pulsa-logo

Ini Dia 8 Smartphone Kamera Ganda dengan Layar Penuh


Deni Hardian

Jum'at, 06 April 2018 • 12:51


Smartphone dengan layar penuh saat ini memang tengah jadi target buruan pecinta gadget di tanah air. Desain bezel tipis yang dipadukan dengan aspek rasio layar 18:9 jadi andalan pabrikan ponsel Android untuk mendongkrak angka penjualan. Tawaran dimensi perangkat yang lebih kompak namun tetap dengan sajian layar lapang terbukti mendominasi pasar. Sementara tren ponsel dengan kamera ganda yang menawarkan gambar dengan efek bokeh juga belum surut popularitasnya di Indonesia.

 

Demi meraup untung besar tidak sedikit pula para pemain besar industri ponsel di tanah air yang menggabungkan dua kamera dan layar penuh pada produk yang dirilisnya. Di pasaran saat ini sudah cukup banyak smartphone dengan fitur layar penuh dan kamera ganda yang tersedia. Tak hanya di dominasi oleh vendor global, vendor lokal pun turut menghadirkan smartphone dengan kedua fitur ini. Menariknya lagi, label harga yang ditawarkan oleh vendor lokal jauh lebih terjangkau meskipun hanya dibekali dengan performa yang seadanya.

Dari pantauan PULSA saat ini sudah tersedia 8 smartphone dengan fitur layar penuh dan kamera ganda yang beredar di pasaran mulai dari Vivo, Asus, Wiko, Huawei, Honor, Luna, Evercoss dan yang terakhir adalah Mito.

Lalu kira-kira smartphone manakah yang menarik buat Anda bawa pulang? Simak daftar lengkapnya lewat tulisan rekomendasi berikut.

1. Vivo V9

Rp 3.999.000


Vivo V9 menyapa publik tanah air lewat sebuah acara peluncuran megah yang disiarkan secara langsung oleh 12 stasiun TV nasional pada akhir bulan Maret lalu. Smartphone ini hadir dengan layar 6,3 inci FullView Display yang dilengkapi oleh resolusi FHD+ serta aspek rasio 19:9. Di Indonesia, Vivo V9 jadi ponsel Android pertama yang tampil dengan desain layar poni mirip iPhone X. Kelebihan utama dari sang perangkat terletak pada kamera depan miliknya yang sudah dibekali oleh fitur AI Face Beauty dengan resolusi maksimal 24MP. Pabrikan smartphone yang berbasis di Tiongkok tersebut bahkan sudah menyiapkan sekitar 1 juta database swafoto di seluruh dunia yang akan dimanfaatkan untuk melatih algoritma kecerdasan buatannya.

Kinerjanya sendiri diotaki oleh chipset Qualcomm Snapdragon 450 yang ditopang dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB. Sementara kamera belakangnya terdiri dari sensor ganda dengan resolusi 13 dan 2MP. Kerja sama kedua sensor yang dibenamkan siap pula menghasilkan gambar dengan efek bokeh yang mempesona. Tambahan fitur kecerdasan buatan juga memastikan akurasi dan presisi dari foto yang dihasilkan menjadi lebih tinggi.

2. Huawei Nova 2i

Rp 3.599.000

Huawei Nova 2i pertama kali hadir pada akhir tahun 2017 lalu dengan layar seluas 5,9 inci yang diracik bersama dengan aspek rasio 18:9 dan resolusi 2160x1080 piksel. Desain minim bezel yang diadopsi juga menghasilkan dimensi perangkat yang seukuran dengan ponsel lain dengan diagonal layar 5,5 inci. Smartphone yang menjalankan OS Android Nougat ini juga sudah dilengkapi oleh antarmuka EMUI 5.1 yang disesuaikan untuk ponsel dengan konsep FullView Display.

Aspek kinerjanya ditenagai oleh chipset Kirin 659 yang mengusung prosesor octa core dengan arsitektur big.LITTLE yang terdiri dari empat inti berkecepatan 2.36GHz dan empat inti sisanya melaju dengan kecepatan lebih rendah yaitu 1,7GHz. Jeroan lainnya termasuk kombinasi RAM 4GB yang dipadukan bersama memori internal 64GB. Keseluruhan operasional perangkat ini disokong oleh baterai dengan kapasitas 3340mAh yang menghasilkan daya tahan sampai dengan dua hari cukup dalam sekali pengisian.

Sedangkan sektor pengambilan gambarnya dijejali oleh kombinasi kamera 16 dan 2 MP yang disertai pula dengan deretan fitur seperti PDAF, HDR, panorama dan lain sebagainya. Sementara untuk jepret selfie sudah disiapkan kamera berukuran 13 dan 2MP. Berbekal kamera ganda pada kedua sisinya, smartphone ini juga dapat dipakai untuk mengabadikan gambar dengan efek bokeh.

3. Luna G8

Rp 3.799.000

Produk yang meluncur pada akhir tahun 2017 lalu ini hadir dengan bentang layar seluas 6 inci yang dikombinasikan dengan aspek rasio 18:9 dan resolusi 1440x720 piksel. Sementara lapisan pelindung Corning Gorilla Glass juga disematkan agar smartphone ini lebih tahan dari goresan benda tajam. Sajian layarnya yang cantik juga turut ditemani pula oleh balutan kaca lengkung 2.5D yang membuat tampilan fisiknya terlihat lebih elegan.

Sektor dapur pacunya menggunakan chipset MediaTek Helio P25 yang mengemas prosesor octa-core dengan clock speed 2,6GHz. Bagian dalamnya juga didukung oleh RAM dengan kapasitas 4GB yang disandingkan bersama memori internal 64GB. Sementara untuk aspek fotografinya mengandalkan kamera ganda dengan resolusi 13 dan 5MP di bagian belakangnya. Menariknya, kamera depannya juga turut menggabungkan dua kamera dengan resolusi 20MP dan 8MP wide-angle. Smartphone yang menjalankan OS Android Nougat ini juga dilengkapi sejumlah fitur unggulan seperti App Multi-open yang memungkinkan pengguna untuk memiliki aplikasi yang sama dengan dua akun yang berbeda.

Meski sudah didukung oleh sensor pemindai sidik jari, Luna G8 juga dipersenjatai dengan fitur Face Unlock untuk membuka layar. Sedangkan untuk operasional sehari-hari smartphone ini juga sudah ditenagai oleh baterai dengan kapasitas hingga 4010mAh.

4. Honor 9 Lite

Rp 2.499.000

Mengemas bodi dengan dimensi berukuran 151 x 71,9mm, Honor 9 Lite hadir dengan bobot seberat 149 gram. Balutan panel kaca 2.5D pada kedua sisi depan dan belakangnya turut mempercantik tampilan fisiknya. Terlebih lagi dengan desain minim bezel miliknya yang dipadukan pula dengan layar seluas 5,65 inci serta aspek rasio 18:9. Resolusi layar yang mencapai 2160x1080 piksel juga ikut dihiasi pula oleh sistem operasi Android Oreo plus antarmuka EMUI 8.0.

Chipset Kirin 659 dipilih sebagai penopang kinerjanya. Memiliki clock speed 2,36GHz, Honor 9 Lite telah dibekali pula dengan RAM berukuran 3GB dan memori internal 32GB. Adapun untuk alat bidik gambarnya ditunjang oleh kamera ganda di bagian belakang dan depan yang hadir dengan kombinasi resolusi 13 dan 2 megapiksel. Sisi konektivitasnya juga tergolong lengkap dengan sudah dibenamkannya konektivitas 4G, Wi-Fi, Bluetooth dan GPS.

5. ASUS ZenFone Max Plus

Harga: Rp 2.799.000

ZenFone Max Plus M1 jadi produk pembuka bagi Asus di tahun 2018. Smartphone ini hadir dengan bentang layar lapang berdiagonal 5,7 inci. Kombinasi lain termasuk aspek rasio 18:9 serta resolusi 1440x720 piksel. Ponsel ini juga sudah menerapkan konsep On Screen Display untuk tombol navigasinya. Meski punya ukuran layar yang sangat lega, namun ponsel ini punya dimensi yang setara dengan smartphone standar berlayar 5,2 inci.

Sektor jeroannya memanfaatkan chipset MediaTek MT6750 yang terdiri dari delapan inti dengan clock speed 1,5GHz. Performa miliknya juga sudah didukung oleh kapasitas RAM sebesar 4GB dan memori internal 64GB. Pasokan daya perangkatnya ditenagai oleh baterai jumbo sebesar 4130mAh yang juga dapat difungsikan sebagai powerbank. Selain itu, Max Plus juga sudah mendukung fitur pengisian daya cepat.

Beralih ke aspek pengambilan gambar, Max Plus sudah dipersenjatai dengan kamera ganda 16 dan 8MP di belakang. Sedang untuk selfie sudah disiapkan kamera berukuran 16 megapiksel yang ditopang oleh efek bokeh.  Lebih ciamiknya lagi, pengguna ternyata dapat memanfaatkan kamera depannya untuk membuka layar yang tengah terkunci. Fitur yang lazim dikenali sebagai Face Unlock ini sayangnya hanya dapat berfungsi bila layar dalam kondisi menyala.

6. Wiko View Prime

Rp 3.799.000

Tak seperti smartphone layar penuh lainnya, kamera ganda yang tertanam hadir pada bagian belakang. Sementara Wiko View Prime lebih memilih menempatkan kamera ganda pada bagian depannya untuk mengakomodasi pecinta selfie. Perangkat ini hadir dengan bentang layar 5,7 inci serta resolusi 1440x720 piksel yang membawa aspek rasio layar 18:9. Jeroannya mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 430 yang dipadankan bersama RAM 4GB dan ruang penyimpanan internal 64GB. Wiko menggunakan baterai 3000mAh sebagai sumber untuk menghidupi perangkat ini.

Aspek fotografinya ditunjang oleh kamera selfie ganda yang merupakan kombinasi sensor 20 dan 8 megapiksel. Sektor pencahayaan perangkat ini juga ditopang oleh adanya lampu kilat LED di bagian depan. Adapun sensor 8 megapiksel miliknya dapat mengabadikan gambar dengan sudut tangkap yang lebih lebar. Paduan dua kamera depannya sanggup memproduksi gambar dengan mode portrait. Beranjak ke belakang, Anda dapat memanfaatkan sensor berkualitas 16MP yang dijejalkannya untuk mengabadikan gambar.

7. Evercoss U60

Rp 899.000

Jika Luna G8 lebih memilih segmen pasar menengah atas, Evercoss lebih memilih segmen entry-level dalam menghadirkan smartphone layar penuh yang di dukung kamrea ganda. Evercoss U60 Evercoss U60 4G hadir dengan layar berukuran jumbo dengan dimensi 5,7 inci, resolusi layar qHD+ (480 x 960p) plus rasio 18:9.

Tak hanya memiliki panel layar yang memukau, perangkat ini juga dibekali dengan kamera ganda dibagian belakang dengan resolusi 8MP + 2 MP. Sedangkan kamera depan yang tertanam telah dibekali dengan resolusi 8 megapiksel dengan tambahan lampu flash LED untuk memanjakan pecinta selfie. Untuk mendukung kinerjanya, Evercoss U60 4G hadir dengan dukungan prosesor quad-core 1.3GHz yang dikombinasikan dengan RAM sebesar 1GB, memory internal 8GB, baterai 3200 mAh serta slot kartu microSD. Apiknya lagi, perangkat ini juga di beragam fitur pendukung mulai dari smart gesture hingga yang lainnya.

8. Mito FullView A16

Rp 899.000

Smartphone terbaru Mito terbilang cukup menarik dari sisi fitur yang ditanamkan. Mengusung nama FullView, Mito FullView A16 menjadi smartphone pertama Mito yang hadir dengan konsep layar penuh yang saat ini menjadi tren ponsel masa kini. Dimensi layarnya adalah 5.0 inci dengan rasio 18:9.

Tak hanya menarik dari sisi layar yang ditanamkan, Mito FullView A16 juga dibekali fasilitas fotografi yang menarik dimana pada bagian belakang perangkatnya telah tertanam kamera ganda dengan konfigurasi 2MP+8MP yang ditambahkan dengan autofocus dan lampu flash. Sementara untuk aksi selfie, telah tertanam kamera depan 5MP.

Untuk mendukung kinerjanya, ponsel pintar berlayar penuh ini dibekali dengan prosesor quad-core 1.3GHz yang dikombinasikan dengan RAM 1GB dan memory internal sebesar 8GB. Tertanam pula baterai berkapasitas 2100 mAh untuk mendukung aktivitasnya sehari-hari. Melengkapi fitur yang menarik yang tersedia pada smartpone ini adalah dukungan akses jaringan 4G LTE dan OS Android 7.0 Nougat. Mito FullView A16 tersedia di pasaran dengan label harga Rp 899.000.  

(Dn/Gals)

 

LATEST TIPS-APPS

Mengatur Pesan SOS di Smartphone Asus
BackUp Cloud di CloudMAX

2018-04-10 20:49:42