Atrk
ads skin gagal

Virus Godless, AncamanTerbaruPengguna Android di Indonesia

Virus Godless Images Data 2016 Juli Thumb Other400 0
 
Sebuah varian terbaru malware yang disebut Godless kini diketahui dapat menempatkan exploit di smartphone Android. Exploit diketahui dapat membuat orang yang tidak berhak untuk mengetahui segala data yang ada di smartphone Anda. Dengan menempatkan beberapa exploit, Godless menyasarsemua smartphone dan gadget Android yang mengadopsi system operasi  Android 5.1 (lollipop) kebawah. SampaI berita ini diturunkan, hampir 90% gadget Android telah terinfeksi oleh virus malware ini.
 
Sementara itu, data dari Trend Micro Mobiel App Reputation Service menunjukkan bahwa aplikasi berbahaya yang berhubungan dengan ancaman ini dapat ditemukan di toko-toko aplikasi terkemuka, termasuk Google Play, dan telah mengancam lebih dari 850.000 perangkat di seluruh dunia.
 
Godless sendiri memuat berbagai kita untuk mengeksploitasi smartphone Android Anda.Ia menggunakan open source rooting framework yang disebut Android rooting tool. Framework tersebut menyimpan berbagai ‘senjata’ yang dapat digunakan untuk meroot berbagai perangkat Android.
 
Selain itu, karena memiliki hak istimewa root, malware kemudian bisa menerima instruksi secara dimana dapat digunakan secara diam-diam untuk mengunduh dan melakukan ionstalasi pada perangkat mobile. Hal ini kemudian dapat mengakibatkan pengguna yang terkena dampak menerima aplikasi yang tidak diinginkan, yang kemudian dapat menayangkan iklan yang tidak diinginkan.Bahkan lebih buruk lagi, ancaman ini juga dapat digunakan untuk menginstal backdoors dan memata-matai pengguna.
Tren Micro sendiri telah menemukan berbagai aplikasi di Google Play yang memuat kode berbahaya ini.Aplikasi berbahaya ini terlihat sebagai aplikasi biasa saja seperti senter virtual, aplikasi akseswi-fidan tidak Nampak sebagai aplikais yang berbahaya.Salah satucontoh adalah aplikasi “Summer Flashlight”.Namanya tampak biasa, namun aplikasi ini ternyata mengandung kode-kode malware Godless yang berbahaya.
 
Jika Anda sering mengunduh aplikasi yang sebenarnya berbayar di took-tokoaplikasi illegal, nampaknya Anda juga akan rentan terserang malware Godless ini. Beberapa aplikasi popular yang terdapat di Google Play telah diunduh dan dimodifikasi sehingga mengandung virus Godless, untuk kemudian diedarkan kembali melalui took aplikasi illegal atau link unduhan yang takresmi.
 
Pencegahan
 
Takada yang salah jika Anda melakukan rooting pada perangkat mobile Anda.Selain mendapatkan manfaat dalam hal otomatisasi dan kinerja, pada dasarnya rooting juga bisa menemukan mengoptimalkan perangkat.Tapi ketika malware yang melakukan proses root ini pada perangkat Anda, maka yang terjadi kinerja smartphone Anda akan terganggu dan data-data Anda menjadi rentan untuk disalahgunakan.
 
Virus Images Data 2016 Juli Thumb Other400 0
 
Ketika men-download aplikasi, tidak peduli apakah itu aplikasi utilitas atau permainan populer, pengguna harus selalu meninjau reputasi pengembangnya.Nama pengembang yang kurang kredibel atau tidak diketahui informasi latarbelakangnya bisa menjadi sumber aplikasi berbahaya. Dan sebagai aturan umum, cara yang terbaik adalah dengan selalu mengunduh aplikasi dari toko yang terpercaya seperti Google Play dan Amazon.
Rate this item
(0 votes)
  • Last modified on Thursday, 21 July 2016 16:43
  • font size