pulsa-logo

4 Smartphone Terjangkau Berteknologi AI


Galing

Selasa, 22 Mei 2018 • 20:06

AI, Artificial Intelligence, Oppo, Vivo, Huawei, Xiaomi, Xiaomi Redmi Note 5, Huawei Nova 2 Lite, Oppo A71, Vivo Y71


Ilustrasi AI Beauty (Sumber: OPPO)Ilustrasi AI Beauty (Sumber: OPPO)

Kecerdasan buatan atau lazim dikenali sebagai Artificial Intelligence belakangan kerap digaungkan oleh produsen smartphone saat memasarkan ponsel garapannya. Menambah nilai jual, teknologi ini diklaim dapat meniru kerja otak manusia sehingga dapat membuat keputusan sendiri tanpa harus secara nyata diprogram untuk melakukannya.

Meski ada banyak jenisnya, kecerdasan buatan yang berjalan dengan basis perangkat lunak tampaknya telah jadi pilihan populer bagi sebagian perusahaan teknologi dunia. Fitur asisten virtual seperti Google Assistant, Alexa dari Amazon, Siri dari Apple hingga Bixby besutan Samsung memang banyak menghiasi perangkat pintar masa kini.

Tidak seperti Google Assistant yang ada pada setiap perangkat Android baru, sejumlah pabrikan ponsel pintar diam-diam juga telah ikut membenamkan fitur AI Camera yang diklaim dapat membantu perangkat membedakan objek yang dibidik guna menghasilkan foto yang jauh berkualitas. Tak hanya kamera belakang, selfie yang kini lagi naik daun juga tidak luput dari target bidikan penggarapan teknologi AI.

Nah bagi pembaca yang tertarik menjajal AI di ponsel namun hanya memiliki dana terbatas, daftar rekomendasi ponsel terjangkau berikut agaknya bisa menjadi panduan saat memilih ponsel.

1.    Vivo Y71

Sumber: PULSASumber: PULSA



Harga: Rp2.399.000

Datang dengan ukuran layar 6 inci, smartphone yang diposisikan sebagai varian terjangkau dari Vivo V9 ini hadir dengan resolusi HD+ serta aspek rasio 18:9. Menawarkan pengalaman yang nyaman untuk menonton dan bermain game, Y71 memiliki rasio layar ke bodi hingga 84.4%. Fitur eye protection yang dibenamkan juga siap mencegah mata pengguna dari kelelahan saat harus menatap layar dalam waktu lama.

Meluncur pada bulan April 2018, ponsel ini memang hanya mengusung kamera dengan resolusi 5 megapiksel yang berlokasi di bagian depan. Meski demikian, Anda tetap dapat menggunakan fitur AI Face Beauty yang dapat mengidentifikasi jenis kelamin, usia, warna dan tekstur kulit masing-masing pengguna serta menghasilkan efek yang tampak natural. Lewat teknologi serupa, perangkat akan mempelajari bentuk wajah dan kebiasaan fotografi pengguna agar swafoto yang dihasilkan terlihat lebih nyata. Adapun untuk bagian belakangnya dihuni oleh kamera utama dengan resolusi 13MP.

Berbicara soal kinerjanya, Y71 memakai chipset Qualcomm Snapdragon 425 yang merupakan prosesor dengan empat inti yang sanggup melaju dengan kecepatan 1,4GHz. Sementara ruang penyimpanan internalnya telah disiapkan sebesar 32GB dengan RAM berkapasitas 3GB.

2.    Oppo A71 (2018)

Sumber: PULSASumber: PULSA

Harga: Rp2.299.000 (RAM 3GB)

           Rp1.999.000 (RAM 2GB)

Ponsel yang meluncur pada awal tahun ini hadir dengan bentang layar 5,2 inci yang memiliki resolusi HD+ dengan aspek rasio 18:9. Tidak menanamkan sensor sidik jari, ponsel ini hanya menyertakan pola atau kata sandi sebagai gantinya. Sebagai produsen ponsel Android dengan selfie sebagai nilai jual utamanya, Anda juga bisa memanfaatkan fitur AI Beauty recognition yang diklaim mampu memindai hingga 200 titik wajah serta akan mempelajari karakternya supaya dapat menerapkan sentuhan make-up digital yang akan membuat foto yang dihasilkan terlihat lebih menarik tanpa harus khawatir tampak berlebihan.

Dengan dukungan algoritma yang dikembangkan OPPO bersama fotografer dan make-up artist profesional, teknologi ini juga akan sanggup membedakan karakter wajah berdasarkan dari struktur, jenis kelamin serta usia. Dengan demikian swafoto yang diabadikan akan terlihat cantik pada pengguna wanita atau tampan pada pengguna pria. Teknologi yang sama sebetulnya telah hadir lebih dulu pada OPPO F7 yang tentu saja merupakan varian paling canggih yang masuk ke pasar domestik. Mengingat harganya yang lebih murah, Anda hanya akan dapat menemukan kamera dengan resolusi 5 megapiksel pada OPPO A71. Beralih pada bagian belakang, pengguna dapat mengabadikan gambar dengan resolusi hingga 13 megapiksel.

Bergeser pada kinerjanya, A71 (2018) diotaki oleh chipset Qualcomm Snapdragon 450 yang ditemani dengan RAM 3GB dan ruang internal sebesar 32GB. Smartphone yang menjalankan OS Android Nougat dengan ColorOS 3.2 ini juga telah dilengkapi oleh fitur Clone Apps yang akan menduplikasi aplikasi agar pengguna dapat memiliki dua akun yang berbeda pada satu perangkat. Di luar itu, pengguna juga akan menemukan sejumlah fitur keamanan seperti App Lock, Kid Space dan Smart Lock.

3.    Xiaomi Redmi Note 5

Sumber: PULSASumber: PULSA

Harga Flash Sale: Rp2.999.000 (RAM 4GB)

                         : Rp2.499.000 (RAM 3GB)

Harga Offline: Rp3.499.000 (RAM 4GB)

Xiaomi Redmi Note 5 menggunakan layar berukuran 5,99 inci yang hadir dengan aspek rasio 18:9 serta resolusi FHD+. Seperti sudah diberitakan, ponsel ini dijual melalui metode flash sale dan offline dengan patokan harga yang berbeda. Tenaga pacunya memanfaatkan chipset Qualcomm Snapdragon 636 yang ditunjang oleh opsi RAM dan ROM masing-masing 3GB/32GB dan 4GB/64GB.

Perihal kemampuannya dalam mengabadikan gambar, smartphone ini dilengkapi oleh kamera dengan resolusi 12 dan 5 megapiksel. Hadir dengan diafragma f/1.9 dan piksel berukuran 1,4 mikron, Redmi Note 5 juga difasilitasi oleh teknologi dual PDAF sensor yang siap menjamin autofokus lebih gesit.

Berpaling ke bagian depan, Anda dapat menemukan kamera dengan resolusi 13 megapiksel yang sudah mendukung fitur AI Beauty 4.0 yang mampu menerapkan efek berbeda-beda sesuai dengan wajah masing-masing pengguna. Dilihat dari spek teknis, nampaknya kemampuan AI pada produk ini dibantu oleh hardware yang terdedikasi dalam prosesor (Neural Processing Engine). Sementara produk lain menggunakan hanya software untuk memunculkan kemampuan AI ini.

4.    Huawei Nova 2 Lite

Sumber: PULSASumber: PULSA

Harga: Rp2.599.000 (Flash Sale)

Huawei Nova 2 Lite mengusung layar berdiagonal 5,99 inci dengan aspek rasio 18:9 serta resolusi FHD+. Ponsel ini juga menampilkan desain yang ramping serta nyaman digenggam berkat panel kaca lengkung 2.5D yang digunakannya. Kinerjanya mengandalkan prosesor Qualcomm Snapdragon 430 yang diperkuat oleh RAM sebesar 3GB dan penyimpanan seluas 32GB.

Aspek fotografi bertumpu pada kamera ganda dengan resolusi 13+2 megapiksel yang tertanam di bagian belakang. Kombinasi dua kamera miliknya memungkinkan sang perangkat untuk mengabadikan gambar dengan efek bokeh yang istimewa. Sementara untuk sisi depannya sudah disematkan kamera berukuran 8MP yang dilengkapi oleh selfie toning flash serta 10 level beauty mode.

Berbekal sistem operasi Android 8.0 yang dipercantik oleh EMUI 8.0, smartphone ini juga telah memboyong sejumlah fitur kecerdasan buatan yang bersama dengan penyempurnaan F2FS file system memungkinkan adanya peningkatan efektivitas dan efisiensi sistem memori cache yang dapat mencegah perangkat jadi lambat seiring dengan berjalannya waktu. (Galing)