pulsa-logo

Ini Beberapa Pertimbangan yang Menjadikan Xiaomi Redmi 5A Layak Beli


dian iskandar

Kamis, 21 Desember 2017 • 11:58

Xiaomi,Redmi 5A,spek redmi 5A,harga Xiaomi redmi 5A,jual Xiaomi redmi 5A,benchmark redmi 5A,redmi,xiaomi indonesia,mifans indonesia


Dipenghujung 2017, Xiaomi kembali merilis smartphone kelas entry level di pasar smartphone Indonesia. Dan pada saat acara peluncuran berlangsung, Xiaomi mengklaim bahwa positioning mereka di Indonesia sudah ada di peringkat ketiga berdasarkan pangsa pasar yang diraihnya, Wow.

Nah, yang menarik dari perangkat terbaru yang diperkenalkan hari ini adalah, harganya yang cukup menggiurkan. Mungkin ini merupakan handset termurah Xiaomi yang pernah diluncurkan secara resmi di Indonesia.

Lalu apa yang menarik dari Redmi 5A ini, berikut fakta-fakta mengenai sosook smartphone murah terbaru Xiaomi ini.

Disain dan Layar

Xiaomi Redmi 5A memiliki bodi yang tipis dengan konstruksi unibodi. Di bagian depan membentang layar 5 inci LCD 16 juta warna dengan resolusi HD. Secara umum, ukuran ini tidak terlalu besar tapi masih nyaman digunakan. Bodinya menggunakan bahan plastik namun tetap memberi kesan mewah.  Yang paling menarik dari Redmi 5A ini ternyata slot microSD dibuat dedicated sehingga bisa menambahkan memori sekaligus tetap bisa memiliki dua SIM card di dalamnya.

Kamera

Kamera utama yang ada dibagian bekalang Xiaomi Redmi 5A memiliki kaliber 13 megapiksel. Namun, untuk mendukung hasil pemotretan yang baik, kamera ini sudah di dukung oleh Phase Detection Autofocus dengan aperture f/2.2.  Di bagian depan, Anda bisa menemukan kamera dengan besaran 5 megapiksel. Cukup untuk membidik swafoto atau untuk merekam video blog. Kualitasnya juga lumayan baik dengan aperture f/2.0


Kinerja

Kinerja Redmi 5A ditopang dengan chipset Snapdragon 425 dimana prosesor besutan Qualcomm ini juga banyak digunakan pada smartphone level menengah direntang harga Rp2 jutaan. Ditambah lagi, ukuran RAM sebesar 2GB akan menjamin multitastiing yang lancar.

Memiliki kapasitas memori ROM sebesar 16 GB, Redmi 5A pun sudah dibundel dengan OS terbaru yakni Android Nougat 7.1.2 yang dibalut dengan antarmuka MIUI 9. 

Anda bisa menikmati fitur khas Android Nougat seperti split screen yang memungkinkan membuka dua aplikasi dalam satu jendela. Misalnya membawa pesan Whatsapp sekaligus menonton video di Youtube. Ditambah fitur khas MIUI 9 yang memungkinkan Anda membuat dua partisi penyimpanan memori.

Semua fungsi di Redmi 5A ditopang oleh baterai lithium polymer dengan kapasitas 3000 mAh.  Artinya dengan harga yang ditawarkan, Anda mendapat kapasitas baterai yang jarang ditemukan di merek lain di rentang harga yang sama.

Sekilas kinerja Redmi 5A telah kami coba untuk memainkakn game moba Arena of Valor (AoV) dan hasilnya tak begitu mengecewakan. Jadi jika Anda termasuk menimbang membeli perngkat ini untuk bermian game moba, masih bisa diakomodasi.

Fitur unik

Meski dibanderol dengan harga terjangkau, Redmi 5A dibekali fitur-fitur unik seperti Mi Remote yakni aplikasi yang berfungsi sebagai remote untuk peralatan eletronik lainnya seperti TV, AC atau Home Theatre. Untuk hiburan, Anda juga bisa menemukan Radio FM. Fitur lainnya khas MIUI juga hadir, seperti Mi Drop yang punya kegunaan seperti aplikasi ShareIt dan masih banyak lagi.

Harga

Hal yang paling menarik dan ditunggu-tunggu pada saat pengumuman resmi Xiaomi Redmi 5A adalah soal harga. Dan benar saja, harganya bikin semua pengunjung di acara peluncuran yang dilangsungkan kemarin itu tercengang. Redmi 5A hanya dbanderol Rp999.000. Bahkan harga ini lebih murah dibandingkan harga yang dijual di negeri asalnya, Cina.

Baterai besar, chipset Snapdragon 425, kamera yang mumpuni dan RAM 2GB sudah pasti menjadi pertimbangan yang layak untuk meminang Redmi 5A. Buat Anda yang ingin mengetahui detail performa Xiaomi Redmi 5A, tunggu review kami selanjutnya. (*)