192 gram; Harga: Rp.180.000;

Kelebihan

• Frequency Response Low & High cukup memuaskan

• Surround dan Sound Quality dari portable speaker ini terbilang mumpuni

• Daya tahan baterai yang cukup lama yaitu 600 menit

• Reproduksi Bass yang sangat baik, bervariasi sesuai jenis permukaan

• Pelapis karet gel sintetis dan magnet yang membuat speaker mudah merekat

• Harga terjangkau