pulsa-logo

Ikonik, 6 Ponsel Jadul Ini Layak Dikoleksi


dian iskandar

Selasa, 06 Februari 2018 • 09:45

samsung,nokia,motorola,iphone,ponsel jadul,ponsel kolektor,ponsel banyak dicari


Membeli ponsel memang tidak tepat untuk dijadikan investasi. Ini karena ponsel merupakan barang yang selalu mengikuti perkembangan terbaru dari teknologi telepon seluler. Akan tetapi, justru ketika Anda memiliki ponsle jadul yang masih berfungsi dengan baik, justru tak rugi untuk menyimpannya.

Jika bukan sekarang, mungkin di tahun-tahun depan nilai jual ponsel jadul akan meroket. Terlebih lagi jika kebetulan Anda adalah pemilik dari sekian banyak ponsel-ponsel bekas, maka pertimbangkanlah untuk menahan kepemilikan ponsel ada lebih lama lagi.

Nah, kira-kira ponsel apa saja sih yang layal untuk dikoleksi. Berikut daftar yang dibuat Phonearena deretan 7 ponsel ikonik yang telah diklasifikasikan oleh para kolektor dengan nilai jual yang tinggi.

Nokia 8110

image source: scmp.comimage source: scmp.com

“Kids jaman now’ sudah pasti tak kenal dengan Nokia 8110.  Maklum, ponsel ini keluaran tahun 1996 dan merupakan seri Nokia 8000 yang tergolong high end pada jamannya. Perangkat ini termasuk jadi incaran para kolektor karena memang modelnya yang unik. Di Indonesia Nokia 8110 pernah dijuluki “Nokia Pisang”, karena bentuk bodinya yang melengkung.


Apa yang membuat Nokia 8110 menjadi incaran para kolektor? Yang jelas, perangkat ini pernah muncul di film The Matrix pada tahun 1999. Ketika Neo mendapatkan sebuah paket, dan saat dibuka isinya adalah Nokia 8110.

Di ebay, harga Nokia 8110 saat ini dijual antara 55-500 doar As tergantung kondisi dan kelengkapannya.

Nokia 808 Pureview

istimewaistimewa

Ini bukan termasuk ponsel yang kelewat jadul. Nokia PureView sudah dilengkapi dengan sederet fitur canggih. Salah-satu fitur yang menonjol adalah pada sisi kamera. Perangkat ini diluncurkan 2012 silan, ini berarti umurnya hampir 6 tahun.

Menyandang sistem operasi Symbian, Nokia 808 PureView punya kamera 41 MP dengan sensor f 2/4 besutan Zeiss. Kualitas kameranya tak diragukan bahkan masih bisa bersaing dengan kaera ponsel yang ada saat ini. Berbekal dengan kamera tadi, Nokia 808 PureView wajib dikoleksi.

Meskipun ponsel ini tidak semahal deretan ponsel langka lainnya disini, tapi harga Nokia 808 Pureview cukup stabil. Faktanya, ponsel dengan kondisi bagus ini masih dijual bisa sampai dengan harga 200 – 300 dolar AS.

Samsung SPH-N270

image courtesy: mobile.review.comimage courtesy: mobile.review.com

Samsung PSh-N720 merupakan ponsel yang meggunakan disain dengan konsep masa depan. Ponsel ini juga yang pernah digunakan dalam film  The Matrix Reloaded dan digunakan oleh tokoh Morpheus.

Semenjak kemunculannya di film ini, sontak saja, ponsel ini langsung booming. Terlebih lagi, ponsel ini hanya diproduksi dengan jumlah terbatas, hanya sekitar 10.000 unit saja. Jika Anda beruntung, bisa mendapatkkan perangkat sekitar Rp700 dolar AS atau sekitar Rp9 jutaan.

Apple iPhone 2G (first generation)

Menjadi salah satu dari bagian revolusi gadget, iPhone generasi pertama ini masih memiliki disain yang aga kaku. Akan tetapi,semenjak munculnya iPhone generasi pertama ini, muncul sebuah gebrakan baru menganai bagaimana seharusnya ponsel berinovatif. Beberapa fitur yang dtawarkan seperti layar kapasitif, zoom pinch, scrolling kinetic dll, menjadi banyak digunakan.

Motorola Aura R1

image: biareview.comimage: biareview.com

Bentuknya tidak seperti ponsel kebanyakan. Perangkat ini memadukan kenyamanan dan disain dengan revolusi modern ditambah mekanisme yang unik. Motorola Aura R1 ini dirilis pada tahum 2008.

Yang membuat ponsel ini wajib dimiliki oleh kolektor adalah karena menggunakan bahan premium dengan desain seperti stainless steel dan safir. Banyak yang menyebutnya sebagai “Rolex-nya” ponsel, , mekanisme penggeseran swivel, atau layar resolusi circular. Roda gigi buatan dari swiss yang terbuat dari baja dan bantalan bola Rockwell juga memberikan keunikan yang biasanya hanya akan kita dapati pada sebagian besar jam tangan mewah.

Dengan harganya yang bisa mencapai 10.000 dolar AS, ponsel ini benar-benar layak dikoleksi karena keunikan dan kemewahannya.

Nokia 8800 Arte Carbon

image: mobile-review.comimage: mobile-review.com

Nokia juga pernah membesut ponsel-ponsel premium dan salah-satunya adalah Nokia 8800 Arte Carbon. Ponsel ini memiliki disain slider dan sudah menjalankan sistem operasi Nokia series 40. Dirilis pada tahun 2008, ponsel dibalut dengan bahan premium stainless steel, serat karbon, dan titanium.Disainnya berhasil memberikan kesan yang mewah nan cantik .

Sayangnya, ponsel ini sudah sangat langka  dan sudah menjadi incaran para kolektor. Ponsel seperti ini memang akan selalu kalah dalam siis fungsionalitas dibanding gadget saat ini. Akan tetapi jika kita bandngkan dari sisi disain, rasanya lebih banyak keunikan ponsel masa lalu. (*)

Sumber