Home / tipsapps / Review POCO X3 NFC: Harga Kelas Menengah, Performa Flagship

Review POCO X3 NFC: Harga Kelas Menengah, Performa Flagship

  Hairuddin

  Thu, 19 Nov 20 - 01:11:23

POCO X3 NFC

Setelah cukup lama absen di pasaran tanah air, POCO kembali menunjukan eksistensinya dengan menghadirkan smartphone yang digadang-gadang sebagai “The Real Mid-range Killer”, yakni POCO X3 NFC. Saat penjualan perdananya beberapa waktu lalu, POCO X3 NFC kabarnya ludes sebanyak 15.000 unit lebih hanya dalam waktu 4 menit saja.

Seperti produk-produk terdahulu, POCO X3 NFC juga memiliki daya tarik berupa performa berbanding harga yang ekstrem, fitur berbeda, dan memiliki desain yang diklaim melawan arus. Smartphone ini menjadi produk pertama chipset Snapdragon 732G di dunia yang disebut sebagai chipset seri 700 terbaik dari Qualcomm saat ini.

Tidak hanya itu, POCO X3 NFC juga memiliki DotDisplay dengan refresh rate 120Hz serta touch sampling rate 240Hz yang sangat powerful untuk mendukung kegiatan bermain game mobile. Dan yang terpenting, smartphone ini membawa satu fitur paling ditunggu para Mi Fans tanah air yakni NFC.
Pertanyaannya, gimana dengan performa keseluruhan POCO X3 NFC ini? Pantas kah untuk dijadikan target buruan?

Spesifikasi POCO X3 NFC

Fitur POCO X3 NFC

Desain Trendi, Bodi Tebal
Tidak hanya mengedepankan performa dalemannya saja, di X3 NFC ini POCO seperti mulai peduli dengan sisi tampilan. Ya, desain perangkat baru ini tampil dengan ‘aura’ yang memancarkan kesan premium, terutama di sisi belakang.

Desain POCO X3 NFC

Bodi berbahan plastik dengan frame aluminum POCO X3 NFC terlihat solid dan kokoh. Bagian belakang menampilkan finishing metalik, dengan efek kaca. Di sisi tengahnya, POCO menghadirkan struktur unik dengan model garis diagonal. Mulai dari bagian bawah, hingga ke ujung atas melewati kompartemen kamera.

Di bagian ini terdaapat logo POCO ikonik yang kabarnya diproses dengan teknik khusus dan rumit. Namun, hasilnya memang ajib. Dengan cara melihat dari sudut tertentu, logo POCO tersebut akan memancarkan gradasi warna yang berbeda-beda.

Dengan diterapkannya konsep desain seperti ini, wajar jika POCO X3 NFC bisa sekaligus dijadikan sebagai pelengkap fesyen. Sebagai catatan, konstruksi fisik POCO X3 NFC yang terasa tebal (bulky), dan untuk sebagian orang akan terasa kurang nyaman. Apalagi, jika soft case bawaan juga ikutan dipasang. Tidak hanya tebal, bobot smartphone ini juga cukup berat loh. Oiya, sebagai informasi saja, casing yang disertakan POCO X3 NFC kabarnya anti bakteria loh.

Positif lainnya, desain POCO X3 NFC sudah dibekali pula dengan IP rating (IP53) untuk ketahanan terhadap percikan air. Artinya, saat terjadi gerimis kecil perangkat ini masih aman untuk digunakan.

Satu lagi yang sepertinya sudah menjadi tren di kalangan smartphone kelas menengah, yakni penerapan panel sensor sidik jari yang posisinya ada di sisi bodi. Dan POCO X3 NFC menerapkan konsep tersebut. Bidaang sensor fingerprint-nya tergolong cukup lebar dan memiliki kemampuan mendeteksi data sidik jari dengan cepat dan akurat. Panel ini juga sekaligus sebagai tombol power dan lock screen.

Untuk panel control serta akses tambahan, POCO X3 NFC menyediakan port audio jack 3,5mm di bagian bawah bersebelahan dengan USB Type-C. Ada juga sensor Infrared Blaster dengan posisi di bagian atas, yang bisa menjadikan POCO X3 NFC layaknya remote control perangkat elektronik rumah tangga.

Slot SIM

DotDisplay 120Hz + 240Hz
Sektor ini merupakan salah satu yang cukup dijagokan oleh POCO X3 NFC. Jika di kebanyakan smartphone kelas menengah masih menggunakan layar dengan refresh rate standar, POCO X3 NFC sudah membawa teknologi layar kekinian.

Display Poco X3 NFC

Berdasarkan data teknis, smartphone ini dibekali layar berkonsep punch hole yang oleh Xiaomi disebut dengan istilah DotDisplay. Ukurannya cukup luas yakni 6,67 inci dengan resolusi Full HD+. Yang bikin menarik, layar perangkat ini sudah membawa refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz. Hanya saja, untuk jenis layar yang digunakan masih sebatas IPS LCD, belum AMOLED.

Bagi pemain mobile game, smartphone dengan fitur seperti ini akan memberi pengalaman yang jauh lebih baik misalnya dalam permainan bertempo tinggi yang mengharuskan mereka untuk cepat dalam membidik atau menembak. Touch sampling rate yang tinggi akan menghadirkan kombinasi kontrol dengan sensitivitas tinggi serta respon yang lebih cepat.

Lewat teknologi ini, layar POCO X3 NFC akan memberikan respon 33% lebih baik dibandingkan dengan smartphone kelas menengah lainnya di Indonesia. Saat diuji coba memainkan game mobile dengan spesifikasi grafis yang lumayan tinggi, kinerja layar POCO X3 NFC ini mampu berakselerasi dengan baik.

Khusus refresh rate, POCO X3 NFC menyertakan pengaturan manual yang dapat ditemukan di setting display. Opsi ini memberi keleluasaan bagi pengguna untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan, terutama terkait dengan sistem manajemen power. Pengguna bisa memilih 60Hz untuk menghemat baterai, atau 120Hz untuk kualitas gambar serta sentuhan yang lebih maksimal.

   

Tidak hanya canggih, layar POCO X3 NFC juga menyertakan beragam optimalisasi dan personalisasi standar yang saat ini sudah banyak disediakan oleh perangkat di kelas menengah. Sebut saja Dark Mode, Color Scheme dan tidak ketinggalan fitur ramah mata yang di POCO X3 NFC disebut Reading Mode dan telah mengantongi sertifikasi TÜV Rheinland.

Sebagai tambahan, layar POCO X3 NFC juga telah dilapisi oleh kaca anti gores Gorilla Glass generasi kelima. Jadi, cukup aman lah diletakan di sembarang tempat.

Pertama dengan Snapdragon 732G
Selain layar, ini lah keunggulan utama POCO X3 NFC. Smartphoone ini menjadi yang pertama di dunia menggunakan chipset Snapdragon 732G, prosesor 4G seri SD700 paling canggih saat ini. Sejatinya, chipset ini merupakan hasil overclocking dari Snapdragon 720.

Snapdragon 732G dibangun dengan pabrikasi 8nm dan memiliki konfigurasi prosesor Octa-core yang mendukung clockspeed hingga 2.3GHz dengan basis Kryo 470. Selain itu, SD 732G juga memiliki peningkatan GPU hingga 15% dari versi sebelumnya. Menariknya, chip ini juga dibekali kecerdasan buatan (AI) yang mumpuni berkat Advanced Qualcomm AI Engine generasi terbaru.

   

Untuk mendukung performanya, POCO X3 NFC hadir di pasaran Indonesia dengan dua varian memori, yakni POCO X3 NFC RAM 6GB LPDDR4x dengan ROM 64GB serta POCO X3 NFC RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB UFS 2.1. Kebetulan, unit yang diuji PULSA merupakan varian RAM 8GB.

Kombinasi hardware ini mampu menjalankan semua fungsi smartphone dengan baik dan lancar. Sebagai informasi, POCO X3 NFC sendiri berjalan dengan platform Android 10 yang dikolaborasikan dengan MIUI 12 (POCO Launcher 2.0).

Bagi yang hobi bermain game, jeroan POCO X3 NFC ini bisa dibilang kombinasi yang cukup aduhai. Pasalnya, chipset yang tertanam secara teknis sudah mendukung True HDR Gaming, dilengkapi fitur Snapdragon Elite Gaming dan juga Game Turbo 3.0 yang lebih tangguh dan mampu menghadirkan pengalaman gaming yang lebih smooth serta mendukung seamless gaming.

Saat dicoba memainkan sejumlah game yang saat ini tengah digandrungi anak muda, semuanya bisa dijalankan dengan lancar dan tanpa kendala. Ini lah yang tetap dipertahankan oleh POCO dan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen kelas menengah yang haus akan hiburan, terutama mobile gaming.

Poin plusnya, POCO X3 NFC juga menawarkan pengalaman bermain game yang lebih maksimal dengan hadirnya teknologi pendingin khusus yakni LiquidCool technology 1.0 Plus. Teknologi ini mampu mereduksi panas pada prosesor hingga 6 derajat.

Bagi yang ingin mengetahui detail performa dari hardware POCO X3 NFC ini, PULSA juga melampirkan hasil benchmark menggunakan beberapa aplikasi favorit yang hasil ujinya menunjukan skor yang cukup memuaskan untuk ukuran smartphone menengah.

  

AI Quad Camera Kelas Flagship
Selain performa hardware, kamera menjadi poin menarik yang membuat PULSA mengacungkan jempol. Bukan tanpa sebab, di POCO X3 NFC banyak fitur-fitur menarik dan keren yang disediakan, dan semuanya bisa dengan mudah digunakan. Gak ribet dengan pengaturan sana-sini, tinggal pilih dan gunakan saja.

Untuk konfigurasi kameranya sendiri, POCO X3 NFC dilengkapi kamera utama 64MP dengan sensor Sony IMX 682 memiliki bukaan f/1,89 serta 1.6μm 4-in-1 Super Pixel untuk ketajaman resolusi gambar, diikuti 13MP ultra-wide angle, 2MP macro, dan 2MP depth sensor. Coba deh dibandingkan dengan smartphone sekelasnya, pasti POCO X3 NFC ini jauh lebih prima.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kamera POCO X3 NFC ini membawa sejumlah fitur menarik diantaranya smooth video zoom, focus peaking, enam varian dari video kaleidoskop, sejumlah filter foto termasuk AI Skyscaping 3.0. Sebagai tambahan, fitur perekaman video 4K, dukungan format LOG/RAW, Vlog mode, dan masih banyak lagi untuk membantu penggunanya untuk mengabadikan keseruan saat hangout bareng teman maupun keluarga.

   

Yang bikin kegiatan foto jadi lebih mengasyikan, POCO X3 NFC juga telah menyertakan fitur editing yang sudah terintegrasi langsung dengan gallery. Jadi, tinggal buka saja katalog foto trus pilih opsi editing. Di dalamnya, sejumlah tools editing lanjutan disediakan dengan cukup lengkap. Mulai dari fungsi cropping, menambahkan filter, sticker, doodle, frame, bahkan pengaturaan manual untuk meningkatkan kontras maupun saturasi pun bisa dengan mudah digunakan. Tinggal klak klik, hasil foto bisa jadi lebih unik dan keren.

Soal kualitas jepretan, sepertinya sih tidak perlu diragukan lagi. Hasil foto bisa tampil maksimal dengan detil yang tajam serta warna yang terpancar optimal. Tidak hanya untuk foto normal, untuk mode ultra-wide, makro maupun bokeh pun sangat oke.

Bagi yang hobi foto malam hari, POCO X3 NFC juga mengakomodasinya dengan baik. Mode malamnya juga mampu bekerja dengan apik.

Untuk keperluan foto selfie, POCO X3 NFC telah menanamkan kamera depan yang tertanam di dalam layar. Resolusi kamera depan ini juga tidak bisa dianggap biasa-biasa saja. Dengan kekuatan sensor 20 MP, aksi selfie tentunya akan jauh lebih berasa ciamik terlebih berkat dukungan teknologi AI yang bisa meningkatkan ketampanan maupun kecantikan penggunanya.

Fitur Lain
Sebagai tambahan, POCO X3 NFC juga dibekali dengan sejumlah fitur tambahan yang saat ini masih cukup jarang disediakan oleh smartphone di kelas 3 jutaan. Pertama, hadirnya fitur NFC yang memungkin pengguna untuk mengecek dan juga top-up saldo e-money.

Fasilitas ini menjadi kuncian bagi POCO untuk menggaet para Mi Fans yang tinggal di perkotaan, terutama Jabodetabek, yang rata-rata banyak yang memanfaatkan moda trasportasi kekinian seperti MRT, Commuter Line, Transjakarta atau pun yang menggunakan kendaraan pribadi dan biasa keluar majuk jalan tol.

Selain itu, POCO X3 NFC juga cukup memanjakan penggunanya yang concern terhadap hiburan. Pasalnya, di perangkat ini POCO telah menanamkan sistem audio Hi-Res dengan speaker stereo ganda. Jadi, ketika menikmati multimedia akan terasa lebih nendang.

Baterai 5160 dengan 33W Fast Charging
Bobot yang berat serta desain terbal POCO X3 NFC bisa jadi karena perangkat ini memiliki baterai dengan kapasitas jumbo. Ya, POCO X3 NFC membawa baterai 5160 mAh. Dukungan baterai besar ini tentu saja sepadan dengan teknologi layar yang disandangnya.

Berdasarkan data teknis, baterai POCO X3 NFC ini bisa digunakan untuk bermain game hingga 10 jam nonstop, atau menonton video hingga 17 jam dalam sekali pengisian. Sementara untuk stanby saja dengan sedikit menikmatibeberapa kegiatan standar, baterai perangkat ini bisa tahan hingga dua harian.

Ketangguhan lain yang dimiliki POCO X3 NFC adalah dukungan teknologi pengisian daya cepat dengan kekuatan 33 Watt. Normalnya, untuk mengisi daya hingga 62% hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja. Sedaangkan untuk pengisian penuh 100% memerlukan waktu sekitar satu jam.

Kesimpulan
Label “The Real Mid-range Killer” yang dibawa POCO X3 NFC ini sepertinya memnag benar-benar sebuah kenyataan. Dengan banderolan harga hanya sekitar 3 jutaan rupiah saja, Anda bisa mendapatkan smartphone yang memiliki citarasa layaknya sebuah flagship. Kehadiran fitur NFC juga sepertinya akan menjadi sumbangsih dalam mendongkrak daya beli konsumen.

Desain bulky dan bobot yang berat, meski menjadi poin yang perlu utuk dicermati, sepertinya tidak terlalu berpengaruh besar bagi para Mi Fans atau pengguna baru yang tertarik dengan kinerja hardware yang ditawarkan POCO X3 NFC. Intinya sih, kembali lagi ke selera asal dan pastikan pula dengan kebutuhan jika ingin meminang perangkat ini. (Penulis : Hairuddin Ali/@hairuddin_ali)
 

About Us | Pedoman Media Siber
Copyright © 2003-2020 TabloidPULSA.co.id, All Rights Reserved.PT. PULSA INDOMEDIA PRATAMA