pulsa-logo

Beda Rp500 ribu, Pilih Mana Xiaomi Redmi 5A vs Nokia 2?


dian iskandar

Selasa, 16 Januari 2018 • 10:05


Buat Anda yang mungkin mengincar smartphone Android harga terjangkau, mungkin akan sulit memilih antara Xiaomi Redmi 5A dengan Nokia 2.

Berdasarkan pantauan di toko online, kedua produk ini hanya terpaut Rp500 ribuan. Banderol resmi Xiaomi Redmi 5A Rp999.000 sedangkan Nokia 2 Rp1.499.000. Nah dari selilis harga tersebut, apa saja yang ditawarkan keduanya?

Layar

Antara Xiaomi Redmi 5A dan Nokia 2, sama-sama menyandang layar 5 inci jenis TFT 16 juta warna. Perbedaannya adalah, Nokia 2 sudah dibekali pelapis layar Corning Gorilla Glass 3, sedangkan Redmi 5A tidak diketahui jenisnya. Jadi di sini, Nokia 2 lebih unggul,

Bodi

Sama-sama berada di level Rp1 jutaan, jangan harap Anda bisa mendapatkan peraangkat dengan bodi full metal, seperti halnya Xiaomi Redmi 5A ini dengan Nokia 2. Keduanya memang menggunakan  tulang berbahan alumunium tapi bodi belakangnya masing-masing berbahan polikarbonat. Jadi, di sisi ini kami anggap imbang.

Kamera


Di atas kertas, fitur kamera Xiaomi Redmi 5A terlihat lebih unggul terutama untuk ukuran sensor yang digunakan. Xiaomi Redmi 5A punya kamera tunggual di belakang 13 megapiksel sementara Nokia 2 hanya 8 megapiksel. Namun, keduanya sama-sama menawarkan sensor 5 megapiksel di bagian depan. Kemampuan merekam video Xiaomi Redmi 5A juga lebih mumpuni dengan hasil prekaman video 1080p sedangkan Nokia 2 hanya 720p. Tapi ingat, untuk mengetahui kualitas pada hasil foto dan perekaman video, harus tetap diuji lebih dulu.

Kinerja

Ini mungkin menjadi bagian paling krusial bagi sebagian orang. Soal kinerja, Nokia 2 harus mengakui keuunggulan Xiaomi Redmi 5A. Padanan chipset dan RAM Xiaomi Redmi 5A lebih baik. Redmi 5A dibungkus dengan chipset Snapdragon 425 dengan prosesor Quadcore 1,4 GHz dan RAM 2GB serta 16 GB penyimpanan, sementara Nokia 2 dikemas dengan Snapdragon 212 Quadcore 1,3 GHz, 1 GB RAM dan 8 GB penyimpanan

OS

Xiaomi Redmi 5A dan Nokia 2 sama-sama diluncurkan dengan sistem operasi Android Nougat. Bedanya, Redmi 5A dibalut dengan antarmuka MIUI 9, buatan Xiaomi, berbeda dengan Nokia 2 yang lebih mempercaayai Androis Stock murni. Keunggulannya adalah, Nokia 2 bakal lebih cepat menerima update OS maupun update patch keamanan dari Google.

Baterai

Tak perlu disangsikan lagi, untuk baterai, Nokia 2 lebih unggul. kapasitas yang ditawarkan mencapai 4100 mAh. Dilaman resmi Nokia mengklaim, perangkatnya mampu bertahaan hingga 2 hari pemakaian. Sedangkan Xiaomi Redmi 5A berbaterai 3000 mAh.

Fitur lainnya

Antara Xiaomi Redmi 5A dan Nokia 2, keduanya punya perangkat hiburan radio FM. Luamayan buat yang mungkin ingin mendengarkan lagu dari stasiun kesayangan tanpa kuota untuk  streaming.  Namun, Xiaomi Redmi 5A dibekali dengan port infrared sedangkan Nokia 2 tidak. Gunanya adalah, untuk memfungsikan perangkat Redmi 5A sebagai remote yang bisa digunakan pada perangkat elektronik seperti AC, TV, hingga home theatre. Tapi, untuk kelengkapan sensor, Nokia 2 lebih unggul karena memiliki tiga sensor yakni Accelerometer, proximity dan compass. Redmi 5A hanya punya sensor Accelerometer dan proximity.

Jadi, Anda pilih yang mana? Perbandingan ini kami simpulkan berdasarkan fitur yang ditawarkan. Tentu pilihan tetap ada di tangan Anda. (*)