Home / tipsapps / realme 7 vs Vivo V20 SE, Mana yang Menarik untuk Dimiliki?

realme 7 vs Vivo V20 SE, Mana yang Menarik untuk Dimiliki?

  Hairuddin

  Thu, 01 Oct 20 - 12:10:09

realme 7 vs Vivo V20 SE

Pada 17 September 2020 lalu, realme Indonesia resmi menghadirkan smartphone kelas menengah terbarunya, realme 7. Smartphone ini menjadi perangkat pertama di dunia yang menggunakan chipset MediaTek Helio G95 dengan kekuatan utama di sisi multimedia terutama gaming.

Tidak hanya itu, realme 7 juga dibekali teknologi layar terbaru serta menjadi salah satu produk realme di Indonesia yang dilengkapi media koneksi paling diharapkan konsumen yakni NFC.

Kehadiran realme 7 ini membuat beberapa vendor lain seperti ‘kebakaran jenggot’, salah satunya Vivo yang tidak berselang lama juga menggebrak pasar smartphone tanah air dengan gacoan barunya, yakni Vivo V20 SE.

Dengan rentang harga yang tidak terpaut jauh, pastinya banyak yang penasaran apa saja sih persamaan dan perbedan dari kedua smartphone ini. Lalu, mana yang paling layak untuk dimiliki?

Desain
Identik, itulah kesan pertama yang terlihat dari tampilan fisik kedua smartphone ini. Baik realme 7 maupun Vivo V20 SE, sama-sama tampil elegan dengan model desain yang khas.

realme 7 memiliki cover bodi yang terinpirasi kaca yang membuatnya terlihat anggun, nyaman digenggam dan tidak licin. Sementara Vivo V20 SE tampil tipis dengan ketebalan bodi hanya sekitar 7,83mm. Untuk konsumen yang mengharapkan smartphone dengan bodi slim, Vivo V20 SE memang cukup menjanjikan. 

Di sisi belakang, kedua perangkat menghadirkan susunan panel kamera yang ‘mirip’. Bentuknya vertikal memanjang. Hanya saja, realme 7 punya konfigurasi empat kamera sementara Vivo V20 SE hanya tiga kamera. Penempatan LED flash pun berbeda, realme 7 posisinya di bawah, sedangkan Vivo V20 SE di sebelah atas.

Satu lagi yang cukup menarik dari sisi desain, realme menempatkan sensor sidik jari (fingerprint) di sisi bodi sebelah kanan yang juga berfungsi ganda sebagai tombol power. Menurut beberapa kalangan, konsep ini kabarnya jauh lebih nyaman diakses jari ketimbang model sensor sidik jari di dalam layar yang diusung Vivo V20 SE.

Display
Di bagian depan ini kedua perangkat juga menghadirkan sentuhan yang cukup istimewa. Layar keduanya tergolong besar. Hanya saja, milik realme 7 sedikit lebih luas dengan dimensi 6,5 inci sedangkan Vivo V20 SE sekitar 6,44 inci. Selain itu, Ultra Smooth Display realme 7 juga memiliki perbandingan ke bodi yang lebih baik ketimbang Vivo V20 SE, yakni 90,5% banding 90,12%.

Soal resolusi, baik realme maupun Vivo sepertinya cukup mengerti keinginan para pecintanya. Di kedua perangkat ini, layar yang tertanam membawa resolusi Full HD+ (1080x2400 pixel), dengan rasio aspek 20:9. Ultra Smooth Display realme 7 sendiri punya kecerahan layar yang mencapai 480nits.

Nah…yang jadi pembeda di sektor layar adalah realme 7 sudah menanamkan refresh rate 90Hz dan touch sampling 120Hz di layar IPS-nya. Sedangkan Vivo V20 SE, meski membawa layar AMOLED namun refresh rate layar yang digunakan masih standar 60Hz. Untuk jenis layar yang digunakan, Vivo pastinya akan mendapatkan poin lebih baik dari para netizen tanah air.

Dengan refresh rate tinggi di layar realme 7, aksi scrooling jadi terasa jauh lebih mulus dibanding milik Vivo V20 SE. Tampilan gambar di layar pun jadi terlihat lebih nyata dan natural dengan kehadiran refresh rate yang tinggi ini. Untuk yang hobi main game atau nonton video, pastinya akan sangat nyaman lagi dengan teknologi layar yang dibawa realme 7.

Tidak hanya nyaman dari sisi tampilan, kedua perangkat juga menghadirkan teknologi layar yang ramah mata. Hanya saja, milik realme 7 sudah mengantongi sertifikasi TÜV Rheinland dan diklaim menjadi salah satu perangkat pertama yang lulus verifikasi uji beragam skenario ketahanan. Sebagai bonus, layar realme 7 mendapat lapisan kca anti gores Corning Gorilla Glass 3 untuk menjamin daya tahan yang lebih baik dari goresan.

Hardware dan Performa
Seperti yang sudah disinggung di awal, realme 7 menjadi salah satu smartphone pertama di dunia yang menggunakan chipset Helio G95. Sementara Vivo V20 SE hadir dengan Snapdragon 665. Secara pabrikasi, chipset realme 7 dibangun dengan basis 12nm dan Snapdragon di Vivo V20 SE berdasarkan pabrikasi 11nm.

Berdasarkan data teknis, Helio G95 juga dilengkapi dengan dua buah Cortex-A76 berkinerja tinggi hingga 2.05GHz dan enam Cortex-A55 efisiensi tinggi hingga 2GHz, bersama dengan 900MHz Mali-G76GPU. Jeroan ini dikolaborasikan pula dengan RAM 8GB LPDDR4x dan ROM 128GB UFS2.1.Dengan kombinasi terbaru dari CPU, GPU, RAM super cepat, dan AI yang kuat, realme 7 menghadirkan pengalaman yang mulus bagi pecinta game di smartphone.

Sementara Snapdragon 665 di Vivo V20 SE tersusun atas Octa-core 4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver dengan GPU Adreno 610, yang ditandem dengan RAM 8GB serta ROM 128GB.

Menariknya, Prosesor Helio G95 yang bertenaga dari realme 7 dilengkapi dengan sistem pendingin Carbon Fiber canggih yang dapat mendinginkan hingga 8,6%, menjaga kinerja ponsel tetap cepat.

Soal performa, Helio G95 di realme 7 ini memiliki kinerja yang setingkat di atas Snapdragon 665 milik Vivo V20 SE. Berdasarkan hasil uji benchmark, Helio G95 mengantongi skor yang tembus hampir 300 ribuan, sedangkan SD 665 masih di kisaran maksimal 190 ribuan. Tidak hanya berpatokan pada angka, kemampuan multitasking yang ditawarkan Helio G95 di realme 7 ini memang terbukti lebih baik. Apalagi, perangkat ini pun disokong sistem manajemen hardware yang mumpuni.

Yang tidak kalah pentingnya, realme 7 juga dilengkapi dengan 30W Dart Charge yang ditingkatkan, baterai 5000mAh dapat diisi hingga 100% dalam 65 menit. Dan hanya dalam 26 menit, baterai dapat terisi hampir 50%. realme 7 juga mendukung pengisian daya 15W PD, membuatnya lebih serbaguna.

Untuk penggunaan normal, baterai realme 7 ini mampu bertahan cukup lama. Berdasarkan hasil rata-rata penggunaan, untuk telpon bisa memberikan waktu hingga 48 jam, YouTube 15 jam, mendengarkan musik online 81 jam, berselancar di dunia maya (Instagram) hingga 13 jam dan main game mobile (PUBG) sampai 9 jam dalam sekali pengisian penuh menggunakan adaptor charger 5V/6A berjenis USB-C yang sudah tersedia di paket penjualan..

Sedangkan Vivo V20 SE, hanya disokong baterai berkapasitas 4100 mAh. Menariknya, perangkat ini juga dibekali teknologi pengisian daya cepat yakni 33W FlashCharge yang dapat mengisi daya baterai 62% dalam waktu hanya 30 menit saja, dan kurang dari 1 jam bisa penuh 100%. Soal daya tahan, baterai Vivo V20 SE secara normal juga tidak jauh beda dari realme 7. Di bagian ini, Vivo V20 SE sedikit lebih unggul.

Kamera
Selain menawarkan keunggulan di sisi diplay dan performa hardware, realme 7 juga ternyata memiliki keunggulan yang lebih baik di sektor kamera. Untuk kebutuhan fotografi ini, realme 7 sudah membawa konfigurasi kamera yang lebih tinggi dari Vivo V20 SE.

realme 7 menawarkan pengalaman flagship terbaru di seri angka realme, pengaturan empat kamera ultra-jernih, terdiri dari kamera utama 64MP, lensa sudut ultra lebar 8MP 119°, serta lensa makro 4cm dan lensa potret B&W.

Selain unggul dengan Quad Camera, sensor utama di realme 7 juga sudah menggunakan Sony IMX682. Sensor ini memiliki kemampuan penginderaan cahaya yang luar biasa, dan dilengkapi dengan sensor ukuran super besar 1/1,73", piksel super tinggi 64MP, mendukung Quad Bayer, ukuran piksel hingga 1,6μm. Bahkan dalam cahaya redup, gambar Anda akan keluar sangat cerah.

realme juga memiliki algoritma astrophotography pada superlatives, yang sangat penting dalam meningkatkan performa foto malam hari. Untuk kebutuhan Night Fotography ini, kamera realme 7 pun menghadirkan Starry Mode yang memiliki efek luar biasa, bintang terlihat lebih jelas dan warna juga terlihat lebih jelas.

Untuk mode malam, realme 7 juga menambahkan tiga filter keren yang bisa membuat foto lowlight jadi lebih unik yakni Cyberpunk, Modern Gold dan Flamingo.
Setingkat di bawah realme 7, smartphone terbaru Vivo di V Series, V20 SE hanya dilengkapi triple camera dengan konfigurasi 48MP untuk lensa utama, 8MP untuk lensa wide-angle/super macro, dan 2MP untuk depth. Untuk fitur, kamera Vivo juga dilengkapi mode malam yang didukung algoritma HDR + Morpho.

Tidak hanya tangguh untuk foto, kedua smartphone ini pun menghadirkan kemampuan perekaman video yang cukup mumpuni. Menariknya, realme 7 menghadirkan fitur video yang cukup beragam seperti UIS & UIS Max video stabilization, Ultra Wide Video, Real-time Bokeh Effect Video, Slo-mo Video dan 4K UHD Video. Sementara Vivo V20 SE hadir dengan EIS Ultra Stable Video yang juga sanggup merekam video 4K.

Untuk kamera depan, realme 7 hadir dengan in-display selfie camera berkekuatan 16MP dengan aperture f/2.1, yang bisa menangkap gambar diri dengan detil dan pencahayaan yang apik. Meski di dalam ruang tamu dengan pencahayaan yang minim.

Sementara Vivo V20 SE di bagian ini bisa dibilang jawaranya. Meski menerapkan model kamera depan yang jadul, yakni berkonsep waterdrop, namun sudah memiliki resolusi besar yakni 32MP dengan bukaan lensa f/2.0. Untuk fitur bawaannya tersedia Super Night Selfie yang cocok untuk selfie di malam hari, Selfie Softlight Band yang dirancang khusus untuk menghadirkan pencahayaan layaknya studio foto pada malam hari, serta multi-style Portrait untuk mode bokeh yang maksimal.

NFC Multifungsi
Ini merupakan satu dari sekian banyak fitur smartphone yang paling ditunggu-tunggu pecinta gadget di tanah air, terutama untuk warga Jabodetabek. Kehadiran NFC di sebuah perangkat smartphone memang menjadi daya tarik tersendiri, terlebih untuk smartphone di kelas menengah yang dibanderol dengan harga cukup terjangkau.

Baik di realme 7 maupun Vivo V20 SE, fitur NFC yang ditanamkan memiliki banyak kegunaan alias multifungsi. Selain bisa dimanfaatkan untuk mengecek saldo e-modey, dengan NFC ini pengguna juga dapat mengisi ulang (top-up) langsung kartu e-mode dari smartphone.

Kedepannya, fitur NFC juga akan dirancang untuk memudahkan otorisasi pembayaran digital lainnya. Untuk fitur ini, baik realme 7 maupun Vivo V20 SE sama-sama mengakomodasinya dengan baik.

Kesimpulan
Di banderolan harga kurang dari Rp 4 juta, baik realme 7 maupun Vivo V20 SE memang cukup menjanjikan dan layak untuk dijadikan pilihan. Perangkat yang hadir dengan NFC Multifungsi ini menawarkan spesifikasi mumpuni dalam balutan desain elegan di kelasnya. Hanya saja, secara teknis dan performa keseluruhan, realme 7 memiliki spesifikasi dan kinerja setingkat lebih tangguh dibanding Vivo V20 SE.

Pertama dari sisi chipset yang menggunakan Helio G95 dengan performa terbaik untuk gaming, selanjutnya Ultra Smooth Display 90Hz, konfigurasi kamera terbaik di kelasnya serta daya tahan baterai yang ditopang dengan teknologi pengisian daya cepat. Kolaborasi semuanya menjadikan realme 7 lebih layak untuk dijadikan pilihan.
 

  

About Us | Pedoman Media Siber
Copyright © 2003-2020 TabloidPULSA.co.id, All Rights Reserved.PT. PULSA INDOMEDIA PRATAMA