Home / tipsapps / Review realme narzo 20 Pro: Smartphone Game Berlayar 90 Hz dengan 65W SuperDart Charge dan Helio G95

Review realme narzo 20 Pro: Smartphone Game Berlayar 90 Hz dengan 65W SuperDart Charge dan Helio G95

  Ahmad S.

  Thu, 05 Nov 20 - 02:11:00

Setelah berhasil memperkenalkan teknologi pengisian daya secara cepat, SuperDart 65W di realme X50 Pro 5G dan realme 7 Pro, realme kembali membawa “pesona”-nya ini ke produk yang lebih terjangkau untuk kalangan anak muda. Sejalan dengan tema anak muda yang aktif, suka bermain game, tidak mau lama-lama menunggu proses pengisian daya ponsel, narzo 20 Pro ini memang paling pas membawa fitur gacoan realme tersebut.

Tapi bukan berarti bagian lain ditinggalkan begitu saja. Desain misalnya, bagian ini tetap dipoles secara apik. Kembali menggunakan pewarnaan unik yang sulit untuk diabadikan menggunakan kamera, karena akan bergantung pada sudut datangnya cahaya. Seakan-akan keindahannya memang hanya diperuntukkan bagi mata kita dan orang-orang di sekitar yang melihatnya secara langsung dengan mata kepala kita sendiri.

Dibanderol dengan harga 3 jutaan, ponsel ini memberikan banyak hal menarik, dan berikut ulasan singkatnya.

Harga: Rp 3.399.000 (Rp 3.199.000 di 11.11 Salebration)

Warna: White Knight, Black Ninja

Paket Penjualan: realme Narzo 20 Pro, kabel data USB Type C, adapter 65W SuperDart, protector case, pin ejector, buku manual, Protective film (terpasang), Kartu garansi

 

Warna Baru dengan Pola Anyar

Setiap produk realme (dan narzo) membawa pola pewarnaan yang unik. Memberikan kesan segar di setiap peluncurannya. Tidak terkecuali dengan realme narzo 20 Pro ini. Memperknalkan dua warna dengan penamaan unik, yaitu White Knight dan Black Ninja, produk ini jugamemperlihatkan permukaan back cover yang reflektif dan menampilkan pola garis arah panah yang tegas menghujam ke arah bawah.

Pola garis panah ini akan muncul dari sudut-sudut tertentu, dan dengan arah datang cahaya yang tepat. Karena warna permukaannya sendiri begitu reflektif seperti cermin, kita jadi sulit megabadikannya dengan kamera tanpa menampilkan bayangan si kameraman.

Meskipun terlihat seperti cermin, permukaan back cover ini tidak licin seperti yang kami kira. realme berhasil mempertahankan traksi sehingga permukaan tetap terasa nyaman ketika digenggam. Sayangnya upaya ini juga membuat bagian back cover mudah kotor akibat keringat dari telapak tangan penggunanya.

Beruntung narzo 20 Pro telah menyertakan casing pelindung yang dapat mengatasi masalah udah kotor ini. Sekaligus akan memberikan perlindungan ekstra terhadap kerangka dan bodi ponsel secara lebih baik lagi.

Masih di bagian belakang, kita pun akan menemukan sebuah tulisan narzo designed by realme, sejajar dengan panel kamera yang tertata berbaris rapi di sisi kiri atas bagian back cover.

Beralih ke bagian depan, layar IPS memenuhi seluruh bagian muka dengan hanya menyisakan sedikit bagian bezel di sekelilingnya. Tipis sekali sehingga saat layar menyala, bezel ini hampir tidak terlihat.

Kamera depan diletakkan pada desain punch hole yang menempati sudut kiri layar. Memberikan keleluasaan saat kita bermain game atau menonton konten multimedia.

Slot kartu SIM card, yang memiliki tiga kompartemen, yakni 2 untuk kartu SIM dan satu untuk kartu memori tambahan diletakkan di sisi kiri ponsel, bersama dengan tombol volume. Sementara di arah sebaliknya ada tombol power yang juga membawa sensor sidik jari. Dengan sensor fisik yang diletakkan di sisi kanan ini proses pengenalan sidik jari akan terasa lebih ergonomis dan yang terpenting berlangsung relatif lebih cepat.

Layar Ultra Smooth 90Hz

Pada bagian layar, narzo 20 Pro mempbawa spesifikasi yang sama dengan pendahulunya realme narzo. Bukan hal yang buruk, justru patut diparesiasi karena tetap mempertahankan layar dengan refresh rate tinggi, memungkinkan kita untuk bermain game dengan lebih kompetitif juga menonton konten multimedia dengan lebih nyaman lagi.

Didukung dengan SoC anyar yang lebih baik dari narzo terdahulu, tentu kita boleh berharap akan hadirnya penignkatan di sisi tayangan melalui layar ini. Menawarkan tingkat refresh hingga 90Hz, dimana normalnya 60Hz akan memanjakan mata kita, bahkan saat membuka aplikasi atau sekedar browsing mencari-cari foto mantan di media sosial.

Membawa panel jenis IPS, juga memberikan pengalaman yang positif saat bermain game berlama-lama, memberikan respon layar sentuh yang konsisten meski terjadi peningkatan suhu pada layar. Menarik, bukan?

realme UI berbasis Android 10

realme narzo 20 Pro juga kembali membawa realme UI. Dengan demikian kita bisa mendapatkan sejumlah keuntungan. Selain tampilan yang bersih dan mudah dikustom, kita pun akan mendapatkan sejumlah fitur tambahan yang akan membantu kehidupan bersmartphone kita.

Melalui sebuah update ringan, kita akan mendapatkan aplikasi editor video SoLoop. Sejauh ini merupakan video editor bawaan paling apik, tidak membutuhkan pembelian dan tidak meninggalkan watermark dengan audio dan template yang sudah disediakan untuk digunakan secara bebas. 

Video editor khas ColorOS ini mudah digunakan, hanya dengan memilih sejumlah foto atau video yang direkam melalui kamera bawaan. Lalu sistem akan menyulapnya menjadi video dengan musik yang apik. Kita bisa menentukan bagaimana video ini diedit. Apakah otomatis dan biarkan smartphone mengejutkan kita dengan video yang menarik, atau manual supaya video yang dihasilkan bisa sesuai dengan harapan.

Selain Soloop kita pun bisa menemukan fitur Game Space yang akan menyaring notifikasi dan memutuskan koneksi yang tidak perlu agar kita fokus bermain game, Super Power Saving mode jika tiba-tiba baterai kita sekarat namun kita masih membutuhkannya, dan banyak lagi fitur yang bersemayam di setingan kamera Narzo 20 Pro. Akan kita bahas di bagian kamera.

SoC Mediatek Helio G95 dengan System Pendingin Karbon

Secara teori, spesifikasi teknis chipset besutan Mediatek Helio G95 ini menawarkan performa yang apik, baik untuk kinerja multiprosesor maupun untuk tiap single prosesornya. Hal ini tidak begitu mengejutkan mengingat prosesor ini memang dibangun untuk kinerja gaming yang lumayan berat.

Untuk kelas ponsel 3 jutaan, chipset ini merupakan solusi tepat untuk mendapatkan kinerja prosesor yang cepat. Dapat diandalkan meski mungkin ada beberapa hal yang perlu disesuaikan.

Tapi satu hal yang tidak dapat dibantah adalah bagaiman SoC ini melakukan manajemen daya yang apik sehingga mampu menmpertahankan kontinyuitas bermain game, lengkap dengan pengisian daya yang cepat agar bermain game tidak perlu lagi terhenti karena proses charging yang membutuhkan banyak waktu.

Saat dicoba memainkan game-game yang membutuhkan spek hardware tinggi, dalam setingan automatis, alias dipilihkan oleh sistem, kinerjanya dapat memuaskan kami. Meskipun di beberapa game semisal Genshin Impact ada beberapa hal yang perlu disetting agar bisa selancar saat bermain game serupa di realme 7 Pro.

realme narzo 20 Pro yang akan rilis di Indonesia merupakan varian tertinggi dengan RAM 8GB dan ROM 128 GB. Sudah cukup banget untu memenuhi kebutuhan gamer di angka 3 jutaan. Sebagai bonus kita bisa menyimpan video rekaman bermain game atau foto-foto malam yang indah dalam jumlah yang banyak.

Baterai 4500 mAh dan 65W SuperDart Charge

Seperti yang telah disebutkan di awal, realme narzo 20 Pro membawa teknologi pengisian daya super cepat 65W SuperDart Charge. Dengan teknologi ini kita bisa mengisi daya realme narzo 20 Pro hanya dalam waktu 38 menit dari nol sampai penuh.

Berkat 65W SuperDart, mengisi dalam waktu 3 menit sudah bisa mendapatkan 14% baterai yang cukup dipakai untuk berjam-jam menulis artikel sembari membuka web browser, sesekali menonton YouTube, membuka Instagram dan konsisten membuka WhatsApp.

Dengan mengakomodasi tegangan sebesar 10V dan kuat arus listrik di angka 6.5 A, maka adapter charger akan menghasilkan daya sebesar 65Watt yang akan dialirkan ke smartphone sehingga pengisian daya akan lebih efisien. 

Lalu Anda tidak perlu khawatir akan overheat atau terbakar. Daya sebesar 65 Watt memang terhitung lebih besar dari kebanyakan charger smartphone, untuk itu realme telah menyiapkan beberapa teknologi untuk menanggulangi hal-hal yang tidak diinginkan selama penggunaan SuperDart Charge ini.

Beberapa diantaranya adalah perlindungan terhadap kelebihan beban, sekring, dan sensor suhu.

4 Kamera 48 MP dengan AI

realme narzo 20 Pro membawa konfigurasi 4 kamera utama. Pertama adalah 1 kamera 48MP dengan aperture besar f/1.8 dan lensa 6P. dengan mekanisme piksel binning 4-in-1 Quad Bayer, sensor mengabungkan 4 pixel yang beredakatan menjadi satu pixel besar, meningkatkan resolusi dan kualitas gambar yang diambil, sehingga lebih detail.

Berikutnya ada lensa kamera ultra wide 119 derajat dengan apertur f/2.3 dan resolusi 8MP. Pengguna tidak perlu mundur untuk mengambil obyek foto yang terbentang luas di hadapannya.

Kemudian ada dua kamera 2MP yang bertugas sebagai lensa makro dan B&W Portrait untuk memberikan efek depth pada foto. Keduanya membawa aperture f/2.4.

Seperti halnya pada realme 7 dan realme 7 Pro, kita akan menemukan sejumlah efek pada foto malam realme narzo 20 Pro. Yakni Cyberpunk, Flamingo dan Modern Gold. Meski kini tidak dilengkapi dengan video color portrait, mode pengambilan video masih membawa fitur ultra steady yang akan berupaya menghilangkan efek goyangan pada video saat handheld.

Lalu beralih ke kamera selfie, yang kembali disematkan ke dalam layar alias in display selfie camera, realme narzo 20 Pro membawa lensa kamera 16MP dengan sensor Sony IMX471. Kamera dengan aperture f/2.1 ini memiliki sejumlah fitur penting untuk melakukan selfie, termasuk nightscape, panorama, beauty dan perekaman video slomo hingga 120 fps.

Kesimpulan

Jika sebelumnya realme menawarkan produk realme 7 Pro dengan harga terjangkau yang membawa teknologi pengisian daya cepat 65W SuperDart, maka kini Narzo 20 Pro menjadi produk yang lebih terjangkau lagi dengan fitur yang setara.

Namun produk yang diusung sebagai ponsel gaming anak muda ini juga membawa sejumlah kelebihan di sisi performa dan faktor pendukung semisal display dan daya tahan baterai yang mampu meningkatkan kemampuan realme narzo 20 Pro ke titik yang lebih baik lagi. 

Sekedar informasi, Ponsel ini juga akan dijual secara eksklusif via online di gelaran realme 11.11 Salebration dengan bonus dan harga yang lebih spesial. Jadi catat aja tanggalnya gan!

About Us | Pedoman Media Siber
Copyright © 2003-2020 TabloidPULSA.co.id, All Rights Reserved.PT. PULSA INDOMEDIA PRATAMA