pulsa-logo

5 Smartphone Bergaransi Distributor Banjiri Pasar


Deni Hardian

Kamis, 16 Maret 2017 • 13:42


Pasar ponsel tanah air menjadi magnet yang kuat bagi para vendor ponsel dalam menghadirkan perangkat smartphone terbarunya. Dengan diterapkannya aturan TKDN yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia, vendor semakin sulit untuk memasukan perangkat smartphone terbarunya di Indonesia secara resmi.

Meski dicap sebagai produk Black Market (BM), namun hal ini tidak menjadi halangan para pecinta ponsel tanah air untuk memiliki smartphone tersebut. Diakomodasi para distributor ponsel, saat ini ada 5 smartphone baru yang mulai diedarkan dipasaran. 5 smartphone terbaru tersebut adalah Sony Xperia e5, Sony Xperia XZ, Sony Xperia X Compact, Xiaomi Mi 5c dan Xiaomi Redmi 4X. Kelima smartphone baru ini mulai tersedia melalui toko online ternama di Indonesia yakni Tokopedia.

Seperti diketahui, saat ini Sony Mobile Indonesia seperti mati suri karena sudah tidak terlalu aktif di pasar Indonesia. Berbeda dengan Sony, Xiaomi sebenarnya sudah mulai serius dalam memasuki pasar Indonesia dengan memenuhi aturan yang diterapkan oleh Pemerintah. Namun, tipe produk yang beredar secara resmi masih sangat terbatas.

Namun apa saja sih yang ditawarkan smartphone terbaru Xiaomi dan Sony yang baru beredar di Indonesia? Penasaran, simak ulasan singkatnya berikut ini.

1. Sony Xperia E5

Rp 2.350.000


Smartphone terbaru Sony yang membidik kalangan menengah bawah ini merupakan versi upgrade dari Sony Xperia E4 yang sudah beredar lama dipasaran. Sony Xperia E5 dikemas bersama layar 5 inci beresolusi HD (720p). Dimensi bodinya 144 x 69 x 8,2mm dan berat 147 gram, lumayan ramping. Tenaganya berupa chip MediaTek MTK6735, dengan prosesor quad-core 1,3GHz. Sistem operasinya Android 6.0 Marshmallow.

Nah, besaran memori RAM milik Xperia E5 ini masih di angka 1,5GB, tak hanya itu, ponsel ini juga dibekali dengan baterai berkapasitas 2700mAh. Untuk kemampuan fotografi, Sony tampaknya cukup serius di lini produk Xperia-nya, termasuk di Xperia E5. Ponsel ini dilengkapi kamera belakang 13 MP didukung lampu flash LED. Juga kamera 5 MP di bagian depan, ditemani lampu flash LED pula. Layaknya smartphone kekinian, teknologi 4G LTE (Cat.4) telah tertanam di dalamnya. Dan, akan dihadirkan opsi perangkat dengan dukungan dual SIM. Itu akan bermanfaat bagi pengguna yang memiliki 2 nomor ponsel.

2. Sony Xperia XZ

Rp 6.500.000

Xperia XZ memfokuskan diri pada kekuatan fitur, desain, performa, kamera dan daya tahan baterai. Xperia XZ menyematkan layar sentuh IPS berdiagonal 5,2 inci, pada resolusi full HD (1080p) dengan teknologi TRILUMINOS plus X-Reality. Kekuatan dapur pacunya mengandalkan chip Snapdragon 820, didukung RAM 3GB dan memori internal 32GB. Keunggulan lain dari ponsel pintar Sony ini berada di sektor kamera. Model Xperia XZ melekatkan kamera utama 23 MP (f/2.0).

Mengusung sensor Sony terbaru IMX300, yang menawarkan sistem autofokusnya lebih mumpuni, yaitu Triple Image Sensing. Meski tak dibekali dengan OIS, Sony fokus pada fitur SteadyShot Inteligent Active Mode, yang padanya telah menggunakan pengukuran gyroscope 5-axis untuk menciptakan kestabilan pengambilan foto dan video. Untuk baterai, Xperia XZ hadir dengan kapasitas 2900mAh. Di sini mendukung fitur Quick Charge 3.0. Uniknya, baterainya dilengkapi kemampuan adaptif charging, yang berguna untuk memperpanjang umur baterai.

3. Sony Xperia X Compact

Rp 4.950.000

Memulai debutnya pada September 2016 yang lalu, di Indonesia Sony Xperia X Compact hadir bersamaan dengan seri Sony Xperia X lainnya. Disebut-sebut sebagai versi mini Sony Xperia XZ, Sony Xperia X Compact memiliki ketebalan body yang mencapai 9,5mm, tetapi berkat profil desain dan layarnya maka ponsel ini terlihat dan terkesan lebih ramping. Balutan bodi Xperia X Compact terbuat dari bahan plastik. Untuk teksturnya pihak Sony mengatakan terinspirasi dengan material keramik.

Untuk urusan dapur pacu, Xperia X Compact dirancang setara model Xperia X. Tenaganya berupa chip Qualcomm Snapdragon 650, dengan prosesor Hexa-core dan RAM 3GB. Layarnya berukuran lebih mungil dibanding Xperia XZ, yaitu 4,6 inci pada resolusi 720p (720x1280 piksel). Teknologi TRILUMINOS dan X-Reality ikut pula dijejalkan ke layarnya. Di lini kamera, smartphone Sony Xperia X Compact tercatat memboyong apa-apa yang dijejalkan ke dalam Xperia XZ. Kekuatan resolusinya 23 MP, dengan memakai sensor IMX300 berteknologi Triple Image Sensing. Termasuk pula fitur SteadyShot Inteligent Active Mode. Juga ada kontrol shutter manual untuk kameranya.

Bedanya, kamera Xperia X Compact tak bisa mengambil video kualitas 4K. Kekuatan kamera depannya pun bukan level 13 MP, melainkan sebatas 5 MP. Port USB Type-C dan teknologi pengisian baterai Quick Charge 2.0 dan adaptive charging dimiliki ponsel pintar Sony ini.

4. Xiaomi Mi 5c

Rp 4.300.000

Xiaomi Mi 5c menjadi smartphone pertama Xiaomi yang hadir dengan chipset buatan sendiri dengan dukungan prosesor octa-core 2.2 Ghz. Chipset yang memiliki nama Surge S1 ini diklaim memiliki kinerja yang lebih baik dibanding chipset sekelasnya.

Chipset yang tertanam juga didukung dengan kinerja grafis quad-core Mali-T860. Tertanam pula dukungan RAM sebesar 3GB LPDDR3 plus kapasitas memory internal sebesar 64GB (eMMC 5.0). Hadir dengan tampilan antar muka MIUI 8 berbasis Android 6.0 Marshamallow yang diklaim akan mendapatkan pembaharuan OS Android  7.1 Nougat. Layaknya ponsel pintar masa kini, Xiaomi Mi 5c dibekali dengan beragama fitur terkini mulai dari balutan body metal, sensor pemindai sidik jari, sensor infra merah dan VoLTE. Tak hanya itu, dukungan koneksi yang tertanam pun terbilang lengkap, Mi 5c hadir dengan dukungan WiFi 802.11 ac dual-band, Bluetooth 4.1, GPS, USB Type-C.

Smartphone yang memiliki dimensi body 144.38 x 69.68 x7.09 mm dan bobot sekitar 135gram ini juga dibekali dengan fitur fotografi yang mumpuni. Tercatat, perangkat ini membenamkan sensor kamera beresolusi 12 megapiksel yang didukung dengan LED flash, 1.25 µm pixel size, f/2.2 aperture, serta 6P lens 27-mm lensa wide-angle. Sementara itu untuk kamera depannya perangkat ini membenamkan resolusi kamera 8 megapiksel dengan aperture f/2.0 dan lensa wide-angle 27mm.

Untuk bagian antarmukanya, tertanam panel layar berukuran 5.15 inci beresolusi full HD 1080p yang dibalut dengan layar lengkung dan memiliki 94.4% of the NTSC color gamut, 550 nits brightness, 1500: 1 contrast ratio. Tak hanya itu, smartphone berkapasitas baterai 2860 mAh ini juga dibekali dengan fitur fast charging dengan dukungan 9V/2A.

5. Xiaomi Redmi 4X

Rp 1.700.000

Perangkat ini hadir dengan tampilan layar berukuran 5.0 dengan kaca 2.5D dan memiliki resolusi layar HD 720p. Meski masuk dalam kategori smartphone dengan harga terjangkau, Xiaomi Redmi 4X dibekali dengan perbendaharaan hardware yang cukup menarik. Perangkat ini hadir dengan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 435 yang dikombinasikan dengan RAM 2GB dan kapasitas memory internal sebesar 32GB dan 64GB. Tersedia pula slot kartu  microSD yang bisa ditambahkan hingga 128GB.

Untuk fitur fotografinya tak jauh berbeda dengan smartphone seri Redmi sebelumnya, dibagian belakang tertanam kamera belakang beresolusi 13 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel. Smartphone dengan dukungan simcard hybrid ini juga membenamkan fitur sensor pemindai sidik jari dan sensor infra merah. Tersedia pula dukungan fitur VoLTE, WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2 dan GPS. Untuk menunjang dayanya telah tertanam baterai berkapasitas 4100 mAh.

Sumber: Tokopedia