Home / tipsapps / Review realme Buds Air Pro: Makin Ngebas Dilengkapi Noise Cancellation

Review realme Buds Air Pro: Makin Ngebas Dilengkapi Noise Cancellation

  Ahmad S.

  Tue, 10 Nov 20 - 03:11:00

Bersamaan dengan diluncurkannya realme narzo 20 dan narzo 20 Pro, realme Indonesia juga merilis sejumlah gadget yang masuk dalam ekosistem AIoT mereka. Salah satunya adalah sebuah TWS keren realme Buds Air Pro.

Produk ini menawarkan kualitas audio yang ditingkatkan dari TWS-TWS realme sebelumnya, dengan menyertakan pula teknologi Active Noise cancellation hingga kebisingan 35db. Kami telah mencobanya beberapa hari terakhir dan mendapati bahwa produk ini layak untuk Anda miliki dengan alasan-alasan berikut ini.

Desain Kekinian Tak Mudah Lepas

TWS realme telah membawa semua desain populer dari sebuah earbud tws yang ada di pasaran. Tak terkecuali dengan Buds Air Pro ini. Didesain sedemikian rupa, tws ini membawa ruang driver yang cukup luas dengan bagian batang untuk meletakkan sejumlah fitur tambahan, semisal mic untuk mendeteksi suara kita dan suara di sekitar pengguna untuk mengaktifkan nose cancellation-nya.

Bagian ujung alias eartips dibuat masuk ke rongga telinga atau biasa disebut in ear, meningkatkan kualitas suara dan juga noise cancellation secara fisik.  Dan yang pasti, earbuds ini jadi tidak mudah lepas karena mengisi bentuk rongga dan tulang telinga dengan penuh.

Active Noise Cancellation dan Transparency Mode

Biasanya menggunakan headset atau earset dengan fitur Noise Cancellation akan membuat Anda seakan-akan terisolasi dari dunia luar, dan mencopotnya adalah solusi untuk dapat mendengar lagi. Nah realme Buds Air Pro ini tidak seekstrim itu. 

Kita bisa mengapresiasi hadirnya Noise cancellation meskipun kita harus puas dengan tingkan cancellation yang diset oleh sistem. Tanpa ada kemungkinan kita untuk mengaturnya lebih jauh. Bagusnya, NC pada Buds Air Pro tidak secara absolut menghilangkan noise yang penting bagi kita dan hanya mengatasi suara bising nan konstan di tingkat kebisingan 35db.

Sebagai contoh adalah suara kipas CPU atau PS4 saat bermain game berat. Lalu jika ketika mendengarkan musik Anda pun ingin tetap mendengarkan orang bicara, semisal ketika berada di ruang tunggu kereta dan bandara, ada fitur Transparency yang dapat diaktifkan.

Cara mengubah kedua mode ini pun dapat dilakukan dengan mudah. Secara default, sebelum diutak-atik oleh user, kita bisa mengubah kedua mode ini hanya dengan menekan salah satu earbuds, kiri atau kanan, tekan dan tahan beberapa detik hingga muncul suara notifikasi yang mengindikasikan mode apa yang aktif saat itu.

Chipset realme S1 yang Teruji

Ketika ada pertanyaan pembaca yang mencari TWS dengan harga terjangkau, redaksi PULSA kerap menyarankan produk-produk dari realme, terutama yang sudah didukung oleh chip S1. Terlebih untuk kebutuhan gaming mobile, yang membutukan latency rendah dan susah mencari padanannya di kelas harga yang sama.

Nah realme Buds Air Pro ini pun kembali menggunkaan chipset yang sama. Dan karena dia memiliki pabrikasi 28nm, maka tidak heran jika realme mampu menyematkan sebuah prosesor noise cancellation di dalamnya sebagai oabnambahan yang positif tanpa mengurangi kualitas prosesing sebelumnya.

Driver Besar, Suara Gahar

Buds Air Pro membawa driver berukuran 10 mm. Secara teori ukuran segini mampu mendeliver suara yang cukup kuat untuk ukuran sebuah earbuds. Menariknya tidak berhenti sampai di situ, realme kemudian meningkatkan suara frekuensi rendah dengan Bass Boost. Menghasilkan dentuman bass yang relatif kentara, cocok untuk basshead dimanapun berada.

Perlu dicatat, Anda mungkin butuh waktu yang sedikit lama untuk melakukan burning hingga mendapatkan tone suara yang Anda butuhkan. Termasuk pada konsistensi getaran bass yang punchy. Dan pastikan fitur transparency tidak aktif saat melakukan ini.

Latency Super Rendah

Ketika bermain game, seperti yang kami lakukan dengan realme Narzo 20 Pro yang pas banget buat main PUBG, audio dengan latency rendah adalah kunci kemenangan. Seperti biasa TWS realme tidak mengecewakan di sisi ini. 

Buds Air Pro juga membawa latency super rendah di angka 94ms, yang menurut kami bahkan terdengar seperti realtime. Kita bisa mendapatkan fitur ini tanpa melakukan apapun, dan bisa meningkat lebih baik lagi kalau kita set ke mode gaming.

Ga perlu ribet, kita bisa mengaktifkannya hanya dengan menyentuh dua earbud secara bersamaan dalam beberapa detik hingga muncul notifikasi game mode berupa suara mesin menderu. Seperti kita menyalakan mesin mobil.

Cara yang sama juga bisa dilakukan ketika menonaktifkannya. Ditandai dengan notifikasi berupa suara dentingan gitar. Kita bisa mengatur mode ini juga menggunakan aplikasi realme link yang bisa diinstal di ponsel Android Anda.

Baterai Tahan Lama

Dihitung secara total, TWS ini mampu bertahan hidup selama 25 jam nonstop dalam sekali charging (Charge case-nya). Jika Anda menggunakannya hanya sewaktu-waktu saja, maka daya tahannya bisa lebih lama lagi. Hal ini dimungkinkan akrena TWS ini membawa kapasitas baterai 486 mAh pada casingnya.

Smart Wear Detection dan IPX4

Meskipun sudah dilengkapi dengan gesture dan fitur tranparency, kita bisa melepas salah satu earbud ketika harus mendengarkan orang di sekitar. Sistem akan mengenali bahwa salah satu earbud dilepas sehingga mematikan musik atau video yang tengah kita dengarkan secara otomatis.

Dan menariknya earbuds realme Buds Air Pro ini telah dilengkapi dengan sertifikasi tahan air IPX4. Artinya ia bisa bertahan dalam cipratan air dari segala penjuru. Termasuk keringat yang mengucur dari kepala atau air hujan yang tidak sengaja jatuh di TWS ini.

KESIMPULAN

Buds Air Pro merupakan TWS berkualitas dengan harga yang terjangkau. Menawarkan Noise Cancellation dan latency rendah, akan mendukung kegiatan bermain game di ponsel Anda dengan lebih baik lagi.

Seluruh produk AIoT realme dapat didapatkan pada realme 11.11 Salebration pukul 00.00 WIB dengan harga spesial. realme 11.11 Salebration akan digelar di seluruh realme official store termasuk realme.com, Lazada, Shopee, Tokopedia, Blibli, JD.ID, dan Akulaku. 

Saat program 11.11 tahun ini, Anda bisa mendapatkannya dengan harga di bawah sejuta, yakni hanya Rp 999.000 saja. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi alamat-alamat berikut:

realme.com/id 

Lazada

Shopee

 

About Us | Pedoman Media Siber
Copyright © 2003-2020 TabloidPULSA.co.id, All Rights Reserved.PT. PULSA INDOMEDIA PRATAMA