Home / Review / Review OPPO Reno4 F: Jagokan Kamera, Desain Tipis Premium

Review OPPO Reno4 F: Jagokan Kamera, Desain Tipis Premium

  Ahmad S.

  Wed, 14 Oct 20 - 02:10:30

OPPO Reno4 F

Setelah merilis rangkaian produk Reno4 dan Reno4 Pro, OPPO Kembali memperkenalkan produk serupa yang diberi nama OPPO Reno4 F. Produk ini berkonsentrasi meningkatkan sisi fashion yang dimiliki keluarga Reno4, terbukti dari tampilannya yang lebih elegan, dengan bodi tipis dan tambahan kamera. Menjadikan ponsel ini sebagai trendsetter untuk ponsel anak muda dengan kamera yang mumpuni.

Sesuai dengan semangat keluarga Reno4 dimana penggunanya bisa memamerkan produk ini semau mereka, produk ini membawa banyak hal yang bisa dipamerkan. Sejak kita membahas desain, hingga ke performa.

Paket penjualan OPPO Reno4 F

Paket Penjualan: Handset, Adapter Charger, Kabel USB Type-C, Headset, Soft Case, Buku Manual, Kartu Garansi, SIM Ejector
Warna: Matte Black (Hitam), Metalic White Putih

Harga: Rp 4.299.000

Desain Trendi Bodi Tipis

OPPO Reno4 F hadir dengan desain slim. Ketebalan bodinya merupakan yang paling tipis di antara seri Reno4 lainnya. Hanya sekitar 7,48 mm saja. Nyaman sekali ketika digunakan, tidak bikin pegal berlama-lama dan semua sudut ponsel bisa diraih dengan mudah tanpa terhalangi ketebalan ponsel.

Ponsel ini memiliki bobot 164 gram. Ringan kan? Ketika kami mereview Reno4 edisi lalu, kami pikir kami sudah cukup puas dengan ketebalannya. Tipis banget. Ternyata Reno4 F dibuat lebih tipis sehingga meningkatkan kenyamanan saat menggunakannya.

Penggunaan mainboard, baterai dan komponen lainnya yang begitu optimal memungkinkan ponsel ini untuk tertampil tipis seperti itu. Saat diletakkan di saku kemeja pun hampir tidak menimbulkan tonjolan yang mencurigakan. Hehe. Flat aja gitu.

Mungkin Anda akan berpikir tapi kan biasanya ponsel tipis akan memiliki ujung yang tajam dan menusuk ketika digunakan berlama-lama. Tenang, OPPO sudah memikirkan hal ini dengan menggunakan teknik desain yang memberi sudut membulat pada semua bagian tepi ponsel sehingga nyaman digenggam.

Ada dua pilihan warna yang ditawarkan, yakni Matte Black dan Metallic White. Keduanya memberikan tampilan yang elegan dan mewah. Dengan garis tegas di bagian sisi dan pendaran cahaya yang berpusat pada tempat di mana kamera diletakkan. OPPO menamakannya sebagai Shiny Matte.

OPPO menyertakan silikon case untuk ketenangan kita menggunakan ponsel ini. memberikan perlindungan tambahan, namun bagi kami kok rasanya sayang ya. Ponsel akan terlihat tidak tipis lagi, pesonanya berkurang beberapa persen. Saya sih tim tidak pakai casing tambahan, bagaimana dengan Anda?

Seperti biasa, OPPO meletakkan tombol power dan volume di sisi yang berseberangan. Sementara itu port audio 3.5 mm, port USB Type C dan speaker berada di sisi bawah.

Dual Punch Hole Display

Selain desain yang elegan, OPPO Reno4 F hadir dengan konsep layar Dual Punch Hole berukuran 6.4 inci berjenis Super AMOLED. Layar perangkat ini memiliki rasio aspek 20:9, dan resolusi Full HD+ atau setara dengan 2400 x 1080 pixel. Hanya saja, layar perangkat ini cuma mendukung refresh rate standar 60Hz, belum yang tinggi layaknya beberapa smartphone baru yang hadir dengan refresh rate layar 90 Hz hingga 120Hz.

Tapi bukan berarti jelek. Refresh rate 60Hz merupakan refresh rate standar yang dimiliki layar ponsel kebanyakan. Jadi sebenarnya tidak akan terlalu kentara. Tampilan layar Reno4 F tetap terlihat maksimal dengan menampilkan kontras dinamis hingga 5 juta berbanding 1 dan kecerahan layar maksimal hingga 800 nits.

Lubang untuk kamera punch hole pada layar Reno4 F ini berukuran 3,7 inci. Kecil sekali sehingga tampilan ponsel tidak terlalu terhalangi. Menonton akan semakin enak, demikian juga saat bermain game dan ketika layar menjadi tempat untuk tombol virtual.

Yang pasti jenis layar seperti ini mampu tertampil sempurna bahkan saat berada di bawah terik matahari sekalipun. Cocok bagi Anda yang sehari-hari bekerja di jalan, atau di luar ruangan.

Nah, mumpung menggunakan layar AMOLED, Reno4 F juga membawa sensor sidik jari di bawah layar. Alias in display fingerprint sensor. Dengan sensor ini, kita bisa meletakkan jari di layar, tepat di bagian gambar sidik jari yang muncul dan dalam waktu hingga 0,3 detik mampu mengenali sidik jari kita dan membuka layar yang terkunci.

Seperti halnya ponsel-ponsel OPPO lain, layar OPPO Reno4 F juga telah dilindungi dengan kaca pelindung Gorilla Glass. Jadi relatif aman dari penggunaan sehari-hari. Dengan alasan sama, saya lebih memilih untuk mencopot screen protector ponsel ini. Disamping itu, karena kecenderungan saya menggunakan ponsel menggunakan gesture swap tanpa tombol virtual, maka upaya mengusap jemari dari bagian sisi layar akan berjalan lebih lancar.

ColorOS 7.2

Reno4 F kembali membawa ColorOS 7.2. Layaknya Reno4 dan Reno4 Pro. Berbeda dengan ColorOS versi sebelumnya, di antarmuka berbasis Android 10 ini OPPO banyak menghadirkan lebih banyak fitur, bahkan yang benar-benar pertama kali muncul dalam sebuah OS Mobile.

Tercatat ada sekitar 8 fitur baru yang dihadirkan ColorOS 7.2 ini, diantaranya: AI APP Preloading, memungkinkan aplikasi yang rutin digunakan akan bisa terbuka lebih cepat, dan pastinya lebih hemat waktu. Menariknya, AI APP Preloading juga tidak menggunakan konsumsi baterai, jadi benar-benar efisien.

Anti-Fragmentation Engine, fitur yang khusus dikembangkan OPPO ini digunakan untuk mengoptimalkan fragmentasi memori baik fisik maupun virtual, dengan tujuan utama untuk membuat akselerasi sistem operasi bisa berjalan dengan mulus.

Ada juga Super Power Saving Mode, fitur ini memanfaatkan pendekatan seluruh sistem (seperti penyesuaian frekuensi CPU dan penyesuaian cahaya latar) dan menyesuaikan penghematan daya untuk masing-masing aplikasi. Ketika baterai ponsel turun menjadi 10% dan 5%, sebuah pesan pop-up akan muncul yang meminta pengguna untuk mengaktifkan mode Super Hemat Daya. Dengan fitur ini, pengguna OPPO Reno4 dapat berkirim pesan WhatsApp selama 1,5 jam dan menelepon lebih dari 1 jam dengan baterai hanya 5%.

Super Night Time Standby, dirancang untuk mempelajari kebiasaan tidur pengguna, fitur ini mengoptimalkan masa pakai baterai hanya 2% sepanjang malam, selama sekitar 8 jam.  Icon Pull Down Gesture , solusi terbaik di industri untuk membuka aplikasi yang sulit dijangkau di layar Beranda (Home) saat menggunakan ponsel dengan satu tangan.

Quick Return Bubble, yang merupakan gelembung ikon mengambang yang menampilkan informasi dari game yang berjalan pada latar belakang. Saat ini, game yang didukung seperti Mobile Legends, PUBG Mobile, PUBG Lite dan AoV. Gravity Wallpaper, menampilkan wallpaper di layar beranda dapat berubah secara dinamis tergantung pada cara pengguna memegang perangkat.

Terakhir yang baru di ColorOS 7.2 adalah OPPO LAB, platform yang mana para engineer perangkat lunak OPPO dan pengguna dapat bekerja sama untuk menciptakan fitur-fitur inovatif bersama. Pengguna dapat mencoba fitur-fitur ini sebelum dirilis secara resmi. Pengguna juga dapat memberikan umpan balik pada fitur tertentu atau membagikannya ke dengan pengguna lain.

Untuk yang hobi nonton, ColorOS 7.2 juga memiliki fitur HDCP alias High-bandwidht Digital Content Protection. Fitur yang memungkinkan Reno4 F untuk menampilkan video HD yang diproteksi copyright di layar yang lebih besar. Aplikasi-aplikasi seperti Netflix dan Amazon Prime Video telah mendukung fitur ini.

AI Quad Camera dan Fitur-Fitur Warna

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Reno4 F menjagokan sektor kamera sebagai unggulan utama. Setidaknya sejumlah fitur fotografi AI yang muncul di keluarga Reno4, kembali hadir di ponsel ini.

Tapi sebelum membahas fitur-fitur dan kualitas kameranya, kita cek dulu konfigurasi kamera Reno4 F ini. Berbeda dengan Reno4 yang tersusun memanjang ke bawah, kamera Reno4 F menempati satu bagian 4 persegi panjang sama sisi. Terdiri dari 48MP High-Definition Main Camera, 1/2" Sensor, F1.8. Berikutnya, 8MP Ultra Wide-Angle Camera, 1/4" Sensor, F2.2, 2MP Mono Camera, 1/5" Sensor, F2.4 dan 2MP Mono Camera, 1/5" Sensor, F2.4. Di bagian depan, ada kamera 16MP dan 2P depth camera yang menawarkan Ultra Night Selfie Mode untuk mengoptimalkan foto selfie malam hari.

Berkat kehadiran Artificial Intelligence (AI), sejumlah fitur menarik semisal AI Color Portrait Mode yang mendukung fungsi foto dan video akan membuat kita banyak menggunakannnya di awal-awal pembelian ponsel ini. Fitur ini akan membuat latar belakang (background) menjadi hitam dan putih, sementara objek manusia tetap menampilkan warna sebenarnya. Pada prakteknya, fitur ini baru bisa bekerja dengan optimal jika sensor kamera mendeteksi wajah objek dengan baik.

Fitur baru kedua di kamera Reno4 F adalah Night Flare Portrait dan AI Super Night Portrait. Fitur ini akan menghasilkan efek neon nan artistik pada bagian background (latar belakang) objek foto orang. Cocok nih untuk yang hobi hunting foto malam.

Selain itu masih banyak lagi fitur-fitur yang menarik, semisal AI Super Clear Portrait yang akan meningkatkan detil pada saat mengambil foto portret, AI Beautification 2.0, Dual lens bokeh, Selfie gestures dan air gestures.

Meskipun fungsinya tidak melulu untuk meningkatkan fotografi, semisal air gestures itu, namun kunci dari fitur itu ada pada kamera selfie ponsel ini.

Lanjut, bagi yang hobi membuat video, kamera Reno4 F juga mendukung perekaman Ultra Steady. Fitur ini bisa membuat perekaman video Anda terlihat stabil seolah-olah menggunakan gimbal. Untuk menemukan fitur Ultra Steady, di viewfinder kamera pada mode video tinggal tap ikon kamera di bagian atas. Bedanya, untuk Reno4 F ini tidak ada fitur Ultra Steady Pro.

Nah yang tidak kalah kerennya, Reno4 F juga telah dibekali aplikasi editing video instan Soloop versi paling baru. Bedanya dengan yang terdahulu, di Soloop anyar ini sudah didukung beragam opsi tambahan yang lebih menarik. Bahkan, pengguna juga bisa melakukan editing video secara manual.

Hasil foto kamera belakang - indoor pro expert

Hasil foto kamera belakang - outdoor ultrawide

Hasil foto kamera belakang - outdoor bokeh

Hasil foto kamera belakang - outdoor AI color

Soc Mediatek Helio P95

Hal menarik lainnya yang hadir di Reno4 F adalah OPPO membawa kembali chipset Helio P95, yang sebelumnya telah sukses mengawal Reno3 Pro beberapa waktu lalu. SoC ini dibangun dengan proses fabrikasi 12nm dengan Hyper engine dan juga fitur anti-lagging algorithm.

Konfigurasi CPU yang dibawa oleh SoC ini terdiri dari 8 inti. Dengan pembagian 2 inti Cortex-A75 berkecepatan 2.2 GHz untuk fungsi performa dan 6 inti sisanya berupa Cortex-A55 berkecepatan 2.0 GHz untuk fungsi-fungsi efisiensi.

Untuk mendukung performanya, Reno4 F dibekali RAM 8GB dengan internal 128GB yang juga bisa diekspansi dengan kartu microSD hingga 256GB.

Berdasarkan pengujian awal bermain game, kinerja jeroan Reno4 ini mampu berakselerasi dengan baik dan lancar. Hal ini juga tentu saja tidak lepas dari dukungan Game Space yang dapat mendongkrak kinerja game secara keseluruhan.

Untuk bermain game Genshin Impact, sistem mengatur secara otomatis grafis ke dalam medium to low, dengan pengalaman bermain game yang smooth. Tapi mungkin beberapa dari Anda akan memilih untuk tidak memainkannya di ponsel ini. Meski berjalan lancar, tapi kecepatan rendernya terlalu rendah. Anda bisa mengaturnya untuk merender lebih cepat, namun dengan pengalaman bermain game yang kurang smooth.

Seperti biasa, untuk menggambarkan kemampuannya secara ilmiah, kami gunakan sejumlah aplikasi benchmarking dan Anda bisa melihatnya dikolom benchmark. Yang telah kami sediakan. Secara umum, terlebih untuk bermain game yang demanding, ponsel ini masih bisa menjalankannya dengan baik, meski berada di setingan yang tidak maksimal.

Baterai 4000 mAh dengan 18W Fast Charging

Berdasarkan data teknis, OPPO Reno4 F dibekali baterai berkapasitas cukup besar yakni 4000 mAh. Sayangnya, berbeda dengan keluarga Reno4 lainnya, Reno4 F tidak dibekali dengan pengisian daya cepat VOOC. Tapi jangan khawatir, meski bukan VOOC, ponsel ini tetap membawa pengisian daya cepat dengan daya 18W. Anda bisa mengisi daya ponsel saat tidur, dan bisa mendapati ponsel penuh 100% ketika bangun di pagi hari.

Berdasarkan hasil uji penggunaan, baterai Reno4 F juga terbilang cukup awet. Saat digunakan dengan normal, sanggup bertahan hingga satu hari penuh. Menariknya, Reno4 F juga dibekali dengan fitur penghemat baterai yang cukup tangguh, Super Power Saving Mode. Fitur ini memungkinkan baterai tetap bisa beroperasi dengan maksimal meski kapasitas daya minim. Teknisnya, dengan daya sekitar 30%, ponsel bisa digunakan untuk chit chat di WhatsApp hingga 14 jam 5 menit.

Kesimpulan

OPPO Reno4 F menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang tertarik mencicipi teknologi-teknologi baru yang dibawa oleh OPPO Reno4. Harganya yang relatif lebih murah, membuat produk ini lebih dapat dijangkau oleh lebih banyak orang. Teknologi kamera yang dibawa diharap mampu menyulap halaman sosial media Anda menjadi lebih penuh gaya, dan meningkatkan kreativitas penggunanya.

Ketidakhadiran beberapa fitur yang mungkin dulu hadir di Reno4, atau juga yang biasa ditemukan pada ponsel dengan harga segini, semisal VOOC dan NFC mungkin akan menjadi hal yang sangat disayangkan. Namun positifnya, kita bisa mendapatkan produk yang tipis nan elegan yang membawa semua teknologi fotografi keluarga Reno4 dengan harga yang lebih terjangkau.

About Us | Pedoman Media Siber
Copyright © 2003-2020 TabloidPULSA.co.id, All Rights Reserved.PT. PULSA INDOMEDIA PRATAMA