pulsa-logo

Ini Daftar Smartphone yang Bisa Update ke Android Oreo via Project Treble


Nariswari

Kamis, 05 April 2018 • 10:52

Project Treble


Ilustrasi: Google Pixel, Foto: PULSAIlustrasi: Google Pixel, Foto: PULSA

Pada ajang Google I/O 2017 lalu, Google meluncurkan inisiatif bernama Project Treble untuk  mengatasi berbagai masalah terbesar yang muncul di pembaruan sistem operasi Android.

Dibutuhkan waktu yang tidak sebentar bagi smartphone Android untuk melakukan upgrade OS, terutama bagi ponsel yang bukan besutan Google, seperti ponsel Samsung, Huawei, Xiaomi, dan sebagainya.

Untuk mengatasi hal ini, Google bekerjasama dengan para vendor smartphone untuk mencoba membuat modul baru di dalam OS-nya yang akan dimulai dengan rilisnya Android Oreo. Modul inilah yang dinamakan dengan Project Treble.

Beberapa waktu lalu, Google memberikan solusi terbaru ke dalam Project Treble. Solusi ini memastikan bahwa sistem operasi dibagi menjadi dua dengan satu bagian yang didedikasikan untuk OS inti sementara yang lainnya adalah untuk kustomisasi yang diterapkan oleh OEM. Dengan ini, produsen smartphone tidak harus memodifikasi seluruh OS sebelum merilis pembaruan sehingga akan meningkatkan kecepatan saat rilis rilis OEM.

Meskipun demikian, ternyata  hanya ada beberapa smartphone Android yang telah sukses diperbarui dengan Project Treble.

Berdasarkan daftar yang dirilis oleh  XDA-Developers berikut smartphone berbasis Android yang berhasil di-update ke Android Oreo dengan Project Treble: Google Pixel, Google Pixel XL, Huawei Mate 9, Huawei Mate 10 Lite, Huawei Honor 7X, Huawei Honor 8 Pro, Huawei  Honor 9, Honor 9i, Huawei P10, Huawei P10 Lite, Huawei P10 Plus, Asus Zenfone 4, Razer Phone, dan Xiaomi Redmi Note 5 Pro.

Selain itu, semua perangkat berbasis Android Oreo, otomatis sudah mendukung Project Treble. (Naris/Ozi)


Sumber: 1, 2