pulsa-logo

Inilah 6 Smartphone Premium "Abu-Abu" yang Beredar di Indonesia


Deni Hardian

Kamis, 12 Mei 2016 • 14:38


Regulasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang diterapkan Pemerintah Republik Indonesia untuk meningkatkan pendapatan dari sektor pajak dari peredaran smartphone yang memiliki jaringan 4G LTE di satu sisi cukup berhasil. Banyak vendor smartphone global yang melakukan produksi smartphonenya di Indonesia yang tentunya cukup memberikan angin segar terhadap industri smartphone.

Namun di sisi lain, regulasi ini berdampak meningkatkan peredaran smartphone bergaransi tidak resmi. Diterapkannya regulasi TKDN, menyebabkan banyak vendor yang tidak dapat memasukkan smartphone premiumnya di Indonesia. Ada sih yang menyiasati dengan menonaktifkan jaringan 4G LTE yang tertanam pada smartphonenya agar tetap bisa masuk di market ponsel tanah air, namun tidak semua vendor dapat melakukannya.

Walhasil, satu-satunya cara pasar mendapatkan produk idaman mereka dengan cepat adalah melalui distributor "nakal" atau memanfaatkan situs jual beli online yang ada di Indonesia.

Dari penelusuran PULSA di berbagai situs jual beli online yang ada di Indonesia, setidaknya ada 6 smartphone premium dari berbagai vendor yang mulai dijual tanpa garansi resmi. Apa saja smartphone premium tersebut?

1. Huawei P9

Huawei P9 3GB/32GB Rp 7.750.000


Huawei P9 4GB/64GB Rp 8.750.000

Ponsel terbaru Huawei yang belum lama diluncurkan secara global yakni Huawei P9 kini sudah terpajang di salah satu e-commerce termasuk banderolan harganya. Di salah satu situs jual beli online ini, ada dua model Huawei P9 yang ditawarkan, pertama yang memiliki RAM 3GB dan storage internal 32GB ditawarkan seharga Rp 7.750.000,- dan Huawei P9 RAM 4GB dengan ROM 64GB yang dibanderol sebesar Rp 8.750.000,-.

Sebagai informasi, Huawei P9 hadir membawa layar 5.2 inci Full HD. Di dalamnya, smartphone ini menggunakan chipset Kirin 955 Octa-core dan menjagokan sektor kamera yang mana di bagian belakang dibekali dua kamera dengan optic Leica 12 MP. Satu kamera untuk mengambil gambar warna, dan satu ukhusus untuk monokrom. Kemampuannya bisa menghasilkan gambar dengan ukuran pixel 1,25-mikron dan lebar F / 2.2 aperture.