pulsa-logo

Adu Fitur Smartphone Rp1 Jutaan Buat Lebaran, Honor 7A vs Xiaomi Redmi 5


PULSA

Rabu, 06 Juni 2018 • 12:53

Honor,xiaomi,honor 7A vs Xiaomi Redmi 5,redmi 5,rekomendasi smartphone


Jika Anda termasuk salah-satu yang punya keinginan membeli smartphone baru di momen Lebaran ini, banyak pilihan yang mungkin bisa dijadikan incaran. Tapi bagi yang punya budget terbatas, Anda harus pintar-pintar memutar otak untuk mendapatkan smartphone idaman.

Nah, jika budget Anda kebetulan tak lebih dari Rp2 juta, kami coba berikan rekomendasi yang mungkin bisa Anda jadikan petunjuk. Ya, kami coba ulas mengenai dua sosok smartphone yang ada di level harga yang sepadan dan tak lebih dari Rp2 juta, yakni Honor 7A dan Xiaomi Redmi 5.

Honor 7A baru saja diperkenalkan oleh Honor Indonesia beberapa hari lalu, sementara Xiaomi Redmi 5 sudah melenggang lebih dulu di pasaran pada Februari. Tak terlalu tua juga sih, karena Redmi 5 juga masih eksis di pasaran hingga saat ini.

Lalu apa saja yang menarik dari dua smartphone ini? Sebelumnya kami coba ulas mengenai kiprah Honor di pasar ponsel tanah air.

Honor merupakan sub brand dari Huawei yang dikhususkan bagi teenager atau anak muda yang energik. Honor secara resmi mengumumkan kehadirannya di Indonesia sejak Maret 2018, jadi baru sekitar 3 bulan.

Di negeri asalnya, Honor sudah sangat populer dan menyumbang penjualan smartphone Huawei cukup besar. Posisi Huawei di Cina saat ini adalah sebagai pemegang pasar smartphone terbesar. Bahkan mengalahkan Samsung, Apple juga Xiaomi.

Nah di Indonesia, Honor boleh dibilang sangat serius dalam menggarap pasar smartphone khususnya untuk segmen anak muda. Meski baru tiga bulan, Honor sudah mengenalkan 4 produk. Mereka pasang target menjadi 3 besar pemain smartphone di Indonesia dalam 3 tahun mendatang. Produk terbaru merek adalah


Honor 7A yang sedang kami ulas bareng dengan Xiaomi Redmi 5. Ini dia beberapa catatan kami tentang kedua produk di level harga Rp1 jutaan.

Disain

Kedua produk ini menyandang disain uni bodi, artinya Anda tak akan menemukan tutup baterai di bagian belakang karena sudah menyatu dengan bodi.  Keduanya juga sama-sama menggunakan layar 18:9 dengan bezel tipis yang tampil kekinian. Ukuran layarnya juga punya besaran yang sama, yakni 5,7 inci dengan reolusi yang juga mirip 720x1440 piksel.

Jika disandingkan, antara Honor 7A dan Redmi 5 sekilas terlihat mirip. Namun yang membedakan adalah, bagian samping atau frame, milik Honor 7A dibuat lebih kinclong dari warna bodi. Begitu juga di bagian belakang, Honor 7A punya garis antenna yang lebih shine (kinclong). Sementara letak volume rocker dan lubang speaker pun mirip.

Nah, salah-satu kelebihan Honor 7A ketimbang Xiaomi Redmi 5 adalah pada bagian tray simcard. Honor 7A punya slot microSD terpisah bukan hybrid. Jadi, Anda bisa memasang dua SIM card dan microSD secara bersamaan. Sedangkan Redmi 5 masih mengandalkan sim tray hybrid, dengan kombinasi dual SIM card atau satu sim card plus microSD.

Kinerja

Ini merupakan sektor yang paling krusial bagi sebagian orang. Kedua perangkat ini sama-sama ditopang oleh chipset Snapdragon seri 400, Honor 7A menggunakan Snapdragon 430 sementara Xiaomi Redmi 5 menggunakan Snapdragon 450.

Perbedaannya adalah, Snapdragon 430 memiliki prosesor octa core 1,4 GHZ vs 1,8 GHz milik Snapdragon 450. Untuk GPU, Snapdragon 430 disandingkan dengan Adreno 505 dan Snapdragon 450 mengandalkan Adreno 506.

Di atas kertas, Xiaomi Redmi 5 lebih unggul untuk urusan multitasking, meskipun pada prakteknya tidak terlalu terlihat perbedaannya. Ini sudah kami buktikan ketika kami coba membuka aplikasi yang sama di masing-masing perangkat secara bersamaan. Hasilnya, aplikasi tersebut aktif dalam waktu yang nyaris bersamaan. Hanya sepersekian dekit saja perbedaanya.

Kedua perangkat ini pun sama-sama sanggup menjalankan game moba populer AoV yang menurut sebagian orang punya kualitas grafis yang lebih baik dari Mobile Legend dan terbuti tak ada kendala sedikitpun. Dengan catatan, jangan dipaksakan pada mode HD pada kedua perangkat ini apalagi menggeber grafis game dengan setelan 60fps, sekedar jaga-jaga agar tidak leg ketika memainkannya.

Kamera

Buat anak muda, kamera menjadi bagian yang juga penting.  Di sektor ini, Honor 7A punya pilihan yang lebih baik. Ini karena Honor 7A punya dual kamera sebagai penembak utama dengan kombinasi 13 MP + 2 MP. Sedangkan Xiaomi Redmi 5 masih mengandalkan lensa tunggal dengan sensor 12 MP. Pun untuk kamera depan, sensor Honor 7A lebih besar dengan 8MP vs 5MP milik Redmi 5.

Dengan dual lensa kamera, Honor 7A bisa mengabadikan gambar portrait untuk menhasilkan efek bokeh (depth field). Gambar yang dihasilkan terasa lebih dramatis dengan fokus objek yang lebih terlihat layaknya kamera DSLR.

Satu lagi, kamera depan Honor 7A memungkinkan Anda menggunakan fitur keamanan perangkat dengan face unlock. Kecepatan face unlock pada Honor 7A pun terbilang cepat.

Kesimpulan

Di rentang harga yang sama Rp1.899.000 (harga flash sale Honor 7A di Shopee dan harga Redmi 5 di Lazada) untuk versi yang sama (3GB RAM/32 GB ROM), Honor 7A punya value added yang lebih baik pada sektor kamera dan fitur keamanan. Honor 7A juga memungkinkan Anda menambah kapasitas memori lebih leluasa tanpa harus mengorbankan slot SIM kedua. Soal pilihan, kami serangkan pada Anda. (*)

    2018-12-06 15:38:33


    Smartfren 4G LTE