Atrk
ads skin gagal

Sharp R1 VS Moto E4, Adu Pintar Smartphone Di bawah Rp2 jutaan

  • Deni H
  • Monday, 23 October 2017 16:47
  • Published in Rekomendasi

Gbr Utama 2 Images Data 2017 Oktober Thumb Other400 0

Melimpahnya produk smartphone baru yang tersedia dipasaran memberikan alternatif bagi Anda untuk memiliki perangkat smartphone yang dengan bujet dan kebutuhannya. Smartphone yang beredar saat ini sangat bervariasi, mulai dari harga yang sangat terjangkau hingga smartphone yang dihargai hingga belasan juta rupiah. Namun bagi anda yang memiliki bujet terbatas anda tak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak smartphone baru yang hadir dengan harga yang terjangkau namun dibekali dengan spesifikasi serta fitur terkini.

Untuk adu fitur kali ini, PULSA ingin mengulas smartphone dengan harga 1,8 juta-an yang tersedia dipasaran. Adalah Motorola Moto E4 dan Sharp R1, kedua smartphone yang tersedia dipasaran ini hadir dengan label harga yang tak jauh berbeda begitu pula spesifikasi serta fitur yang ditawarkan. Ponsel pintar mana yang lebih layak untuk dibelli? Simak ulasannya dibawah ini.

SpekSpek

Desain dan Display

Motorola Moto E4: 144.5 x 72 x 9.3mm;  150 gram; 5.0 inci 720 x 1280pixel; IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors

Sharp R1 : 147.9 x 73.3 x 8.75 mm, 153 gram; 5.2 inci (720 x 1280 pixels), IPS LCD, Natural Aqua 2.5D

Daris sisi desain, Sharp R1 tampil menawan dengan material yang dikenakan, terutama untuk panel belakang dan bingkai smartphone ini yang menggunakan bahan logam. Sementara di area depan, Sharp R1 juga telah menempelkan panel layar berukuran 5.2 inci yang sudah mengadopsi kaca lengkung 2.5D.

Bicara soal bentuk, Sharp R1 tampil dengan desain uni body dan berformat persegi panjang dengan empat sudut tumpul agak membulat. Masuk ke sisi layar, Sharp R1 dibekali panel layar 5.2 inci,beresolusi HD 720p yang dibalut dengan teknologi Natural Aqua Screen yang mampu memberikan tampilan layar yang lebih jernih dan tajam. Dengan label harga yang cukup terjangkau, Sharp R1 dibekali dengan sensor pemindai sidik jari dibagian belakang, begitu pula dengan lubang speaker juga tertanam pada bagian belakang body.

Sementara untuk Moto E4 tampil menawan layaknya ponsel Motorola lainnya yang sekelas. Hadir dengan balutan material body metal perangkat ini menggunakan panel layar berukuran 5.0 inci dengan resolusi HD namun hanya dibekali dengan teknologi layar IPS. Untuk sensor pemindai sidik jari tertanam dibagian depan bersamaan dengan tombol home.

Menerapkan baterai removable, namun desain yang elegan dengan balutan metal halus membuatnya terlihat premium. Saat digenggam juga terasa kokoh dan mantap.

Pada bagian depan, fingerprint diletakkan di bawah layar yang juga berfungsi sebagai tombol menu home. Meskipun begitu, ponsel ini menyediakan floating menu untuk back, home dan multitasking. Kamera depan diletakkan di kanan, sedangkan LED flash di kiri setelah lubang speaker. Tombol power dan volume berada di sisi kanan. Port audio di sisi atas dan port data/charging di sisi bawah.

Dari sisi desain dan layar, Sharp lebih diatas angin dengan ukuran layar yang lebih besar dan kemudahan menjangkau sensor sidik jari yang berada dibagian belakang yang memudahkan penggunaanya. Selain itu, kualitas layar yang ditawarkan Sharp juga sedikit lebih baik dibanding Moto E4.

kelengkapan Moto E4kelengkapan Moto E4

Hardware

Motorola Moto E4: MediaTek MT6737 Quad-core 1.25 GHz , GPUMali T720; RAM 2GB, memory internal 16GB; Baterai 2800 mAh

Sharp R1: MediaTek MT6737 Quad-core 1.25 GHz , GPUMali T720; RAM 3GB, memory internal 32GB; Baterai 4000mAh

Beralih ke bagian kinerja, baik Sharp R1 dan Moto E4 sama-sama dibekali dengan chipset Mediatek MT6737 yang memiliki prosesor quad-core 1.25GHz. Sepintas kedua perangkat ini sama-sama memiliki kinerja yang setara. Namun nyatanya, Sharp memiliki kinerja yang lebih baik karena memiliki dukungan RAM dan memory internal yang lebih besar yakni 3GB dan 32GB. Sedangkan Moto E4 hanya dibekali dengan RAM sebesar 2GB dan memory internal  hanya 16GB.

Dari kapasitas RAM yang disediakan, Sharp R1 lebih menjanjikan dari sisi kinerja dengan aksi multitasking yang lebih banyak. Tak  hanya itu, daya tahan baterai Sharp R1 juga jauh lebih baik dibandingkan Moto E4 karena Sharp R1 dibekali dengan baterai berkapasitas 4000 mAh yang memberikan daya tahan yang lebih lama. Sementara Moto E4 hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 2800 mAh.

Nilai lebih yang dimiliki oleh Sharp R1 adalah smartphone ini bisa dijadikan powerbank dadakan untuk mengisi perangkat smartphone lain yang kehabisan baterai. Sementara kelebihan Moto E4 adalah hadirnya fitur Quick Charge yang memberikan pengisian baterai lebih cepat.

kelengkapan Sharp R1kelengkapan Sharp R1

Sistem Operasi

Motorola Moto E4: Android 7.1Nougat

Sharp R1: Android 7.0 Nougat

Sisi sistem operasi yang tertanam, Moto E4 memiliki OS yang lebih update dibanding Sharp R1 yakni Android versi 7.1.1 Nougat sementara Sharp masih bertahan di versi 7.0 Nougat. Dari sisi tampilan keduanya sama-sama dengan tampilan UI khas ponsel pintar Android pada umumnya (pure Android) tanpa banyak tambahan aplikasi lain yang tertanam.

Moto E4 menambahkan aplikasi "Moto" dimana aplikasi ini terdiri dari 2 menu yaitu moto tindakan (gunakan isyarat sederhana untuk melakukan berbagai hal secara cepat) dan moto tampilan (menerima pemberitahuan sunyi dan warna layar yang disesuaikan secara otomatis pada malam hari). Dengan Moto Tindakan, Anda dapat menggunakan navigasi satu tombol atau gesek untuk mengecilkan layar. Sedangkan dengan Moto Tampilan, Anda  mengatur warna layar otomatis (tampilan malam) serta pemberitahuan muncul dan hilang secara perlahan.

Selain itu masih ada fitur ‘smart lock’ yang menyediakan banyak opsi untuk penguncian (selain pin, pola dan fingerprints) seperti deteksi tubuh, tempat terpercaya, perangkat terpercaya, deteksi wajah terpercaya dan kunci suara.

Konektivitas

Motorola Moto E4: 4G/LTE FDD 850MHz/900MHz/1800MHz, TDD 2300MHz, HSDPA/HSUPA/3G 2100MHz, EDGE/2G 900/1800MHz, WiFi IEEE 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2LE

Sharp R1: 4G/LTE FDD 850MHz/900MHz/1800MHz, TDD 2300MHz, HSDPA/HSUPA/3G 2100MHz, EDGE/2G 900/1800MHz, WiFi IEEE 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0 LE

Berbicara konektivitas yang ditanamkan, kedua perangkat ini tidak memiliki perbedaan yang berarti, keduanya sama-sama didukung dengan fungsionalitas dual-SIM dengan kemampuan mengakses jaringan 4G LTE. Fasilitas koneksi lainnya seperti WiFi, Bluetooth, GPS dan port microUSB 2.0 juga tersedia di kedua perangkat ini.

Perbedaan kecil ada pada teknologi Bluetooth yang tertanam dimana teknologi Bluetooth yang tertanam pada Moto E4 sedikit lebih baik karena memiliki versi yang terkini yakni 4.2 sedangkan Sharp R1 masih menanamkan versi 4.0. Tentunya kecepatan transfer pada Moto E4 sedikit lebih cepat dibandingkan Sharp R1

Fotografi

Motorola Moto E4: Belakang: 8 MP, LED flash, Geo-tagging, touch focus,. Video: 720p@30fps; Depan: 5 MP

Sharp R1: Belakang: 13MP, LED flash, Geo-tagging, touch focus, Video: 10800p@30fps; Depan: 8MP

Masuk ke bagian fotografi kualitas yang dihadirkan oleh Sharp R1 sedikit lebih baik dibandingkan oleh Moto E4 karena piksel yang dimiliki oleh Sharp R1 lebih besar dengan besaran 13 megapiksel sementara Moto E4 hanya memiliki resolusi 8 megapiksel. Untuk bagian depan, Sharp R1 membenamkan kamera depan beresolusi 8 megapiksel lebih besar. Sementara Moto E4 hanya dibekali dengan kamera depan beresolusi 5 megapiksel.

Kesimpulan

Di atas kertas dengan harga yang relatif sebanding, Sharp R1 menawarkan fitur yang lebih baik. Misalnya saja dari ketahanan baterainya dengan 4.000 mAh vs Moto E4 yang hanya dibekali dengan kapasitas 2.800 mAh.

Meski sama-sama menggunakan chipset serupa, Sharp R1 punya RAM 3 GB dan kapasipas penyimpanan 32 GB. Ssehingga, jika dibanding degan moto E4 yang hanya disokong oleh Ram 2GB plus 16 GB penyimpanan internal, keunggulan juga jatuh pada Sharp R1.

Lalu bagaimana dengan kamera? Masih berdasarkan spesifikasi, secara fitur tampak lebih baik Sharp R1 dengan 13 MP di belakang dan 8 MP di bagian depan dibanding dengan Moto E4, yang hanya menawarkan spek 8 MP dibagian belakang dan 5 MP di depan. Tapi untuk kualitas kamera memang masih harus diuji. Sebab, bukan berarti sensor dengan tangkapan gambar lebih besar akan menghasilkan gambar yang baik. Nah, untuk kamera kami serahkan pada keputusan Anda. (*)

Rate this item
(0 votes)