pulsa-logo

9 Smartphone dan Tablet Baru di Bulan Mei, Yang Mana Pilihanmu?


Deni Hardian

Jum'at, 12 Mei 2017 • 15:01


Meski pertumbuhan pasar smartphone dunia cenderung stagnan, namun pasar ponsel Indonesia masih menawarkan potensi yang seksi bagi para vendor. Belum lagi gaya hidup orang Indonesia yang gemar gonta-ganti hp menjadi alasan bagi para vendor untuk tetap rajin memasarkan produk terbarunya di sini. Tak hanya ponsel bergaransi resmi, pasar ponsel tanah air tetap dihiasi oleh smartphone maupun tablet PC non garansi alias bukan dijual oleh distributor resmi.

Standar regulasi TKDN yang kian sulit membuat para distributor ponsel nakal memainkan perannya untuk tetap memasukan ponsel yang belum memenuhi syarat untuk dimasukkan ke pasar ponsel tanah air dengan cara yang tidak resmi. Meskipun begitu, produk ilegal yang beredar tetapmenarik konsumen dikarenakan label harga yang lebih murah meski resiko kerusakan tidak mendapatkan jaminan garansi yang memadai.

Di pasaran saat ini setidaknya ada 7 vendor ponsel dan tablet yang menggelontorkan produk baru. Nama-nama besar masih mendominasi pasaran dengan produk andalan terbarunya. Dimulai dari vendor smartphone yang mengandalkan fitur selfie yakni Oppo dan Vivo, Samsung yang mulai lagi mengedarkan tablet premium terbarunya, LG yang diwakili dengan dua smartphone andalannya, hingga Infinix dan Coolpad yang menggoda dengan dual-kamera, juga bakal adanya smartphone dual-kamera terbaru Asus dan dua tablet generasi terbaru dari Apple iPad.

Apa saja yang ditawarkan masing-masing produk baru yang beredar dipasaran, simak ulasan singkatnya berikut ini:

1. Oppo F3

Rp 4.399.000

Setelah memulai debutnya beberapa waktu yang lalu, Oppo pun langsung menggelar pemesanan pre-order perangkat ini. Tak tanggung-tanggung 30 ribu unit disiapkan Oppo untuk para penggemarnya. Menariknya, dalam masa pemesanan ini Oppo akan memberikan merchandise berupa tas dengan lisensi klub sepakbola ternama yakni FC Barcelona yang bernilai Rp1.199.000. Smartphone selfie kamera besutan Oppo ini cukup menarik, dengan mengandalkan dual-kamera depannya yang beresolusi 16 megapiksel memiliki keunggulan teknologi dual-front selfie camera pada F3, mempermudah pengguna mengambil group selfie karena, tidak perlu lagi bersusah-payah agar semua orang dapat masuk ke dalam frame ketika mengambil group selfie. Dengan sudut pandang 2x lebih luas, pengguna tidak perlu repot membawa selfie stick karena kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan teknologi OPPO F3.


Tak hanya itu, OPPO F3 dikemas dengan fitur yang akan memenuhi penggunaan sehari-hari konsumen. Menggunakan teknologi terbaru Lightning-Fast Touch Access merupakan salah satu fitur pemindai yang tercepat di pasaran, sehingga pengguna dapat membuka perangkat hanya dalam hitungan waktu 0,2 detik. Perangkat ini menggunakan prosesor delapan inti yang didukung RAM 4GB dan ROM 64GB serta menawarkan triple-slot tray yang dapat menampung dua kartu SIM Nano 4G. Kehadiran tray microSD memungkinkan penyimpanan internal perangkat ini diperluas hingga 128GB.

2. Vivo V5s

Rp 3.799.000

Berbeda dengan Oppo F3 yang mengandalkan dual-kamera sebagai nilai jual utamanya, kehadiran Vivo V5s baru-baru ini lebih memfokuskan pada besaran piksel kamera depan yang tertanam. Tak tanggung-tanggung, kamera depan Vivo V5s sudah memiliki resolusi 20 megapiksel.  Vivo V5s hadir dengan teknologi Selfie Softlight terbaru yang memberikan solusi agar kulit cerah Anda tetap terlihat meski diabadikan dalam lingkungan dengan pencahayaan yang kurang. Softlight foto merupakan teknik fotografi dimana cahaya yang di berikan kepada objek menjadi merata dan menghasilkan gambar yang halus. Hasil foto selfie Vivo V5s ditunjang dengan kamera depan yang mumpuni beresolusi 20MP yang dirancang khusus dengan sensor Sony IMX376. Anda akan merasakan pengalaman selfie ke level yang lebih tinggi dengan hasil foto yang indah, tajam, serta warna-warna alami dalam setiap foto.

Mengambil foto Wefie dengan bersama teman-teman juga akan lebih mudah. Ini berkat fitur terbaru Group Selfie yang ada pada Vivo V5s. Tekan tombol kamera V5s Anda dan putar dari arah kanan kekiri untuk mengaktifkan fitur ini. Anda akan mendapatkan hasil grup selfie yang sempurna tanpa perlu berdesakan. Untuk mewujudkan kegemaran Anda dalam berfoto, Vivo V5S juga didukung dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB sehingga akan terasa nyaman walaupun menyimpan banyak file foto hasil selfie Anda, karena V5S punya performance oke, dan memori penyimpanan yang besar.

3. Vivo Y53

Rp 1.999.000

Tak hanya mengedarkan smartphone selfie terbarunya, Vivo diam-diam juga telah mengedarkan smartphone barunya yang bertajuk Vivo Y53. Hadir dengan varian warna Crown Gold dan Space Gray, Vivo Y53 membenamkan tampilan antarmuka Funtouch OS 3.0 yang berbasis sistem operasi Android 7.0 Nougat. Untuk layarnya telah tertanam panel layar sentuh berdimensi 5.0 inci plus resolusi layar qHD ((960 x 540 piksel). Untuk mendukung kinerjanya telah tertanam chipset Qualcomm Snapdragon 425 yang berpasangan dengan grafis Adreno 308. Tertanam pula dukungan RAM sebesar 2GB plus media simpan data sebesar 16GB. Jika dirasa tidak cukup tersedia pula selot kartu microSD untuk menambah daya simpan data pengguna.

Menariknya, perangkat ini dibekali dengan fitur Eye protection yang melindungi mata pengguna dari sinar biru. Selain itu, perangkat ini juga dibekali dengan fitur VoLTE yang memberikan kemudahan untuk melakukan panggilan telfon dan video dengan kualitas suara yang lebih jernih dan tajam. Masuk ke sisi fotografi, Vivo Y53 hadir dengan kamera utama berkekuatan 8 megapiksel yang dibalut dengan aperture f/2.0 dan lampu flash LED. Sementara untuk mengakomodasi aksi selfie dibagian depan telah tertanam kamera beresolusi 5 megapiksel yang disupport dengan bukaan lensa f/2.2 dan screen flash.

Vivo Y53 hadir dengan baterai berkapasitas 2500 mAh untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Perangkat ini juga dibekali dengan fitur dual-SIM dengan kemampuan mengakses jaringan 4G LTE. Hadir pula dukunga WiFi, Bluetooth 4.2, GPS, port microUSB 2.0, USB OTG dan FM Radio.