pulsa-logo

Ini Dia! 5 Smartphone Termurah Berbodi Logam


Deni Hardian

Senin, 27 Juni 2016 • 16:36

dia, smartphone, termurah, berbodi, logam , spesifikasi


Dewasa ini pengguna smartphone tak sekadar memperhatikan kekuatan fitur dan spesifikasi dari perangkat yang dipakainya. Namun, mereka sudah peduli akan penampilan desain ponsel pintarnya itu. Dan, bodi logam tampaknya tengah dilirik dan digandrungi oleh konsumen. Balutan material ini tak hanya menghadirkan kesan solid dan kuat, tapi juga mampu mendongkrak sisi elegan dan kemewahan.

Sayangnya, mayoritas smartphone berbodi metal banderolnya relatif menguras kantong. Rata-rata diperuntukkan bagi konsumen di level menengah ke atas. Imbasnya, meski terpikat sebagian dari kita menahan diri, bahkan mengurungkan niat untuk memboyong smartphone tersebut.

Guna mengakomodasi kebutuhan konsumen akan produk smartphone berpenampilan mewah dengan bodi logam, para vendor mulai berlomba menelurkan ponsel macam ini. Namun sengaja dirancang pada skema harga yang terjangkau, agar lebih mengena ke masyarakat banyak.  

Bila kita pantau di pasaran saat ini, setidaknya ada beberapa smartphone model baru sudah mengadopsi casing logam. Banderolnya pun terbilang ramah di kantong. Apa sajakah?  

1. Hisense F30 PureShot Lite

Rp 1.599.000

Produk ini bagian dari keluarga Pureshot besutan Hisense, yang mengedepankan kemampuan fotografi. Tongkrongan bodinya dari bahan logam, yang tidak hanya membuatnya terlihat kokoh tetapi juga mewah.


Banderolnya ekstra terjangkau di angka Rp.1,5 jutaan, tetapi Pureshot Lite menawarkan fitur dan spesifikasi yang terbilang apik di kelasnya. Ponsel ini telah mendukung teknologi jaringan 4G LTE, untuk akses internet super cepat. Layarnya IPS (In-Plane Switching) berukuran 5.0 inci HD (720p), yang sudah memadai untuk memberikan tampilan lembut dan jernih.

Dapur pacu Hisense F30 Pureshot Lite berupa CPU Quadcore, yang disokong RAM 2 GB dan memori internal 16GB. Ruang simpan itu pun bisa diperluas via slot kartu microSD. Nah, untuk fotografi, smartphone ini mengandalkan kamera kaliber 8 megapiksel di bagian belakang dan kamera depan 5 MP. Artinya, foto selfie bakal bisa diakomodasi dengan baik pada ponsel yang mengandeng penyuplai daya berkapasitas 2500mAh ini.

2. Polytron ZAP6 Power 4G502

Rp 1.849.000

Kehadirannya di pasar belum seberapa lama. Namun pesonanya sudah mampu memikat konsumen. Tak lain dikarenakan ZAP6 Power 4G502 ini dilengkapi kekuatan fitur dan desain yang menarik. Ponsel Polytron ini tampil berselimutkan logam, dengan kelir emas. Tongkrongan bodinya mantap dalam genggaman, berasa kokoh dan solid.

Nilai plus lainnya adalah dukungan baterai monster, berkapasitas jumbo 5800mAh. Alhasil dirasa tak perlu lagi piranti powerbank dalam pemakaian kesehariannya. Juga dilengkapi fitur pemindai sidik jari (fingerprint), untuk memberikan proteksi tambahan terhadap data-data pengguna di dalam ponsel.

Untuk mendukung kinerja, Zap6 Power ditenagai chip Mediatek MT6735A, dengan prosesor quad-core 1.3GHz berpadu RAM 2GB dan penyimpanan internal 16GB. Layarnya 5.0 inci pada resolusi HD (720x1280 piksel). Sistem operasinya yaitu FiraOS, berbasis pada Android 5.1 Lollipop. Lalu di sektor fotografi, smartphone ini melekatkan kamera kelas 8 MP di belakang dan 5 MP di bagian muka.

3. Flash Plus 2

Rp 1.999.000 (2/16)

Rp 2.199.000 (3/32)

Smartphone ini mewarisi gen kamera Mobigraph yang sudah menjadi ciri khas keluarga Flash. Flash Plus 2 dibalut rangka metal, dengan dukungan sensor sidik jari, pengisian daya cepat dan audio HiFi. Tenaganya adalah chipset Helio P10, pada ekosistem sistem operasi Android 6.0 Marshmallow.

Layar Flash Plus 2 berdiagonal 5,5 inci. Kameranya mengusung fasilitas PDAF dan kontras fokus, dimana hanya 0.1 detik dari keselarasan fokus, yang memungkinkan pengguna untuk memotret momen singkat tanpa blur. Ponsel ini pun disokong chip pengisian daya cepat (fast charging) TI BQ25896 dan teknologi isi cepat 9V /1.67A, dimana dapat mengisi 50% baterai hanya dalam waktu 30 menit dan dipakai telpon kontinyu selama 10 jam.  

4. Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Rp 2.599.000

Meski tampil bongsor, smartphone ini terlihat menawan dalam dandanan bodi berbahan logam. Konstruksi dan tekstur bodinya enak dalam genggaman. Cukup nyaman pula dipakai bermain game. Apalagi bodi metalnya mampu mendistribusikan keluaran panas lebih cepat dan merata, untuk menghindarkan panas berlebih (overheat).  

Redmi Note 3 yang hadir di pasar Indonesia diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 650, dengan kombinasi prosesor Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53 & Dual-core 1.8 GHz Cortex-A72. Mesin grafisnya (GPU) Adreno 510, yang merupakan salah satu yang terkuat saat ini. Layar IPS-nya lebar 5,5 inci, pada resolusi full HD (1080p).

 

Redmi Note 3 memiliki fasilitas fotografi yang bagus. Ada kamera utama 16 MP yang didukung fitur PDAF, dual-LED flash dan daya rekam video beresolusi full HD (30 fps). Sementara di bagian depan bercokol kamera 5 megapiksel, dengan kemampuan rekam video full HD pula.

 

Smartphone ini dibekali memori RAM 2GB dan penyimpanan internal sebesar 16GB. Bila kurang bisa memanfaatkan kartu memori microSD sampai kapasitas 128GB. Sayangnya, ponsel ini masih 4G Ready, belum aktif teknologi jaringan LTE-nya.

5. Huawei GR3

Rp 2.699.000

Dandanan desainnya cukup mewah, dengan layar 5 inci (HD 720p). Bingkai unibodi-nya menggunakan bahan paduan alumunium, dengan proses akhir Ceramic-sand-blasting yang menjadikan smartphone Huawei GR3 ini berkesan modis dan artistik.

Huawei GR3 ditenagai chip MediaTek MT6735T, dengan prosesor octa-core 1,5GHz. Memori RAM-nya sebesar 2GB, ditemani penyimpanan internal 16GB. Itu pun masih bisa ditambah hingga 128GB dengan kartu microSD.

Hal menarik lain dari ponsel Android 5.1 Lollipop (EMUI 3.1) ini adalah kameranya. Seri GR3 ini dilengkapi piranti pengabadi gambar kaliber 13 MP di bagian belakang dan 5 MP di sisi depan.  Teknologi 4G LTE juga ada padanya, untuk akses internet mobile yang cepat.