pulsa-logo

Review: Power Bank Dazumba PD5200, Solusi Praktis saat Baterai Habis


Arief Burhanuddin

Selasa, 11 Desember 2012 • 14:40


 

Saat ini semua gadget dan ponsel berlomba menawarkan fitur-fitur terkini nan canggih. Hampir tak ada beda dengan kemampuan komputer sekarang. Namun masalah klasiknya  tetaplah sama. Semua fitur sakti ponsel dan gadget seakan tak berarti jika baterai yang digunakan sebagai sumber energi habis saat kinerja mereka dibutuhkan.

 Nah, untuk menyokong daya supaya gadget tetap menyala, ada baiknya Anda membekali diri dengan piranti daya eksternal. Jenis gadget yang satu ini biasa disebut portable charger atau powerr bank. Dazumba sebagai vendor asesoris dan gadget melihat peluang ini dengan meluncurkan produk power Bank yang diberi nama Power Bank Dazumba PD 5200. Seeprti apa kinerjanya? Yuk kita simak bareng-bareng!

Disain dan Tampilan

Dazumba Power Bank PD5200 tampil dalam balutan warna putih. Berdimensi 2.5 x 4.6 x 10.7 cm, membuatnya pas dalam genggaman. Di bagian depan hanya  tampak tombol start yang berfungsi untuk menyalakan atau mematikan Dazumba.

Di bawahnya terdapat indikator LED berwarna biru yang berjajar sebanyak 4 baris. Indikator ini berfungsi untuk memberitahukan seberapa banyak daya yang tersedia di power Bank. Semakin sedikit baris yang menyala, itu tandanya daya yang tersimpan juga makin sedikit. Saat dicharge, indikator ini juga akan menyala bergantian, menandakan bahwa proses charging sedang berjalan.

Di bagian atas terdapat port USB, sedangkan di bagian samping terdapat port micro USB


Fitur

Dazumba memiliki tipe baterai jenis Samsung 18650 dengan kapasitas 5200 mAh. Sebagai perbandingan, Samsung Galaxy SII memiliki kapasitas baterai 1650 mAh dan BlackBerry Torch 9800 sebesar 1270 mAH. Jadi secara teori, power bank ini mampu mempertahankan mampu memasok daya 2 kali lipat lebih dibanding baterai bawaan.

Dazumba juga memiliki output standar USB 6V 1,5 A yang diklaim kompatibel dengan kebanyakan gadget, tablet dan smartphone yang beredar saat ini.

PD5200 ini diklaim ramah lingkungan dan aman. Ketika PD5200 dihidupkan dan tidak ada gadget yang terhubung dengannya, maka akan otomatis mati dalam hitungan 10 detik. Papan kontrol juga dilengkapi dengan sirkuit perlindungan terhadap arus listrik berlebihan, arus pendek dan temperature tinggi.

Enam jenis konektor disertakan dalam paket pembelian. Yaitu konektor iPhone/iPAd/ iPod, Micro USB, Mini USB, Samsung 20 pin, Nokia DC 2.0, dan Sony PSP.

Penggunaan

Sebelum dapat digunakan untuk mengisi daya. Dazumba PD5200 ini harus terlebih dahulu dicharge selama kurang lebih 12 jam dengan menggunakan adapter USB 1A. Setelah pengisian pertama, waktu normal pengisian selanjutnay berkisar antara 7-9 jam dengan menggunakan adaptor ke listrik. PD5200 ini juga dapat dicharge ke komputer melalui kabel USB, namun membutuhkan waktu lebih lama antara 14 – 18 jam.

Indikasi bahwa PD5200 sudah terisi penuh adalah apabila keempat LED biru telah meenyala. Sebaliknya daya akan semakin berkurang, ditandai dengan berkurangnya jumlah LED yang menyala di panel depan.

Untuk mengisi daya ke ponsel atau gadget, Anda tinggal memilih konektor yang sesuai, kemudian menyambungkannya dengan PD 5200. Jangan lupa, nyalakan PD5200 dengan menekan tombol di depan.

Kesimpulan

Dengan daya sebesar 5200mAh, PD5200 tentu sangat membantu Anda terutama saat berada di luar ruang tanpa membawa charger. Kapasitas sebesar ini mampu membackup hingga 2 kali daya baterai smartphone rata-rata. Dengan pilihan konektor yang beragama, jenis gadget yang mampu didukung oleh Dazumba juga lebih banyak. Waktu charging yang lama sedikit menggangu fitur yang diusung oleh Dazumba. Namun hal ini dibayar dengan kapasitas daya yang besar dan harga yang relatif murah

Power Bank Dazumba dengan keluaran daya 5V. Cocok untuk menghidupkan atau mengisi ulang ponsel, iPad/iPhone, MP3 player, GPS, Bluetooth headset, maupun PSP melalui antar muka USB

Isi Paket pembelian

- 1 Unit powerbank PD 5200

- 1 Adaptor 5v/1A USB

- Kabel USB

- 6 buah konektor, masing-masing untuk

- iPhone/iPAd/ iPod

- Micro USB

- Mini USB

- Samsung 20 pin

- Nokia DC 2.0

- Sony PSP

- Buku Manual

- Pouch

Fitur:

- Bisa digunakan untk smartphone, iPAd/iPod/iPhone, GPS, portable game console, MP3/MP4 player, bluetooth headset dan   alat elektronik lainnya yang bisa diisi lewat antarmuka USB 5V

- Port keluaran standar USB 6V 1,5 A

- Desain smart dan ramah lingkungan. Ketika PD5200 dihidupkan dan tidak ada gadget yang terhubung dengannya, maka   akan otomatis mati dalam hitungan 10 detik

- Indikator lED untuk mengecek kapasitas baterai yang tersisa

- Papan kontrol dilengkapi dengan sirkuit perlindungan terhadap arus listrik berlebihan, arus pendek dan temperature tinggi.

- Simpel, tidak ada charger yang berantakan selama bepergian

- Indikator LED

follow twitter penulis @ariefburhan